Contoh Soal dan Jawaban Uraian Ulangan Harian 2 Teknik Dasar Otomotif Moment SMK Kelas 10 Teknik Kendaraan Ringan
kontenjempolan.id-Contoh Soal dan Jawaban Uraian Ulangan Harian 2 Teknik Dasar Otomotif Moment SMK Kelas 10 Teknik Kendaraan Ringan.
Soal Uraian Ulangan Harian 2
1. Apa yang kamu ketahui tentang pengertian Moment ?
Jawaban:
Momen adalah : hasil kali antara besarnyagaya F dengan jarak garis gaya, ke titik pusat O.
2. Sebutkan lambang dan satuan SI, dari :
a. Momen
b. Gaya
c. Jarak garis gaya terhadap titik putar
Jawaban:
Sebutkan lambang dan satuan SI, dari :
a. Momen = lambangnya M dan satuannya Nm
b. Gaya = lambangnya F dan satuannya N
c. Jarak garis gaya terhadap titik putar = lambangnya M dan satuannya Nm
3. Jelakan perbedaan antara :
a. Momen dikatakan berharga positif
b. Momen dikatakan berharga negatif
Jawaban:
Perbedaan antara :
a. Momen dikatakan berharga positif jika momen itu berputar searah jarum jam.
b. Momen dikatakan berharga negatif jika berputar berlawanan arah putaran jarum jam
4. Apa yang dimaksud dengan tegangan ?
Jawaban:
Tegangan adalah beban yang diterima oleh molekul-molekul benda setiap satuan luaspenampang.
5. Jelaskan perbedaan tegangan di bawah ini (baik dari cara kerjanya, satuan dan rumus) !
a. Tegangan normal e. Teganan lengkung
b. Tegangan tarik f. Teganan puntir
c. Tegangan tekan
d. Tegangan geser
Jawaban:
Perbedaan tegangan :
a. Tegangan normal
Tegangan normal terjadi akibat adanya reaksi yang diberikan pada benda.
b. Tegangan tarik
Tegangan tarik pada umumnya terjadi pada rantai, tali, paku keling,dan lain-lain. Rantai yang diberi beban W akan mengalami tegangan tarik yang besarnya tergantung pada beratnya.
c. Tegangan tekan
Tegangan tekan terjadi bila suatu batang diberi gaya F yang saling berlawanan dan terletak dalam satu garis gaya.
d. Tegangan geser
Tegangan geser terjadi jika suatu benda bekerja dengan dua gayayang berlawanan arah, tegak lurus sumbu batang, gaya tidak segaris namun pada penampangnya tidak terjadi momen.
e. Tegangan lengkung
Misalnya, pada poros-poros mesin dan poros roda yang dalam keadaanditumpu. Jadi, merupakan tegangan tangensial.
f. Teganan puntir
Tegangan puntir sering terjadi pada poros roda gigi dan batangbatangtorsi pada mobil, juga saat melakukan pengeboran. Jadi,merupakan tegangan tangensial.