cara baca candlestick 1 menit

Cara Baca Candlestick 1 Menit untuk Dapatkan Profit

Bagi trader saham pemula, cara baca candlestick 1 menit merupakan salah satu hal penting untuk dipelajari dan dikuasai. Umumnya, tidak sedikit para pemula yang merasa kesulitan saat dihadapkan pada jenis grafik saham satu ini.

 

Candlestick dikenal sebagai istilah di dunia trading yang merujuk pada salah satu jenis grafik berbentuk batang lilin. Fungsi grafik ini tidak lain untuk membaca kondisi pasar saham. Secara umum, candlestick sudah digunakan sekitar abad ke-17 untuk menghitung pergerakan harga beras.

Cara Baca Candlestick 1 Menit untuk Dapatkan Profit 

Pada umumnya, cara baca candlestick 1 menit tidak jauh berbeda dengan durasi time frame lainnya. Meski begini, penting bagi para trader agar lebih teliti dan tanggap dengan pergerakan grafik yang cepat. Adapun cara mudah membaca grafik candlestick secara umum, antara lain:

1. Tentukan time frame

Langkah pertama, tentukanlah time frame yang bisa digunakan. Dalam hal ini adalah 1 menit.

2. Baca tren harga saham

Setelah menentukan rentang waktu, maka cobalah untuk membaca trend harga saham. Secara umum, Grafik jenis candlestick mempunyai pola yang beragam dan bisa dibedakan menjadi pola bullish dan pola bearish. 

 

Berdasarkan Investopedia, bullish merupakan kondisi pasar yang sedang meningkat secara signifikan. Sedangkan, bearish termasuk salah satu kondisi sebaliknya atau menunjukkan tren turun.

3. Ketahui support-resistance harga saham

Berikutnya, ketahui support-resistance untuk memudahkan pelaku saham dalam menganalisis harga saham. Berdasarkan dari berbagai sumber, cara baca candlestick 1 menit memungkinkan pelaku saham untuk melakukan skenario ‘buy’ maupun ‘sell’.

 

Perlu diketahui, semakin panjang tubuh candlestick, maka makin tinggi tekanan transaksi saham. Sebaliknya, semakin pendek tubuh candlestick, maka semakin besar tingkat konsolidasi harga saham.

 

Kondisi ekor candlestick saham yang memanjang telah menandakan bahwa aktivitas trading jauh melampaui harga pembukaan dan penutupan. Sementara itu, kondisi ekor yang memendek mengindikasikan aktivitas trading berada dekat dengan harga pembukaan dan penutupan.

 

Dengan kata lain, fluktuasi harga saham tidak jauh dengan harga saat pembukaan maupun penutupannya. Itu saja beberapa cara baca candlestick 1 menit yang wajib diketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.