budidaya ikan oscar

Cara Budidaya Ikan Oscar di Akuarium, Kolam Terpal, dan Kolam Tembok

Saat ini, budidaya ikan oscar sangat menarik. Sayangnya, banyak orang yang belum paham cara memelihara ikan oscar dengan benar. Memang, ada beberapa teknik dan metode yang harus kalian pahami dan praktekkan. Daripada penasaran, langsung saja simak penjelasannya di sini!

Budidaya Ikan Oscar di Akuarium

Sekarang, mari kita mulai dengan cara ternak ikan oscar di akuarium!

  • Persiapan Akuarium

Pertama, siapkan akuarium berukuran 100 x 50 cm atau 200 x 50 cm. Biasanya, akuarium 100 x 50 cm dapat menampung 4 – 5 ekor ikan oscar. Tetapi, kalian juga harus mempersiapkan beberapa akuarium untuk penetasan nantinya.

  • Pemilihan Bibit

Untuk memilih bibit ikan oscar, pilihlah yang berusia 1,5 – 2 tahun. Selain itu, pilihlah bibit dengan warna cerah. Di sisi lain, indukan betina harus punya perut gendut. Ini sangat penting dalam budidaya ikan oscar.

  • Proses Pemijahan

Meski kelihatannya sederhana, menjodohkan ikan oscar juga tidak mudah. Di sini, kalian bisa mengisi air hingga ⅓ dari akuarium. Agar ikan oscar bisa beradaptasi dengan cepat, kalian bisa memberikan beberapa kerikil atau batu.

  • Penetasan Telur

Ikan oscar bisa memproduksi hingga 1000 – 3000 telur. Kalian bisa memindahkan telur ke akuarium yang berukuran 70 x 40 x 10 cm. Selanjutnya, tunggu sekitar 25 hari sampai telur menetas. Jika sudah menetas, pindahkan ke wadah lebih besar.

  • Merawat Anakan

Jika anakan ikan oscar sudah berusia 2 bulan, beri pakan dengan cacing rambut. Saat usia mencapai 5 – 6 bulan, ganti pakannya dengan udang hidup! Selain itu, jangan lupa untuk mengganti air secara rutin!

Cara Budidaya Ikan Oscar di Kolam Terpal

Kalian juga bisa melakukan budidaya ikan ini menggunakan media lain. Misalnya adalah kolam terpal. Di sini, kami akan memberikan beberapa tips dalam budidaya ikan oscar di kolam terpal.

  • Persiapan Lahan

Pertama, persiapkan lahan untuk membuat kolam terpal! Setelah itu, buat 2 buah kolam terpal berukuran 5 x 3 x 1 m. Kemudian, pasang terpal dengan daya tahan kuat.

  • Pemilihan Indukan

Di sini, pilihlah indukan jantan yang tubuhnya agak lonjong & panjang. Di sisi lain, indukan betina harus yang tubuhnya bulat. Satu lagi, pilih indukan dengan pergerakan yang agresif.

  • Proses Pemijahan

Proses pemijahan dalam budidaya ikan oscar ini berlangsung 1 hari. Cukup siapkan wadah berukuran sekitar 50 x 30 x 20 cm. Lalu, masukkan air bersih & beberapa batu. Kemudian, masukkan indukan betina terlebih dahulu. Setelah beberapa jam, baru masukkan indukan jantan. Setelah itu, mereka akan melakukan perkawinan.

  • Perawatan

Peternak ikan oscar tidak boleh lupa memberi pakan anakan. 25 hari setelah menetas, pindahkan ke kolam terpal. Setelah berusia 5 – 6 bulan, beri pakan udang hidup.

Cara Budidaya Ikan Oscar di Kolam Tembok

Bagaimana dengan cara budidaya ikan oscar di kolam tembok?

  • Persiapan Kolam

Pertama, buatlah kolam tembok dengan ukuran minimal 5 x 3 x 1,5 m. Setelah melalui proses pengeringan selama 2 hari, kalian bisa segera melakukan pengapuran pada dinding kolam. Lalu, isi air dan beri 2 – 3 batang buah pisang. 

  • Pemilihan Indukan

Setelah 2 hari, kalian bisa melakukan pemilihan indukan. Caranya sama dengan tips yang sudah kami jelaskan di atas.

  • Perkawinan Ikan

Pertama, siapkan wadah untuk menampung indukan oscar. Pastikan kalian masukkan indukan betina dulu, baru kemudian indukan jantan selang beberapa jam. Malamnya, mereka akan melakukan perkawinan. Pagi harinya, pindahkan ikan oscar ke kolam dan melakukan penetasan telur selama 25 hari.

Dalam budidaya ikan oscar, jangan lupa memberi makan secara rutin. Sesuaikan pakan dengan usia ikan oscar, seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Karena prospeknya sangat bagus, tak ada salahnya kalian mulai belajar dan bisnis ikan hias ini.

budidaya ikan oscar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.