harga ikan gabus

Jenis, Manfaat dan Harga Ikan Gabus

kontenjempolan.id – Anda mungkin sering mendengar ikan gabus, namun jarang Anda jadikan santapan. Padahal ikan ini memiliki rasa yang lezat dan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ikan gabus memiliki kandungan protein yang tinggi. Lalu, berapa harga ikan gabus ?

Pasalnya, harga ikan gabus di pasaran memang tidak semurah jika Anda bandingkan dengan ikan lele, mujair atau gurami. Ikan gabus termasuk dalam predator yang hidup di air tawar. Ikan ini biasa Anda temui di Kalimantan, Jawa, Sumatra.

Ciri Ikan Gabus

Ciri ikan gabus jantan dan betina yaitu pada bentuk kepala ikan jantan cenderung oval, sedangkan betina lebih bulat. Untuk warna tubuh ikan gabus jantan cenderung lebih gelap sedangkan betina lebih terang. 

Selanjutnya, untuk bentuk perutnya, jelas saja untuk ikan gabus betina memiliki perut yang lebih besar karena berfungsi untuk menampung telur. Selain itu, ikan ini memiliki kandungan albumin yaitu protein utama yang ada dalam tubuh.

Manfaat Ikan Gabus

Kandungan protein pada ikan gabus lebih tinggi dibanding ikan lele, dengan kandungan protein yang tinggi dapat membantu proses pembentukan otot. Ikan gabus juga bisa memperbaiki gizi buruk. Daging dari ikan gabus empuk sehingga tidak perlu mengkhawatirkan sistem pencernaan.

Harga Ikan Gabus

Harga ikan gabus 2022 mengalami peningkatan per ekor jika Anda bandingkan dengan tahun 2021 dan tahun 2022. Biasanya, kenaikan itu berkisar mulai Rp 5 ribu. Misalnya, jika harga ikan gabus per ekor Rp 35 ribu di tahun 2021, bisa naik hingga per ekor Rp 40 ribu pada tahun 2022.

Selanjutnya harga ikan gabus 1 kg dari tahun 2021 hingga Rp 125 ribu sedangkan pada tahun 2022 mencapai Rp 150 ribu. Namun, pada dasarnya harga ikan ini fluktuatif, berdasarkan pada permintaan maupun stok.

Harga ikan akan melambung jika permintaan konsumen cukup tinggi sedangkan produksinya tidak seimbang. Harga tersebut dari berbagai sumber seperti pada situs jual beli online.

Jenis Ikan Gabus

Di wilayah Jawa, ikan gabus biasa dikenal dengan ikan kutuk dan bisa menjadi makanan yang Anda konsumsi agar bisa mengeringkan luka. Ada banyak jenis ikan gabus yang berada di Pasaran dan biasanya harga ikan konsumsi dan ikan gabus hias juga sedikit berbeda. Berikut ini akan kami ulas beberapa jenis ikan gabus :

  • Ikan Gabus Sawah

Ada beberapa orang yang mempercayai bahwa ikan gabus sawah bisa cepat mengeringkan luka setelah operasi cesar atau kecelakaan. Harga dari ikan gabus sawah per kilonya bisa mencapai Rp 100 ribu.

  • Ikan Malas

Ikan ini tidak bergerak secara aktif seperti ikan lainnya. Meskipun ikan ini lapar akan tetap diam dan akan memangsa makanan tepat di depannya saja. Di wilayah Jawa, ikan ini biasa disebut dengan ikan betutu. 

Harga ikan ini per kg cukup mahal yaitu sekitar Rp 150 ribu. Mahalnya ikan ini karena mampu menyembuhkan penyakit berbahaya seperti tumor, kanker dan manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

  • Ikan Gabus Albino

Jenis ikan selanjutnya yaitu albino, ikan ini memiliki satu warna saja karena mengalami kelainan genetik pada pigmen kulit. Ciri ikan albino pada matanya yang merah bersih dan ikan ini hanya bisa Anda jadikan sebagai ikan hias saja.

Untuk harga ikan hias satu ini bisa mencapai Rp 1.700.000,- untuk ukuran 30 cm. Mahalnya ikan ini karena sulit ditemukan. Tidak jarang orang akan mengimpor dari Negara lain.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai harga ikan gabus dan jenisnya. Tidak semua daerah menjadi pembudidaya ikan gabus. Seperti harga ikan gabut di Jakarta akan dijual lebih mahal daripada kota lainnya. Karena ikan ini jarang ada di wilayah ibukota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *