harga ikan sarden

udidaya Ikan Sarden Salah Satu Peluang Usaha yang Menjanjikan

Ikan sarden merupakan kelompok ikan pelagis kecil yang sering Anda kenal dengan ikan herring. Tentunya kita sudah pernah mencicipi ikan sarden. Budidaya ikan sarden cukup menjanjikan, mengingat permintaan konsumen cukup tinggi. 

Ikan satu ini banyak dikonsumsi di masyarakat dan banyak terjual dalam bentuk kemasan kaleng. Selain itu, ikan sarden memiliki rasa yang gurih dan nikmat. Ikan ini juga mengandung berbagai nutrisi yang sangat bagus. Bagi Anda yang tertarik bisnis ikan kaleng ini tidak membutuhkan modal banyak. Kemudian, dari segi pemasaran ikan ini sangat mudah dijual.

Peluang Usaha Ikan Sarden

Peluang usaha ikan sarden cukup besar. Karena, ikan ini banyak konsumsi di masyarakat Indonesia serta bisa ekspor hingga ke negara tetangga. Bisnis ini bisa dimulai sendiri dengan mencari supplier ikan kemudian proses pengolahan sendiri.

Pasalnya, peluang usaha sarden kaleng ini tidak akan pernah mati, Karena, ikan ini sering termasuk produk seafood yang banyak peminatnya selain cumi-cumi dan udang. Lewat bisnis sarden, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar. 

Saat Anda merintis usaha dalam budidaya ikan sarden, memang perlu adanya kesabaran dan perlu memiliki strategi dan tips agar usaha bisa maju dan berkembang. Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memproduksi ikan sarden :

  • Umur Produk Ikan Sarden

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan yaitu berapa lama umur produk ikan sarden kaleng tersebut dapat bertahan. Pakailah proses pengawetan yang benar agar produk bisa tahan lama dan tidak mudah rusak.

  • Mulai dari Skala Kecil

Dalam melakukan pemasaran ikan kaleng ini, bisa Anda mulai dari skala kecil terlebih dahulu. Contohnya bisa Anda jual ke pasar lokal atau supermarket kecil di wilayah sekitar Anda. Setelah skala kecil lancar, mulailah di area yang lebih besar. 

  • Hitung Biaya Produksi

Agar anda bisa mendapatkan keuntungan yang sesuai dan tepat. Hitung berapa biaya yang Anda butuhkan secara menyeluruh. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor penentu harga yang akan Anda tawarkan di pasaran.

  • Buat Target Peluang Usaha

Setelah proses pembuatan ikan kaleng sarden berjalan lancar. Anda perlu menarget peluang usaha untuk mengembangkan usaha Anda. Sehingga, Anda bisa menjual ke toko besar atau supermarket.

Hal yang harus diperhatikan saat menjadi Agen Sarden Kaleng

Anda juga bisa menjadi agen penjual ikan sarden kaleng selain memproduksi sendiri. dengan menjadi agen penjual yaitu dengan mengambil barang dari orang lain. Hal ini membutuhkan modal yang sangat kecil dan tidak merepotkan.

Cara menjadi agen sarden kaleng ini cocok bagi Anda yang tidak memiliki modal usaha banyak dan tidak memiliki lahan untuk melakukan budidaya ikan sarden.  Meskipun laba yang tidak terlalu besar namun lama kelamaan Anda juga bisa menjadi supplier. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat menjadi agen ikan sarden kaleng :

  1. Cari supplier ikan sarden yang berkualitas. Kemudian, jangan lupa untuk mencari supplier dnegan menawarkan harga reseller yang murah sehingga Anda bisa mengambil keuntungan yang besar. 
  2. Cari daerah mana saja yang bisa Anda jadikan target pemasaran misalnya dari rumah ke rumah, pasar, restoran/warung. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemasaran melalui media sosial atau menyebarkan brosur.
  3. Jika keuntungan Anda sudah cukup banyak terkumpul, bisa Anda mulai dengan menjadi supplier ikan sarden. Hal ini merupakan langkah berikutnya ketika Anda belum bisa budidaya ikan sarden sendiri.

Demikianlah mengenai hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin merintis usaha ikan kaleng. Untuk itu, budidaya ikan sarden sangat menjanjikan karena tingginya permintaan konsumen. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.