harga ikan lele

Ingin Tahu Harga Ikan Lele? Lihat Penjelasan Berikut!

kontenjempolan.id – Beberapa jenis ikan di pasaran mengalami kenaikan harga, salah satunya ialah ikan Lele. Di mana harga ikan Lele sendiri bisa mencapai Rp22.117 per kg. Harga tersebut naik sekitar Rp6.867 dari harga sebelumnya. Walaupun begitu, ikan air tawar ini tetap memiliki banyak peminat. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat daftar harga ikan Lele per kg 2022 berikut.

Daftar Harga Ikan Lele Per Kg

Saat ini, harga ikan Lele cukup bervariasi sesuai dengan jenis dan ukuran yang ada. Untuk memudahkan Anda dalam memilih ikan Lele, silakan perhatikan daftar harga di bawah ini.

Harga Lele Jawa Rp15.000 – Rp25.000 per kg

Harga Lele Dumbo Rp18.000 – Rp26.000 per kg

Harga Lele Sangkuriang Rp17.000 – Rp25.000 per kg

Harga Lele Masamo Rp19.000 – Rp27.000 per kg

Harga Lele Python Rp20.000 – Rp28.000 per kg

Harga Lele Mutiara Rp20.000 – Rp25.000 per kg

Harga Lele Albino Rp700.000 – Rp900.000 per kg

Daftar harga Lele yang sudah disebutkan di atas, sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan sistem budidaya yang dilakukan. Tidak hanya itu saja, setiap pemasok juga memberikan harga yang berbeda-beda, namun tidak jauh berbeda dengan daftar harga di atas.

Tips Memilih Ikan Lele

Setelah membahas mengenai harga ikan Lele, selanjutnya Anda harus mengetahui cara memilih ikan Lele supaya mendapatkan ikan yang menghasilkan citarasa enak dan lezat. Supaya Anda tidak salah pilih, silakan ikuti beberapa tips di bawah ini.

  1. Memilih ikan berwarna cerah dan tidak pucat.
  2. Memilih ikan yang tidak memiliki bekas luka di tubuhnya.
  3. Memilih ikan yang tidak kaku.
  4. Pilihlah ikan yang masih hidup, sebab memiliki dagingnya masih fresh dan memiliki rasa manis.
  5. Memilih ikan yang dagingnya padat, sebab jika dagingnya lembek, ikan akan susah dimasak dan susah kering.

Demikianlah beberapa tips memilih ikan Lele yang memiliki kualitas bagus. Pastikan Anda mengikuti tips di atas, khususnya tips nomor 4. Jika bisa, Anda langsung membeli ikan Lele langsung dari tempat budidaya ikannya.

Tips Melakukan Budidaya Ikan Lele

Ikan Lele merupakan jenis ikan tawar yang memiliki banyak peminat. Maka dari itu, tidak heran jika ikan Lele dijadikan sebagai peluang bisnis. Namun, untuk melakukan budidaya ikan Lele, Anda harus mengetahui langkah-langkah yang tepat.

  1. Menyiapkan modal. 

Modal yang disiapkan sudah termasuk  dalam membeli atau menyewa lahan yang akan dijadikan kolam. Selain itu, modal juga termasuk dalam pembelian bibit, biaya operasional dan pakan.

  1. Mempersiapkan kolam.

Kolam yang harus Anda persiapkan harus memiliki kedalaman yang tepat yaitu, 1 – 1,5 meter. Kedalaman kolam tersebut sangat dianjurkan, sebab mampu menampung 200 – 400 ekor bibit ikan Lele.

  1. Memilih bibit yang berkualitas.

Selanjutnya, Anda harus memilih bibit Lele yang unggul dengan ciri-ciri kepala pipih, lincah dan ramping. Pemilihan bibit unggul bisa membuat budidaya ikan Lele Anda memiliki keberhasilan yang cukup besar.

  1. Memberi pakan.

Pastikan Anda memberikan pakan sebanyak 3 kali dalam sehari. Hal ini untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan Lele supaya menjadi lebih baik dan berkualitas. Pemberian pakan Lele bisa dilakukan pada pukul 12.00, 17.00 dan 22.00.

Itulah beberapa informasi mengenai ikan Lele mulai dari harga ikan Lele serta tips membeli dan membudidayakan Lele. Jika Anda melakukan budidaya Lele, Anda bisa menentukan sendiri harga ikan Lele per ekor sesuai dengan keinginan. Namun, jangan sampai harga yang Anda berikan terlalu tinggi dari harga pasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.