budidaya ikan tongkol

Persiapan Dasar Budidaya Ikan Tongkol, Penting Diperhatikan Agar Hasil Panen Melimpah

kontenjempolan.id – Ada banyak para pelaku usaha yang sukses dalam berbisnis ikan tongkol. Mulai  dari pelaku usaha makanan olahan ikan tongkol atau mereka yang melakukan budidaya ikan tongkol secara mandiri. 

Meskipun ikan ini memiliki habitat di air laut lepas, ikan tongkol ternyata juga bisa kita budidayakan dalam kolam.

Adanya media alternatif yang mudah ini tentunya membuka peluang usaha ikan tongkol lebih besar. Kita tidak perlu lagi pergi ke tengah laut untuk memperoleh ikan tongkol. 

Sebaliknya hanya dengan membuat kolam kita sudah bisa menikmati makanan laut ini bahkan berpeluang besar untuk mendapatkan pundi-pundi keuntungan. 

Mengingat akan peluang usaha ikan tongkol yang sangat baik itu menjadikan banyak orang tergiur untuk menekuni bisnis ternak ikan tongkol. Akan tetapi, tentunya kita tidak bisa asal dalam memulai bisnis ikan tongkol. 

Perlu persiapan yang tepat sebelum akhirnya melakukan proses usaha budidaya ikan tongkol secara berkelanjutan. 

Jika Anda tertarik untuk menekuni usaha ikan tongkol ini maka langkah pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan memperhatikan persiapan dasar terlebih dahulu. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebagai persiapan budidaya ikan tongkol.

Persiapan Dasar Sebelum Budidaya Ikan Tongkol

Untuk menjalani bisnis yang cukup besar seperti budidaya ikan tongkol ini memang memerlukan modal yang tidak sedikit. Setidaknya ada sekitar Rp9 juta  yang perlu kita persiapkan untuk berbisnis ikan tongkol. 

Akan tetapi tidak perlu khawatir, sebab keuntungan yang akan Anda dapatkan nanti  juga tidak main-main. Jika kita giat dalam menekuni bisnis ini, pengusaha ikan tongkol ternak bisa mendapatkan keuntungan hingga puluhan juta rupiah. 

Nah, selain modal berupa uang, berikut adalah persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum budidaya ikan tongkol.

  • Pembuatan Kolam dengan Sistem Resirkulasi

Kolam merupakan tempat pemeliharaan ikan tongkol untuk melangsungkan hidup. Untuk media terbaik, pilihlah kolam dengan sistem resirkulasi tertutup. 

Sistem ini menjadikan ikan tongkol tidak mudah meloloskan diri sehingga ikan-ikan di dalamnya tetap aman terjaga. Selain itu, kolam dengan sistem ini dinilai lebih ramah lingkungan. 

  • Pemilihan Benih Budidaya Ikan Tongkol yang Berkualitas

Jika ada pertanyaan ikan tongkol bertelur atau beranak, maka jelas ikan ini berkembang biak dengan cara bertelur. Ikan ini memiliki masa bertelur yang berbeda setiap daerah. 

Karena itu, pemilihan benih yang berkualitas sangat penting untuk dilakukan. Pilihlah benih ikan tongkol yang memiliki kualitas terbaik. Perkirakan juga jumlah benih yang akan dikembangkan lalu sesuaikan dengan kondisi persiapan budidaya yang ada. 

  • Berikan Pakan Ikan Terbaik

Untuk menghasilkan panen ternak ikan tongkol yang maksimal maka perlu bagi kita untuk memberikan pakan terbaik. Pakan ikan tongkol terbaik yakni yang mengandung lemak yang tinggi contohnya pada ikan pilchard dan ikan teri.

  • Alat Pompa Air dan Timba

Pompa air berfungsi sebagai sarana sirkulasi air di dalam kolam. Air akan bergantian masuk dan  keluar secara teratur melalui saluran tersebut. Sedangkan timba air berperan memompa dan mengalirkan air agar merata secara keseluruhan di dalam kolam. 

Hal ini kita lakukan agar ikan memperoleh oksigen yang banyak dan berkualitas.

  • Jaring Pembersih Kolam

Luasnya kolam ikan membuat kita sulit untuk membersihkan kolam jika ada kotoran yang masuk ke dalamnya terutama di permukaan kolam. Oleh karena itu, jaring kita perlukan untuk membersihkan kotoran tersebut. 

Kolam yang bersih akan mendukung kualitas benih ikan tongkol tetap terjaga dan terhindar dari hama penyakit. 

Nah, itulah tadi beberapa persiapan memulai budidaya ternak ikan tongkol. Untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat di makalah ikan tongkol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *