Contoh Teks Pembawa Acara MC Idul Adha 2022
Contoh Teks Pembawa Acara MC Idul Adha 2022

Contoh Teks Pembawa Acara MC Idul Adha 2022, Singkat tapi Lengkap

Hari Raya Idul Adha 1443 H akan segera tiba. Ini adalah peringatan hari besar umat Islam yang dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Berdasarkan hasil sidang Isbat oleh Kementerian Agama pada 29 Juni Idul Adha 1443 H jatuh pada 10 Juli 2022.

Apakah Anda sudah menyiapkan dokumen untuk menyambut sholat Adha di masjid atau di lapangan? Untuk mensukseskan pelaksanaan Sholat Idul Adha pada 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah tahun 2022, panitia acara merasa perlu mempersiapkan segala sesuatunya terkait acara tersebut. Kalau belum langsung simak dan pelajari di bawah ini.

Baca Juga : Link Twibbon HUT Kabupaten Sambas 2022, Hari Jadi ke-391 Tahun

Teks Pembawa Acara MC Idul Adha 2022

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Laailaha Illallahu Wallahu Akbar. Allahu Akbar Walillahil hamd.

Alhamdulillah. Alhamdulillah wa syukurillah ‘ala nikmatil fii syahril Dzulhijjah. Asyadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhamadar rasulullah.

Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala ali sayyidina Muhammad.

Yang terhormat, Bapak Kepala Desa…..Beserta Perangkatnya
Yang terhormat, Bapak Ketua BMA Desa…….Beserta Perangkatnya
Yang terhormat, Imam Masjid……. Desa……Beserta Perangkatnya
Serta jamaah Sholat Idul Adha yang insya Allah dirahmati oleh Allah SWT;
Pertama-tama di atas segalanya, marilah ucapkan kalimat tahmid, Alhamdulillah, sebagai bukti bahwa kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat, terutama nikmat sehat dan kesempatan sehingga pada hari kemenangan ini kita semua bisa berkumpul di masjid yang kita cintai ini dalam keadaan sehat wal-afiat.

Shalawat berbingkaikan salam tiada lupa kita curah dan sanjungkan kepada Nabiyullah kekasih Allah, sayyidina wa maulana Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan syafa’at beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari jamaah Sholat Idul Adha rahimakumullah;

Ada beberapa hal yang kiranya perlu kami sampaikan menjelang pelaksanaan kegiatan Sholat Idul Adha.

Namun sebelum itu, diharapkan kepada para jamaah yang masih berada di luar masjid untuk segera memasuki masjid dan mengisi shaf bagian terdepan terlebih dahulu.

Dan diharapkan kepada segenap warga yang masih berada di rumah untuk bergegas mendatangi masjid karena pelaksanaan Sholat Idul Qurban akan segera dimulai. Adapun waktu pelaksanaan Sholat Idul Adha akan dimulai pukul …. WIB/WIT/WITA.

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari jamaah Sholat Idul Adha rahimakumullah;

Pada kesempatan yang mulia ini, izinkanlah saya selaku pembawa acara untuk menyampaikan susunan kegiatan kita pada hari ini, 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah.

Baca Juga : Logo HUT Ngawi ke-664 Tahun 2022, PNG Download Format HD

Pembukaan
Laporan Ketua Panitia Kurban Masjid…..
Sambutan Kepala Desa…..
Pelaksanaan Sholat Idul Adha Berjamaah
Penutup
Halal bi Halal
Marilah kita masuki acara pertama yaitu pembukaan. Supaya mendapat berkah dan ridho dari Allah SWT, marilah kita buka kegiatan hari ini dengan membaca basmallah. Bismillahirrohmaanirohiim.

Kita beranjak menuju acara kedua yaitu laporan ketua panitia kurban masjid desa……yang dalam hal ini akan disampaikan oleh Bapak……Kepadanya disilakan.

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari jamaah Sholat Idul Adha rahimakumullah;

Kita masuki acara ketiga yaitu sambutan yang dalam hal ini akan disampaikan oleh Kepala Desa……Kepada Yth Bapak…….disilakan.

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari jamaah Sholat Idul Adha yang berbahagia;

Kita masuki acara inti yaitu pelaksanaan Sholat Idul Adha. Adapun yang bertindak sebagai Imam adalah……, dilanjutkan dengan penyampaian khutbah Idul Adha oleh Ustadz……serta bilalnya yaitu Bapak/Saudara…….

Terkait dengan pelaksanaan Sholat Idul Adha berjamaah yaitu sebanyak 2 rakaat. Jumlah takbir pada rakaat pertama adalah sebanyak 7x, dan takbir pada rakaat kedua sebanyak 5 kali.

Adapun bacaan yang dianjurkan di antara takbir yaitu “Subhanallah wal hamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar.”

Kepada jamaah masjid, setelah melaksanakan Sholat Idul Adha berjamaah sangat dianjurkan untuk tetap mendengarkan Khutbah Idul Adha dengan tertib dan tenang.

Baiklah, kepada yang bertugas, dipersilakan.

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari jamaah Sholat Idul Adha rahimakumullah;

Alhamdulillah, kegiatan Sholat Idul Adha sudah selesai kita laksanakan, dan tibalah kita di acara penutup. Setelah kegiatan ini ditutup, para jamaah sekalian dipersilakan untuk halal bihalal serta mempersiapkan diri untuk melaksanakan kegiatan kurban.

Sebagai informasi, kegiatan penyembelihan hewan kurban di masjid……..hari ini akan dimulai pukul 10.00 WIB.

Marilah kita tutup kegiatan hari ini dengan membaca hamdallah. Alhamdulillahirobbil’alamin.

Saya selaku pembawa acara memohon maaf atas segala khilaf dan salah, dan kepada Allah marilah bersama-sama kita memohon ampun. Taqoballahu minna wa minkum, taqobbal ya Kariim.

Akhirul kalam;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Kepada beliau imam sholat, waktu dan tempat kami persilahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *