Cara Jitu Menghilangkan Bad Mood Diri Sendiri

Oxford Dictionary mendefinisikan mood sebagai “a feeling at a particular time.” Bila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia artinya “ perasaan pada satu waktu tertentu.”

Dengan demikian, bad mood dapat diartikan sebagai perasaan yang buruk atau negatif. Gejalanya antara lain malas, terlalu sensitif, dan pesimis.

Hal-hal tersebut sebenarnya normal dialami manusia. Namun, kadang kala, perasaan tidak enak itu hadir terlalu sering, terlalu random, atau malah terjadi di momen yang penting.

Meski demikian, bad mood harus segera diatasi supaya tidak mengacaukan keadaan. Berikut ini 14 cara yang perlu Anda lakukan untuk menghilangkan bad mood.

1. Ketahui Penyebabnya

Memburuknya perasaan seseorang sudah pasti dipengaruhi oleh alasan-alasan tertentu. Ada yang disebabkan karena masalah hormonal, lingkungan yang penuh tekanan, hingga pola hidup yang kurang ideal.

Bila Anda ingin menghilangkan perasaan tidak enak tersebut, hal pertama yang harus dilakukan jelas mengetahui dulu penyebabnya. Barulah setelah itu, Anda bisa mengambil tindakan yang tepat.

2. Istirahat Sejenak

Apakah akhir-akhir ini Anda sangat sibuk bekerja? Atau, Anda belajar terus-menerus agar bisa masuk PTN favorit?

Apabila iya, mungkin mood Anda drop karena terlalu lelah. Fisik Anda tak kuat, pun demikian dengan mental Anda.

Bila hal ini yang Anda rasakan, cobalah beristirahat barang sejenak. Luangkanlah 1 hari saja di mana Anda tidak begadang dan hanya melakukan aktivitas yang ringan.

Selain bisa meningkatkan mood, istirahat juga akan membuat Anda lebih fresh. Anda akan bisa kembali on track setelah selesai beristirahat.

3. Hindari Mereka yang Toksik

Coba bayangkan, hari itu Anda sedang sangat bahagia. Sebab, Anda baru saja mendapat kabar bahwa lamaran kerja Anda diterima. Anda kemudian mengabarkan hal tersebut pada seorang teman satu kosan.

Namun, teman Anda itu tidak mau memberikan selamat. Ia malah mengatakan dengan pedas bahwa pekerjaan Anda tidak berkelas. Mood Anda yang mulanya naik, langsung drop begitu mendengar ucapannya.

Kejadian ini memiliki hikmah yang begitu penting; bahwa kehadiran orang yang toksik bisa merusak kebahagiaan Anda. Jadi, bila Anda memang ingin menghilangkan bad mood, hindarilah mereka yang sifatnya cenderung negatif.

Baca juga:

4. Cari Hiburan

Aneka jenis hiburan juga bisa lho membantu Anda meningkatkan mood yang sedang begitu buruk. Lakukan saja hal-hal yang sekiranya membuat Anda senang. Bahkan meskipun hal itu tidak memberikan faedah secara langsung.

Misalnya main game, nonton film, hingga jalan-jalan ke mall. Anda tak perlu merasa bersalah melakukan itu.

Asal tak berlebihan, aktivitas tersebut masih sangat wajar. Toh, setiap orang perlu kesenangan agar hidupnya tak tertekan.

5. Makan Mood Booster

Makanan mood booster adalah makanan yang bisa meningkatkan perasaan positif seseorang. Misalnya saja coklat, jus alpukat, telur, almond, pisang, dan sayur-sayuran.

Ketika dikonsumsi, makanan-makanan tersebut akan memicu hormon dopamin serta serotonin yang memengaruhi kemunculan rasa bahagia. Alhasil, pikiran lebih tenang dan Anda bisa menghabiskan hari dengan bahagia.

6. Atasi PMS

Khusus perempuan, mood yang turun bisa disebabkan oleh perubahan hormon menjelang menstruasi. Fenomena seperti ini adalah salah satu gejala umum pada mereka yang mengalami PMS (Premenstrual Syndrome).

Tak sedikit perempuan yang mengalami penurunan sekresi hormon serotonin dan dopamin saat PMS. Akibatnya, beberapa wanita tersebut menjadi lebih melankolis, mudah stres, sensitif, hingga tak berenergi.

Agar situasinya tidak semakin parah, antisipasi lah gejala PMS dengan tepat. Misalnya, dengan mengonsumsi mood booster yang dicontohkan pada poin 5. Selain itu, buatlah diri Anda lebih nyaman agar mood tak semakin drop.

Anda bisa berbaring di kasur saat merasa sakit, mengonsumsi obat pereda nyeri, hingga mengenakan pakaian yang tidak ketat. Selain itu, Anda juga bisa merendam kaki dengan air hangat supaya tubuh lebih rileks.

Baca juga: 10 Cara agar Tidak Overthinking

7. Pertimbangkan ke Psikolog atau Psikiater

Beberapa gangguan kepribadian dan mental dapat menyebabkan mood yang naik turun tanpa sebab yang jelas. Misalnya saja mood disorder.

Gangguan tersebut menyebabkan seseorang bisa sangat senang pada periode tertentu namun berubah sangat sedih di waktu berikutnya. Hidup penderita mood disorder pun sangat melelahkan karena bak terjebak di roller coaster tiada henti.

Bila Anda merasakan ketidakberesan seperti ini, pertimbangkanlah untuk berkonsultasi ke psikolog atau psikiater. Sebab untuk menghilangkan bad mood pada kasus seperti itu, Anda memang perlu bantuan medis.

8. Jaga Pola Hidup yang Baik

Pola hidup sangat memengaruhi naik turunnya mood dalam jangka panjang. Apabila Anda makan makanan yang sehat, istirahat cukup, dan olahraga rutin, kestabilan mood Anda akan lebih terjaga.

Sebaliknya, bila Anda sering begadang, gemar mengonsumsi junk food, dan jarang olahraga, kestabilan mood Anda akan menurun. Apalagi bila Anda sampai terkena asam lambung.

Penyakit asam lambung bisa mengakibatkan perasaan cemas berlebih. Jadi jagalah pola hidup Anda supaya lebih tertata.

9. Habiskan Waktu dengan Orang Terdekat

Saat mood sedang turun, pertimbangkanlah opsi untuk menghabiskan waktu dengan kawan atau saudara yang dekat. Sebab pada banyak kasus, seseorang akan merasa lebih nyaman saat bersama orang terdekat.

Kenyamanan bersama orang terdekat bisa membantu mengangkat mood lho. Apalagi bila saudara atau kenalan Anda suka melucu. Tawa dari humor mereka benar-benar obat mujarab untuk mengatasi mood yang turun.

10. Lakukan Hobi Anda

Hobi adalah kegiatan yang bisa mendatangkan kesenangan. Setiap individu pasti memiliki hobi yang berbeda-beda. Ada yang hobinya gardening, memancing, memasak hingga membaca buku.

Ketika pikiran Anda sedang buntu dan Anda merasa tertekan, luangkanlah waktu untuk hobi Anda. Dengan melakukan sesuatu yang Anda sukai, pikiran Anda pasti akan lebih tenang dan bahagia.

Baca juga: 10 Tips Agar Percaya Diri di Depan Kamera

11. Dengarkan Lagu

Lagu ternyata juga bisa menghilangkan bad mood lho. Sebab secara umum lagu memang bisa memengaruhi suasana hati seseorang lewat alunan musik dan liriknya.

Namun tentu tak semua lagu bisa mengatasi mood yang buruk. Agar pikiran lebih cerah dan berenergi, pilihlah pula lagu dengan nuansa demikian. Jangan malah mendengarkan lagu mellow yang membuat Anda jadi galau.

12. Menangis

Pernahkah Anda bad mood karena memendam emosi negatif? Bila iya, menangislah! Jangan sungkan mengeluarkan tetes demi tetes air mata Anda.

Katakanlah Anda baru saja dimarahi bos di kantor. Atau, saat di rumah, Anda kesal dengan orangtua yang terus bertengkar. Kejadian-kejadian tersebut wajar memantik amarah dan kekecewaan pada diri Anda.

Namun seringkali, Anda hanya bisa memendam perasaan tersebut. Alhasil, Anda jadi merasa buruk dan bad mood sepanjang hari.

Dus, menangis yang pada dasarnya bisa melepaskan energi negatif akan membuat mood Anda membaik. Apalagi bila Anda juga bisa curhat dan didengarkan oleh orang yang Anda sayangi.

13. Hindari Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan bisa menyebabkan berbagai perasaan negatif. Ketika Anda menunda pekerjaan, pikiran Anda tak akan tenang.

Bila deadline sudah tiba, kantor atau klien Anda akan menuntut kerja Anda. Pun begitu bila Anda melalaikan tugas sekolah, guru Anda pasti akan memarahi Anda.

Tatkala hal ini terjadi terus-menerus, hormon dalam tubuh Anda akan ikut terpengaruh. Mood Anda akan turun tanpa sebab karena terbiasa dipicu oleh sekresi hormon penyebab stres.

Oleh sebab itu, berhentilah menunda-nunda pekerjaan. Atur jadwal harian Anda supaya Anda bisa lebih on time.

Baca juga:

14. Atasi Konflik

Bad mood juga bisa karena masalah yang belum diselesaikan. Masalah tersebut terus menghantui Anda sehingga Anda menjadi stres.

Cara terbaiknya adalah dengan mengatasi sumber persoalan. Jangan takut, jadilah sosok yang lebih berani. Percayalah, apapun hasilnya, Anda akan merasa lebih lega dan tenang selepas itu.

Penutup

Manusia semestinya bisa mengontrol emosinya. Hal ini pun berlaku saat Anda harus berhadapan dengan yang namanya bad mood.

Ada kalanya, perasaan buruk tersebut dapat dihiraukan begitu saja. Namun ketika mood terlalu sering memburuk atau drop di saat yang penting, jelas Anda perlu tahu cara menghilangkan bad mood dengan tepat.

Keempat belas tips di atas bisa memberikan gambaran mengenai cara melakukan hal tersebut. Memang tak selalu mudah, namun Anda pasti bisa mengusahakannya.