budidaya ikan sembilang

Cara Mudah Budidaya Ikan Sembilang, Saudara Kembar Lele

Salah satu jenis ikan yang banyak dan mudah untuk dibudidayakan adalah ikan sembilang. Ada beberapa opsi untuk budidaya ikan sembilang seperti dengan membuat tambak, kolam dan air asin untuk ikan sembilang. Namun sebelum melakukan budidaya, ada baiknya untuk mengetahui dan memahami tata caranya.

Cara Mudah Budidaya Ikan Sembilang

Berikut kami jelaskan mengenai tahap-tahap persiapan budidaya ikan sembilang yang bisa Anda praktekkan

  • Persiapkan Tempat untuk Budidaya

Langkah awal yang harus Anda lakukan sebelum memulai budidaya adalah mempersiapkan tempatnya seperti kolam tanah, kolam semen, kolam terpal, jaring apung, tambak dan keramba.

Selanjutnya Anda wajib untuk mengendapkan sumber air bersih di kolam sebelum memasukkan ikan. Hal ini bertujuan agar racun-racun yang berasal dari sumber air dapat menguap dan hilang

  • Pemilihan Benih Ikan Sembilang

Untuk menghasilkan ikan sembilang yang berkualitas, maka sebaiknya Anda juga memiliki pengetahuan dalam memilih bibit yang unggul.  Umumnya, proses pencarian bibit sembilang berkualitas ini dapat dibeli langsung ke penjual benih ikan terpercaya.

Benih yang berkualitas memiliki beberapa kriteria, yaitu gerakannya lincah, tidak terdapat cacat pada permukaan tubuhnya dan pastinya bebas dari bibit penyakit. 

  • Pakan untuk Budidaya Ikan Sembilang

Pakan merupakan komponen biaya terbesar dalam budidaya ikan sembilang. Untuk itu Anda dapat memilih pakan sembilang yang baik seperti memilih nutrisi yang baik dan memberikan pakan pada ikan pada pagi, sore dan malam hari. 

  • Pengelolaan Air

Hal terpenting lainnya dalam budidaya ikan sembilang adalah pengelolaan air kolam. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan,  kualitas dan kuantitas air harus tetap terjaga. Pantau kualitas air dari timbunan sisa pakan yang tidak habis di dasar kolam. 

Penggantian air secara rutin juga penting untuk Anda lakukan untuk menjaga kualitas air tetap bagus dan mencegah adanya bau busuk dan penyakit dari air yang kotor.

  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Pencegahan hama sangat penting ketika melakukan budidaya. Ada beberapa jenis penyakit yang dapat membahayakan ikan sembilang seperti protozoa, bakteri dan virus. Ketiga mikroorganisme tersebut dapat menimbulkan berbagai penyakit yang membahayakan.

Memasang sekat pembatas merupakan suatu upaya yang bisa Anda lakukan oleh peternak untuk mencegah binatang asing yang sewaktu-waktu bisa saja membahayakan ikan sembilang

  • Panen Budidaya Ikan Sembilang

Ikan sembilang bisa dipanen setelah mencapai ukuran 9-12 ekor per kg. Pada saat ikan sembilang dipanen, jangan lupa untuk melakukan sortasi dengan tujuan  memilah ikan sembilang berdasarkan ukurannya karena ini akan meningkatkan pendapatan bagi peternak.

Ikan Sembilang untuk Program Hamil, Mitos atau Fakta?

Benarkah ikan sembilang bisa untuk program hamil? Ternyata Anggapan ikan sembilang bisa membantu program hamil sebenarnya mitos. Sampai  saat ini belum ada penelitian yang berhasil membuktikan secara ilmiah mengenai konsumsi ikan sembilang untuk program hamil. 

Namun ada beberapa alasan mengapa ikan ini untuk tetap terus Anda konsumsi seperti mengurangi kolesterol tinggi, baik untuk menurunkan tekanan darah, baik untuk pembentukan sel otak hingga dapat mencegah penyakit jantung. 

Ikan Sembilang Besar Bisa Mencapai 5 Kg!

Terdapat satu jenis dari ikan sembilang dimana ia hidup dilubang-lubang yang dibuatnya sendiri dan disebut juga ikan sembilang lubang.  Ikan ini merupakan jenis ikan sembilang dewasa yang beratnya bisa mencapai hingga 4-5 kg dan panjangnya mencapai 70 cm hingga disebut sebagai ikan sembilang besar karena ukurannya. Sungguh unik!  

Waspada! Patil Ikan Sembilang Memiliki Racun

Ikan sembilang memiliki ciri khusus yang ada pada bagian siripnya. Sirip punggung kedua, sirip anus, dan sirip ekor ikan sembilang menyatu yang membuat bentuk badannya panjang tanpa sisik seperti kembarannya, ikan lele. Menarik!

Selain itu, ikan sembilang juga memiliki patil. Patil inilah yang mengandung racun. Efek racun pada patil ikan sembilang bisa membuat korbannya merasakan nyeri yang luar biasa, jantung berdebar, dan menyebabkan badan panas dingin.

Meskipun beracun, ikan Sembilang ternyata memiliki banyak kandungan gizi dan manfaat yang baik untuk tubuh seperti protein, fosfor dan asam lemak omega 3 yang tinggi serta karbohidrat dan lemak yang rendah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.