harga ikan bandeng

Daftar Harga Ikan Bandeng Terlengkap yang Bisa Anda Ketahui

Ikan Bandeng merupakan salah satu jenis ikan laut yang paling populer di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Rasanya yang lezat membuat ikan laut ini banyak digemari masyarakat. Bahkan, Bandeng merupakan sajian wajib saat perayaan imlek bagi masyarakat Tionghoa. Hal tersebut juga didukung dengan harga ikan Bandeng yang cukup terjangkau.

Perlu Anda ketahui kandungan gizi serta nutrisi yang berada dalam ikan Bandeng setara dengan ikan Salmon. Maka dari itu, tidak heran jika Bandeng memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda. Selain itu, Anda juga bisa menemukan banyak olahan Bandeng yang dijual di pasaran seperti Bandeng Segar, Presto dan Tanpa Duri.

Harga Ikan Bandeng di Makassar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwasanya ikan Bandeng banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, khususnya di daerah Makassar. Harga ikan Bandeng di sana pun sangat terjangkau. Biasanya ikan Bandeng akan dijual kilo-an, yang mana setiap sekilo nya akan berisi 3-4 ekor. Sedangkan harga Bandeng di setiap daerah berbeda-beda termasuk di Makassar, yang mana harganya mencapai Rp23.000.

Lalu, bagaimana harga ikan Bandeng yang sudah diolah? Apakah masih sama dengan Bandeng segar atau utuh? Tentu saja tidak, harga ikan Bandeng presto biasanya dijual sekitar Rp35.000 per bungkus. Sedangkan, harga ikan ini 1 kg 2022 tanpa duri dijual sekitar Rp30.000. Jika Anda menyukai otak-otak Bandeng, bisa membelinya dengan harga Rp50.000 per 500 gram.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Ikan Bandeng

Setelah membahas harga ikan ini, ada baiknya Anda juga mengetahui kandungan gizi dan nutrisi yang berada di dalamnya. Di mana, Bandeng sendiri merupakan salah satu sumber protein hewani yang memiliki kandungan sebesar 20,59%. 

Kandungan protein tersebut, tentu lebih besar dari sapi (18,8%), domba (17,1%), kambing (14,8%), ayam (18,2%) dan telur ayam (12,8%). Selain protein, Bandeng juga unggul dalam kandungan asam amino lisin dan leusin. Di mana masing-masing kandungan tersebut sebesar 1,886 g dan 1,669 g.

Asam amino sendiri berfungsi untuk membangun protein sehingga dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh yang baik bagi kesehatan. Misalnya, dapat membantu pertumbuhan dan penyembuhan beberapa penyakit.

Manfaat Ikan Bandeng

Di balik, cita rasanya yang lezat, ikan Bandeng memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia yang tidak boleh Anda lewatkan. Apa saja, manfaat dari Bandeng tersebut? Silakan cek beberapa manfaatnya di bawah ini.

  • Menjaga Kesehatan serta Fungsi Otak

Bandeng memiliki kandungan asam omega 3, protein serta antioksidan yang sangat berperan dalam memelihara kesehatan tubuh dan fungsi otak. Sebab, berbagai macam kandungan tersebut diketahui bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Selain itu, omega 3 juga penting bagi pertumbuhan otak bayi dan anak-anak.

  • Menjaga Jantung

Manfaat lainnya dari Bandeng ialah membantu menjaga kesehatan jantung dan stroke. Sebab, di dalamnya juga mengandung kandungan asam lemak omega 3 yang bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida serta mengontrol tekanan darah.

  • Menjaga Kesehatan Tubuh dan Fungsi Mata

Di dalam Bandeng terdapat vitamin A, B6, B12 dan omega 3 yang berperan salam menjaga kesehatan mata. Jika kandungan gizi tersebut sudah terpenuhi, maka akan mengurangi risiko terjadinya gangguan mata, misalnya katarak dan makula.

Demikianlah harga ikan Bandeng yang dijual di pasaran. Namun, perlu Anda ingat bahwa harga yang disebutkan di atas, kapan saja bisa berubah sesuai dengan pasokan Bandeng yang masuk. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui bahwa harga ikan Bandeng besar, harga ikan Bandeng kecil serta harga ikan Bandeng di tambak berbeda-beda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *