harga ikan cakalang

Olahan Enak dan List Harga Ikan Cakalang

kontenjempolan.id – Seperti yang Kita ketahui bahwa ikan cakalang memiliki bentuk fisik yang sama dengan tuna dan tongkol. Selanjutnya, ikan cakalang termasuk salah satu jenis ikan laut yang laris di pasaran. Oleh karena itu, Harga ikan cakalang tergantung dari beratnya sehingga harganya bervariasi.

Pada umumnya ikan cakalang dijual dalam bentuk suwir, frozen maupun segar. Di samping itu, Anda dapat menjual ikan cakalang dalam bentuk kering, serut maupun suwir yang bisa dimasak menjadi Abom.

Asal Ikan Cakalang

Ikan cakalang masih termasuk dalam family tuna, namun ikan ini termasuk dalam spesies dari genus katsuwonus. Di samping itu, ikan cakalang biasa dikenal dengan ikan turingan. Selain itu, habitat dari ikan pelagis ini berada di perairan dengan kadar garam 32-35 ppt.

Ikan cakalang banyak dijumpai baik di lautan tropis maupun sub tropis. Di samping itu, Indonesia yang terletak antara Samudra Hindia dan Pasifik membuat Indonesia kaya akan hasil laut. Sehingga, hampir semua nelayan menangkap ikan cakalang, selanjutnya ikan tersebut dijual ke berbagai daerah.

Di samping itu, harga jual dari ikan cakalang setiap daerah tentunya berbeda, sebagai contohnya harga ikan cakalang Manado lebih mahal daripada harga ikan cakalang Jogja. karena, ikan cakalang Manado biasanya diolah menjadi ikan asap.

Ikan cakalang terbesar biasanya memiliki panjang tubuhnya mencapai 1meter dengan berat lebih dari 1kg. Namun, ikan cakalang yang sering tertangkap dan biasa dikonsumsi memiliki panjang sekitar 50 cm.

Manfaat Ikan Cakalang

Ada beberapa manfaat yang terkandung dalam ikan cakalang yang baik untuk kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, Anda perlu mengkonsumsi ikan laut rutin seminggu sekali sangat baik bagi tubuh. Berikut ini manfaat ikan cakalang :

  • Mampu mengontrol tekanan darah
  • Selanjutnya, meningkatkan kesehatan tulang
  • Bisa mengurangi risiko kanker
  • Untuk tumbuh kembang anak
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Bisa mencegah anemia

Harga Ikan Cakalang

Sebagai informasi dari harga ikan cakalang telah Kami rangkum dari berbagai sumber termasuk situs jual beli online. Di samping itu, sama dengan jenis ikan laut lainnya bahwa harga ikan cakalang terbilang fluktuatif dan berbeda di berbagai daerah.

Varian Ikan Cakalang Harga
Harga ikan cakalang per kg Rp 40.000 – Rp 57.000
Ikan cakalng frozen 500 gr per ekor Rp 22.500 – Rp 27.000 
Ikan cakalang pedas per kg Rp 62.000 – Rp 78.000
Ikan cakalang asap per kg Rp 72.000 – Rp 90.000
Ikan cakalang abon per kg Rp 232.000 – Rp 250.000
Ikan cakalang suwir per kg Rp 215.000
Harga ikan cakalang beku Rp 29.500

Olahan Ikan Cakalang

Selain dijual mentahan, ikan cakalang juga banyak dijual dalam bentuk olahan lain. Contohnya seperti ikan cakalang asap. Di samping itu, metode pengasapan ini bertujuan agar ikan bisa bertahan lama yaitu hingga 6 bulan, Selanjutnya untuk harga per kg nya sekitar Rp 80.000,-

Masyarakat Indonesia sangat kreatif dalam mengolah ikan laut, salah satunya yaitu dengan membuat olahan Abon dengan bahan dasar daging ikan cakalang. Di samping itu, dengan mengolahnya menjadi Abon. Sehingga, olahan ikan cakalang berpengaruh dengan nilai jual lebih tinggi dan bertahan lebih lama lagi.

Cara Memilih Ikan Cakalang yang Bagus

Saat membeli ikan cakalang tentunya Kita menginginkan ikan yang masih segar dan berkualitas. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa kriteria ikan yang bagus dan layak Anda beli, diantaranya adalah :

  • Yang pertama, Dagingnya masih elastis dan padat
  • Selanjutnya, baunya tidak menyengat
  • Kemudian, pilih warna insang masih terlihat segar dan merah
  • Warna mata ikan tidak kusam dan masih bening
  • Warna kulitnya mengkilat dan cerah

Demikianlah artikel tentang harga ikan cakalang yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli ikan cakalang sesuai keinginan. Di samping itu, Banyaknya olahan ikan cakalang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.