Cara Memasukan Shapes di Word

Cara Memasukan Shapes di Word

Konten Jempolan  – Cara Memasukan Shapes di Word – Jika kita membahas mengenai menu Insert, akan banyak tools yang berhubungan dengan sisip menyisip gambar maupun bentuk atau shapes. Kali ini anda akan mengetahui mengenai fungsi Shapes.

Shapes atau bentuk memiliki fungsi sebagai bentuk-bentuk yang dapat anda gunakan pada dokumen. Jika anda akan membuat sebuah bangun datar atau bentuk lainnya yang menunjang dokumen. Anda dapat membuat bentuk tersebut dengan menu shapes pada Insert.

Pada Shapes ada beberapa tools dengan fungsi yang berbeda. Berikut adalah fungsi tools pada shapes dan cara memasukan shapes di word. Yuk kita simak.

Fungsi Tools Shapes pada Ms Word

Pada menu insert> Shapes, anda akan menemukan beragam fitur atau tools yang sangat beragam. Berikut tools yang ada pada menu shapes.

Lines. Lines atau garis, adalah tools shapes yang berfungsi untuk membuat bentuk-bentuk menggunakan sebuah garis. Garis ini tersedia berbagai macam, ada garis lurus, panah, garis melengkung, dan lain sebagainya. Contoh penerapan lines ini adalah membentuk bintang, dll.

Rectangles. Rectangles adalah salah satu shapes dengan group yang berisi bentuk persegi. Ada bentuk persegi panjang dengan sudut, dan ada juga persegi panjang dengan sudut yang melengkung. Bentuk persegi ini dapat anda atur ukurannya sesuai dengan keinginan.

Basic Shapes. Basic shapes memungkinkan anda memasukan teks didalam bentuk-bentuk yang anda pilih. Pada basic shapes, anda akan menemukan beragam bentuk art.

Block arrow berisi beragam bentuk tanda panas yang bervolume. Equations shape berisi bentuk-bentuk atau lambang matematikaeperti tanda plus, dan lain-lain. Flowchart berfungsi untuk membuat bagan. Star and banners berfungsi untuk membuat logo atau bingkai.

Terakhir, callouts bagian shapes untuk bentuk komentar ataupun percakapan. Itulah beberapa tools shapes dan fungsinya, berikut cara memasukan shapes di word.

Cara Memasukan Shapes di Word

Cara memasukan Shapes di Word sangat mudah sekali. Anda tinggal masuk pada tab insert, lalu pilih Shapes pada bagian Ilustrations. Misalkan anda memilih lines untuk membuat bentuk dengan garis. Pada halaman dokumen, kik kiri lalu arahkan kursor untuk membentuk garis.

Mengubah Ukuran Shapes

Semua shapes yang tersedia pada menu shapes dapat anda atur ukurannya setelah anda pilih. Caranya mudah sekali. Klik bentuk yang sudah ada pada halaman dokumen. Kemudian arahkan kursor untuk mengatur ukuran besar dan kecil secara manual.

Cara lain untuk memperbesar atau memperkecil shapes dengan bentuk tertentu. Anda dapat klik objek, lalu arahkan kursor pada bagian kiri atau kanan. Hingga kursor menujukkan dua panah. Geserkan ke arah selain objek untuk memperbesar shapes.

Sebaliknya, geserkan ke arah objek untuk memperkecil shapes.Untuk menggeser shapes, anda dapat menekan objek lalu arahkan pada daerah yang cocok.

Cara Mengisi Bagian Dalam

Setelah anda membuat bentuk, maka anda dapat mengisi bagian dalam bentuk tersebut dengan warna atau texture tertentu. Caranya, klik kanan shapes yang telah anda buat. Plih fill. Ada beberapa tools pada fill.

Tools No fill untuk menjadikan bentuk menjadi transparan. Picture untuk menambahkan gambar pada bentuk tersebut. Gradient untuk memasukan warna gradasi. Texture untuk mengisi bagian dalam shapes dengan motif. Dan untuk mewarnai, anda cukup memilih warna yang tersedia.

Mengatur Garis Outline

Berikutnya anda dapat mengatur outline atau garis luar dari shapes. Dengan cara klik kanan lalu pilih outline, anda dapat mengatur warna dan ketebalan garis pada weight.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.