Cara Insert Footnote Apa Kegunaanya Di Ms Word

Cara Insert Footnote Apa Kegunaanya Di Ms Word

Konten Jempolan – Cara Insert Footnote Apa Kegunaanya Di Ms Word. Bagi semua kalangan, mengetahui cara insert footnote dan mengetahui kegunaannya merupakan hal yang penting. Terlebih lagi bagi Anda yang suka bergelut dengan dokumen, suka menulis jurnal, membuat makalah, tugas akhir atau yang lainnya.

Di mana, segala aktivitas tersebut menuntut Anda untuk mempunyai kecakapan dalam menggunakannya. Keberadaan footnote akan memberikan berbagai macam kegunaan.

Dan secara sederhana, footnote ni berguna untuk membuat karya Anda lebih rapid an lebih rinci. Hal ini karena tidak semua tulisan yang Anda muat berasal dari pemikiran Anda kan? Pasti ada banyak hal yang mesti mengutip dari berbagai referensi.

Terutama bagian data dan teori-teori. Untuk posisinya sendiri ada di bagian bawah halaman. Tapi jangan sampai salah ya, karena selain ada footnote, ada juga endnote. Perbedaan keduanya juga cukup sederhana.

Jika footnote terletak pada bagian bawah halaman, sementara endnote ada pada akhir dokumen. Lantas, bagaimana cara insert footnote nya? Simak penjelasannya berikut.

Kegunaan footnote di ms word

Sebelum membahas seputar cara insert footnote nya, Anda meski mengetahui apa kegunaan footnote yang ada di ms word. Catatan kaki sendiri merupakan keterangan tambahan pada bagian bawah halaman.

Yang dalam proses pembuatannya, Anda meski memperhatikan beberapa hal. Termasuk penggunaan hurufnya. Catatan kaki berguna untuk menjelaskan atau memberikan keterangan mengenai sumber yang telah Anda kutip.

Baik itu yang dikutip secara langsung atau tidak langsung. Selain itu, kegunaan footnote di ms word adalah sebagai tanda penghargaan kepada penulis yang tulisannya telah Anda kutip.

Jika ingin membuat sebuah catatan kaki atau footnote, Anda meski mempelajari jenis-jenisnya. Hal ini agar mempermudah Anda dalam proses pembuatan nantinya.

Jika sudah mengetahui jenisnya, barulah buat catatan kaki dengan cara insert footnote yang akan kami jelaskan berikut.

Cara insert footnote

Cara Insert Footnote Apa Kegunaanya Di Ms Word

Cara membuat footnote tergolong sangat mudah. Karena Anda hanya perlu membuka ms word. Ketikkan kalimat. Lalu, , letakkan kursor ke kalimat yang akan Anda berikan footnotenya. Jika sudah, perhatikan beberapa menu yang ada di bagian atas.

Anda bisa mengklik menu references. Letaknya berada antara menu page layout dengan mailings. Begitu mengklik menu tersebut, maka Anda akan menemukan beberapa menu lainnya.

Mulai dari AB1, kemudian insert footnote, insert endnote, show notes, dan next footnote. Karena akan membuat footnote, maka Anda bisa mengklik yang AB1 insert footnote. Yang mana, menu satu ini adalah fitur utama ketika akan membuat catatan kaki.

Sementara itu, insert endnote berguna untuk membuat catatan akhir. Next footnote berguna untuk mempermudah Anda dalam melihat catatan kaki yang sudah Anda buat lintas halaman. Untuk lebih mudahnya, ikuti cara insert footnote berikut.

  1. Buka dokumen yang sudah ada isinya. Di mana, ada beberapa bagian yang akan Anda buat catatan kaki.
  2. Arahkan kursor ke bagian akhir tulisan yang akan Anda berikan catatan kaki.
  3. Pilih menu references yang ada di bagian atas.
  4. Klik AB1 footnote.
  5. Langsung ketik data referensi yang Anda gunakan.

Masih membutuhkan cara insert footnote yang lebih mudah? Tenang. Hanya dalam hitungan detik saja Anda sudah bisa membuat catatan kaki.

Bagaimana caranya? Anda tinggal tekan saja tombol alt+ctrl+f. Gampang kan? Bagi yang tidak ingin ribet, cara terakhir bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *