budidaya ikan teri

Budidaya Ikan Teri: Mengenal Teknik Pengolahannya

Sebelum Anda mengenal tentang budidaya ikan teri. Selanjutnya, pahami dulu untuk istilah ikan teri dengan sebutan ikan air laut yang ukurannya kecil. Ikan ini memiliki keluarga yang beragam, panjang dari ikan ini rata-rata sekitar 5cm.

Habitat ikan teri di perairan pesisir dan tersebar di kawasan pantai samudra Atlantik, Hindia dan Pasifik. Ikan teri termasuk ikan musiman dan biasa hidup pada iklim sedang. Kelompok ikan ini sering hidup bergerombol karena memiliki ukuran kecil.

Ikan ini termasuk jenis hewan karnivora. Di Indonesia, ikan teri ini banyak Anda temukan di pasaran seperti ikan teri medan, ikan teri nasi maupun ikan teri jengki pdf.  Maka dari itu, tahapan pengolahan ikan teri akan kami bahas.

Tahapan Pengolahan Ikan Teri

Agar tetap menghasilkan bahan baku ikan teri tetap berkualitas dan masyarkakat bisa mengkonsumsi. Dalam budidaya ikan teri, proses produksi ikan teri terbilang tidak mudah. Untuk itu, bahan bakunya harus dalam kondisi segar. Adapun teknik pengolahan ikan teri sebagai brikut :

  1. Perebusan dengan Air Laut

Tahap awalnya, membeli bahan baku yang masih segar dari nelayan. Kemudian, perajin melakukan perebusan ikan menggunakan air garam di atas kapal nelayan saat sedang melaut. 

Cara ini untuk mempertahankan kualitas ikan supaya tetap segar. Jika perebusan Anda lakukan saat ikan di darat maka bisa menyebabkan ikan cepat membusuk dan kualitas kesegaran ikanpun juga berkurang. 

  1. Proses Penjemuran

Setelah melakukan perebusan langkah selanjutnya yaitu proses penjemuran yang bisa Anda lakukan selama 3-4jam. Setelah selesai penjemuran, lalu langkah selanjutnya penyortiran berdasarkan dari bentuk, jenis maupun kualitasnya. 

  1. Proses Pengemasan

Selanjutnya, agar terhindar dari penyerapan kembali yang bisa membuat ikan basah atau bisa berwarna merah, lebih baik ikan diangin-anginkan. Untuk tahap pengemasan masukkan ikan ke kardus dengan kapasitas sebanyak 26 kilogram. 

Teknik Pengolahan Ikan Teri Brainly

Dua teknik dalam pengolahan ikan teri berdasarkan pemaparan dari brainly. Sebelum ikan dikeringkan, terlebih dahulu harus Anda lumuri garam dulu. Selama proses penggaraman tersebut akan terjadi proses penetrasi antara tubuh ikan dengan garam.  

Teknik pengeringan ini merupakan salah satu cara pengawetan ikan yang mudah dan praktis. Ikan yang sudah memiliki kadar garam bisa berfungsi untuk membunuh bakteri yang bisa saja muncul pada tubuh ikan.

Kemudian, teknik pengasapan yaitu kombinasi dari pemberian senyawa aktif dan pengeringan dari asap. Asap ini berasal dari pembakaran bahan alami seperti kayu. Lalu, hasil pembakaran menghasilkan asap yang bisa menempel pada ikan dan bisa memberikan aroma khas tersendiri serta lebih awet.

Berdasarkan jurnal pengolahan ikan teri, bahwa pengolahan ikan teri bisa menghasilkan berbagai produk yang tidak hanya ikan teri asing kering tetapi juga bisa menghasilkan produk makanan ringan seperti teri gulung, keripik teri, getas teri dan sebagainya.

Olahan Teri Medan 

Dalam budidaya ikan teri itu bisa dikonsumsi di kalangan masyarakat salah satunya bisa menjadi menu MPASI untuk si kecil. Walaupun harganya relatif murah namun nutrisi yang terkandung tidak jauh berbeda dengan ikan yang harganya mahal.

Seperti halnya seperti ikan teri medan, meskipun mengutip salah satu nama kota di Indonesia namun ikan ini sudah menyebar di seluruh wilayah indonesia. Ikan ini berwarna putih bersih dan terang. Ikan teri medan bisa Anda olah menjadi pepes teri, peyek teri, maupun campuran pada kering tempe.

Demikianlah ulasan mengenai teknik pengolahan ikan teri, jadi budidaya ikan teri bisa Anda coba karena teknik pengolahannya mudah serta bisa menjadi menu makanan yang sangat bervariasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.