Insert Tanda Tangan di Ms Word

Insert Tanda Tangan di Ms Word

Cara Insert Tanda Tangan di Ms Word – Tanda tangan adalah tulisan khusus berkarakter tertentu yang menjadi bukti kepemilikan atau identitas seseorang. Dalam dunia kerja, tanda tangan sangat penting sebagai bukti atas persetujuan atau menunjukkan siapa yang membuat dokumen.

Sehingga, tanda tangan inilah yang akan menjadi bukti verifikasi apabila ada pihak yang membutuhkan. Pentingnya tanda tangan pada dokumen adalah sebagai bukti yang menambah keabsahan suatu dokumen.

Pada era digital ini, tanda tangan tidak lagi anda sisipkan secara manual dengan tinta. Melainkan, anda akan menyisipkan tanda tangan secara virtual atau elektronik. Bagaimana cara membubuhkan tanda tangan pada dokumen word? Berikut cara insert tanda tangan di ms word.

Cara Insert Tanda Tangan di Ms Word

Insert Tanda Tangan di Ms Word

Sebagai perangkat lunak pengolahan kata yang banyak digunakan, Ms word memiliki beragam fitur yang lengkap dalam urusan pembuatan dokumen. Mulai dari editing untuk style, huruf, warna, gambar, tanda tangan, dan fitur lainnya yang berkaitan dengan pembuatan dokumen.

Untuk membubuhkan tanda tangan, anda dapat memanfaatkan tab insert pada menu word. Tab Insert ini berfungsi sebagai fitur Ms Word yang berkaitan dengan penyisipan objek baik tulisan maupun gambar pada dokumen anda.

Bagaimana cara insert tanda tangan di ms word? Setidaknya ada dua cara yang dapat anda gunakan untuk membubuhkan tanda tangan pada dokumen Ms Word, yaitu sebagai berikut.

1 Menggunakan Signature Line

Cara insert tanda tangan di Ms Word yang pertama menggunaka fitur Signature Line. Caranya mudah sekali, anda harus mengarahkan kursor pada letak dokumen yang anda sisipkan tanda tangan. Selanjutnya masuk pada tab insert.

Lihatlah pada kelompok text terdapat ikon signature line. Klik lalu pilih Miscrosoft Office signature line untuk membuka dialog setup kemudian klik oke. Setelah itu akan muncul kotak dialog yang perlu anda isi.

Masukkan data-data yang menunjang pembuatan tanda tangan, seperti nama, jabatan, dan alamat surel atau e-mail. Anda juga dapat membubuhkan instruksi penandatanganan. Untuk menampilkan tanggal tanda tangan secara otomatis, anda dapat mencentang opsi tanggal tanda tangan.

Anda juga dapat mengizinkan komentar untuk menambahkan tanda tangan digital pada dokumen tersebut. Jika sudah selesai, klik Ok untuk menyimpan tanda tangan tersebut. Cara ini dapat anda gunakan untuk menambahkan tanda tangan dari pihak lain.

Untuk menambahkan atau menampilkan tanda tangan pada dokumen ms word. Buka kembali file dokumen tersebut, karena tadi anda telah mengaktifkan atau membubuhi dokumen dengan signature line. Maka aka muncul Message Bar yang memberitahukan bahwa dokumen tersebut perlu anda tanda tangani.

Klik tombol view signature untuk memperlihatkan siapa saja yang harus menandatangani dokumen. Jika anda harus menandatangani dokumen tersebut, klik signature line Klik dua kali signature line. Klik Ok, pada kotak dialog sign unggah tanda tangan dengan select image. Lalu klik sign.

2 Menggunakan Fitur Picture

Cara insert tanda tanga di Ms Word yang kedua menggunakan ikon picture. Pertama, tuliskan tanda tangan anda pada kertas putih (contoh : HVS). Kemudian scan tanda tangan tersebut dan crop dengan ukuran kotak 1:1.

Selanjutnya masukkan gambar pada laptop. Buka dokumen pada word, letakkan kursor pada bagaian yang harus anda bubuhi tanda tangan. Masuk pada tab insert> Picture> Klik gambar yang sudah anda scan. Lalu insert, aturlah ukuran tanda tangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *