Elemen-elemen Pengetahuan dalam Kurikulum Informatika SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka.

Kontenjempolan.id-Elemen-elemen Pengetahuan dalam Kurikulum Informatika SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka. Haiii… Generasi Pancasila, Kali ini kakak akan mebagikan 8 elemen dalam pengetahuan informatika. Semoga bermanfaat.

Berapa Elemen Pengetahuan dalam Kurikulum Informatika?

Jawab:

Elemen-Elemen Pengetahuan Dalam Informatika

Elemen-elemen pengetahuan dalam kurikulum Informatika memadukan aspek kognitif, psikomotorik dan afektif yang berkontribusi pada terwujudnya Profil Pelajar Pancasila. Elemen mata pelajaran Informatika saling terkait satu sama lain yang membentuk keseluruhan mata pelajaran Informatika sebagaimana diilustrasikan dalam gambar bangunan Informatika pada Gambar berikut ini.

Elemen Mata Pelajaran Informatika

Mata pelajaran Informatika terdiri atas delapan elemen berikut ini.

1. Berpikir Komputasional (BK)

meliputi dekomposisi, abstraksi, algoritma dan pengenalan pola. BK mengasah keterampilan problem solving sebagai landasan untuk menghasilkan solusi yang efektif, efisien dan optimal dengan menerapkan penalaran kritis, kreatif dan mandiri.

2. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

TIK akan menjadi perkakas (tools) dalam berkarya dan sekaligus objek kajian yang memberikan inspirasi agar suatu saat siswa menjadi pencipta karya-karya berteknologi yang berlandaskan Informatika.

3. Sistem Komputer (SK)

adalah pengetahuan tentang bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak berfungsi dan saling mendukung dalam mewujudkan suatu layanan bagi pengguna baik di luar maupun di dalam jaringan komputer/internet

4. Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

Memfasilitasi pengguna untuk menghubungkan sistem komputer dengan jaringan lokal maupun internet.

5. Analisis Data (AD)

Mencakup kemampuan untuk menginput, memproses, memvisualisasi data dalam berbagai format, menginterpretasi, serta mengambil kesimpulan dan keputusan berdasarkan penalaran.

6. Algoritma dan Pemrograman (AP)

Mencakup perumusan dan penulisan langkah penyelesaian solusi secara runtut, dan penerjemahan solusi menjadi program yang dapat dijalankan oleh mesin (komputer).

7. Dampak Sosial Informatika (DSI)

mencakup penumbuhan kesadaran siswa akan dampak Informatika dalam:

(a) kehidupan bermasyarakat dan dirinya, khususnya dengan kehadiran dan pemanfaatan TIK, serta

(b) bergabungnya manusia dalam jaringan komputer dan internet untuk membentuk masyarakat digital.

8. Praktik Lintas Bidang (PLB)

Mencakup aktivitas-aktivitas yang melatih siswa bergotong royong untuk untuk menghasilkan artefak komputasional secara kreatif dan inovatif, dengan mengintegrasikan semua pengetahuan Informatika dan menerapkan proses rekayasa (engineering) atau pengembangan artefak komputasional (perancangan, implementasi, pelacakan kesalahan, pengujian, penyempurnaan), serta mendokumentasikan dan mengomunikasikan hasil karya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.