Budidaya Ikan Neon Tetra Lengkap dengan Langkah-langkahnya

budidaya ikan neon tetra

Semakin lama, penggemar ikan hias semakin banyak. Salah satu ikan hias yang paling cantik adalah neon tetra. Sayangnya, masih banyak orang yang belum paham cara budidaya ikan neon tetra dengan benar. Oleh karena itu, lihat pembahasannya di sini!

Jenis-jenis Ikan Neon

Ternyata, ada banyak sekali jenis ikan neon. Selain neon tetra, ada Cardinal Tetra, Green Neon Tetra, Black Neon Tetra, Penguin Tetra, Lemon Tetra, Diamond Tetra, Serpae Tetra, Rosy Tetra, Red Eye Tetra, Beacon Tetra, dan Glowlight Tetra (Neon Api). Ternak ikan neon api sama dengan jenis ikan neon lainnya. Sekarang, simak penjelasannya di ini!

Panduan Budidaya Ikan Neon Tetra

  • Pemilihan Induk

Dalam pemilihan induk ikan neon tetra, kalian harus tahu ciri-ciri neon tetra jantan dan betina. Nantinya, kalian akan menebar indukan neon tetra ke akuarium. Untuk 1 akuarium, kalian bisa mengisinya dengan 200 ekor. Tetapi, kalian harus memisahkan neon tetra jantan & betina.

Selain itu, jangan lupa siapkan air bersih dan steril untuk persiapan budidaya ikan neon tetra. Kalian harus menempatkan kolam untuk ikan neon tetra ini di daerah yang gelam. Cara memelihara ikan neon tetra juga harus memperhatikan suhunya. Suhu yang bagus adalah sekitar 20 derajat Celcius.

  • Pemijahan

Dalam proses pemijahan, kalian harus menggunakan tempat dengan air yang steril. Sebelumnya, diamkan dulu selama 1-2 mingguan. Pengembangbiakan neon tetra memerlukan area yang disterilisasi dengan tawas. Lalu, campurkan dengan beberapa tetes air rendaman kayu asam. Kemudian, diamkan 2-3 hari.

Setelah itu, masukkan sepasang indukan yang siap memijah ke tempat yang sudah kalian sediakan. Kalian bisa memberi pakan ikan neon tetra dengan jentik nyamuk. Indukan pun akan mulai memijah di malam hari selama 3-4 jam. Proses selanjutnya dalam budidaya ikan ini adalah memindahkan indukan ke akuarium.

  • Perawatan Telur

Umumnya, sepasang indukan dapat menghasilkan jumlah telur ikan neon tetra sekitar 900 butir. Setelah telur menempel, jangan biarkan sinar matahari mengenainya. Pasalnya, telur ikan neon tetra sangat sensitif terhadap sinar matahari. Setelah 24 jam, telur neon tetra akan menetas.

  • Perawatan Anak Ikan Neon Tetra

Perawatan anak ikan neon tetra tidaklah mudah. Caranya bisa kalian lihat pada panduan budidaya ikan neon tetra pdf. Setelah larva berumur 7-10 hari, kalian harus memindahkannya ke akuarium yang berukuran 100 x 50 x 40 cm. Kunci dalam budidaya ikan neon tetra adalah memberi pakan yang tepat.

Di usia tersebut, kalian harus memberikan pakan berupa cacing rambut atau kutu air. Pemberian pakan adalah sebanyak 2x sehari, tidak boleh lebih ataupun kurang. Lalu, kalian juga harus mengganti air setiap 5-7 hari sekali. Agar tidak bingung, kalian bisa melihat video budidaya ikan neon tetra.

Perlu diingat, kalian harus memelihara ikan neon tetra selama 25 hari atau hingga ukurannya mencapai 1 cm. Memang, banyak hal yang harus kalian ketahui, termasuk ciri ikan neon tetra hamil. Jika sudah tumbuh besar, kalian bisa menjualnya. Tak perlu khawatir, kalian akan dengan mudah menemukan banyak peminat ikan hias yang satu ini.

Ikan neon tetra termasuk ikan yang cepat berkembang biak. Jadi, kalian bisa melihat ini sebagai potensi bisnis yang prospeknya bagus. Namun, pastikan kalian pahami dulu panduan budidaya ikan neon tetra ini agar tidak salah dalam merawatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.