Budidaya Ikan Pari Air Tawar

Budidaya Ikan Pari Air Tawar dan Cara Merawatnya

Biasanya Anda sering menemukan ikan pari berada di laut, namun tidak hanya hidup di laut saat ini banyak yang budidaya ikan pari air tawar dan sudah umum menjadi ikan peliharaan. 

Ikan pari salah satu hewan lucu, tidak terlalu banyak gerak serta bisa hidup rukun dengan hewan lainnya, jika di akuarium Anda bisa menemukan ikan pari di bagian paling bawah.

Habitat ikan pari sering berada di perairan dasar yang berlumpur, berpasir, tanah keras maupun di karang. Keberadaan ikan pari tidak suka terusik. Ikan pari air tawar ini atau sebutan Ikan pari motoro berbentuk pipih dengan duri yang panjang. 

Umumnya ikan pari berenang menggunakan gerakan gelombang siripnya yang berukuran lebar. Ikan pari bernafas dengan menggunakan insang yang berada di bawah kepalanya.

Cara Merawat Ikan Pari Air Tawar

Bagi Anda yang ingin budidaya ikan pari air tawar perhatikan cara merawatnya. Spesies ikan pari yang berbeda tumbuh di berbagai negara tertentu. 

Ikan pari yang berasal dari Indonesia antara lain pari kupu, pari bidadari, torpedo dan sebagainya. Ikan ini biasanya bisa Anda temukan di perairan tropis maupun subtropis.

  • Siapkan Tempat yang Lebih Besar itu Lebih Baik

Ciri fisiknya yaitu memiliki bentuk melebar sehingga membutuhkan tempat yang luas agar bisa bebas bergerak. Siapkan tempat yang panjang dan lebar. 

Tempat  yang bisa Anda siapkan minimal panjang 120 cm dan lebar 50cm, ukuran tersebut untuk memelihara ikan pari remaja. Pilihlah pasir yang lembut dan tekstur halus seperti pasir moza, sehingga tidak melukai ikan pari.

  • Pahami Karakter Ikan Pari Air Tawar

Dalam budidaya ikan pari air tawar, Anda juga perlu tahu karakter ikan yang berada di akuarium. Berilah ikan lain yang tepat untuk dijadikan teman dalam akuarium seperti jenis ikan kaya palmas ataupun arwana. Jangan beri jenis ikan pleco atau lele dalam akuarium ikan pari air tawar.

  • Beri Pakan yang Tepat

Seperti yang Kita ketahui bahwa posisi mulut ikan di bawah, sehingga ikan akan memakan semua yang bisa mereka sedot di area bawah tank. Makanan ikan pari air tawar bisa dengan cacing beku, udang beku maupun daging ikan nila yang sudah dipotong. 

Sedangkan makanan ikan pari laut bisa berupa kerang maupun hewan lainnya yang berukuran kecil.

  • Kualitas Air yang Ideal

Ikan pari sudah pasti membutuhkan air yang sehat, sehingga Anda perlu memperhatikan sistem filtrasinya yang baik. Ikan jenis ini tidak susah dengan suhunya. pH yang baik masih di angka standar antara 6,5 – 7,6. 

Selanjutnya, jangan sembarangan memberi garam ikan, karena ikan pari sensitif dengan garam. Selain garam, ikan ini juga sensitif dengan jenis amonia. 

Apakah Ikan Pari Air Tawar Beracun ?

Seperti yang Kita ketahui bahwa bentuk ikan pari seperti bulatan piring dengan ekor yang memukau. Namun, jangan salah walaupun tampak diam saja. 

Ikan pari air tawar memiliki duri yang benar-benar lancip dan tipis dan memiliki racun. Komposisi serta efek dari racun yang dihasilkan bervariasi.

Berapa harga ikan pari air tawar asli indonesia ? harganya sangat bervariasi tergantung dari jenis spesies dan ukurannya. Untuk ikan pari motoro berukuran 12cm harga secara online bisa mencapai hingga satu juta lebih.

Sedangkan untuk jenis ikan pari pearl mencapai 2 juta lebih hampir 3 jutaan. Selanjutnya, harga ikan pari black diamond dengan spesifikasi scuba bisa mencapai hingga 9 juta rupiah. Jadi, jika Anda bisa budidaya ikan pari air tawar bisa merawat dengan baik dan benar akan bisa mendatangkan keuntungan yang banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.