Bisnis Ikan Hias Mudah dengan Budidaya Ikan Molly

budidaya ikan molly

Ikan molly termasuk ikan hias mungil yang unik & menarik. Oleh karena itu, kalian yang ingin memelihara ikan ini tidak membutuhkan tempat yang besar. Selain sebagai hiasan, budidaya ikan molly juga bisa menghasilkan uang banyak karena prospeknya masih sangat bagus hingga saat ini. Bahkan, perawatannya juga tidak susah.

Jenis-jenis Ikan Molly

Di internet, kalian bisa menemukan artikel dan makalah budidaya ikan molly.  Tentu saja, kalian harus tahu dulu jenis-jenisnya. Ada lebih dari 10 jenis ikan molly yaitu Molly Hybrid, Liberty Molly, Wild Green Sailfin Molly, Yucatan Molly, White Pot Belly Molly, Lyretail Molly, Molly Marble, Silver Molly, Molly Golden Black, Golden Molly, Black Molly, dan Molly Balon.

Bagaimana Cara Budidaya Ikan Molly?

  • Persiapan Tempat

Ikan ini tidak butuh tempat yang luas. Jadi, kalian bisa melakukan budidaya ikan molly di ember atau akuarium. Tetapi, pastikan tempatnya aman dan terhindar dari sinar matahari langsung. Selain mempersiapkan tempat, kalian juga harus mempersiapkan pakan dan suplemen kalau perlu.

  • Memilih Indukan

Indukan akan menentukan produktivitas dalam budidaya ikan molly. Agar menghasilkan anakan yang banyak, pastikan kalian memilih indukan yang berkualitas. Selanjutnya, lakukan habituasi lebih dulu sebelum mengawinkan indukan.

  • Mengawinkan Ikan Molly

Setelah memilih indukan dengan mempertimbangkan harga ikan molly dan kualitasnya, sekarang letakkan indukan tersebut ke kolam indukan. Tujuannya adalah untuk memastikan indukan ikan molly tetap sehat. Jadi, indukan jantan akan siap kawin dengan indukan betina.

Untuk mengawinkannya, siapkan dulu aquarium ikan molly. Setelah itu, beri air jernih dengan suhu 24-28 derajat Celcius & areasi lemah. Kemudian, pastikan juga hydrilla-nya telah hidup dengan baik. Lalu, letakkan indukan ke akuarium atau wadah.

Dalam budidaya ikan molly, kalian harus tahu rasio jantan:betina yaitu 1:3. Selanjutnya, diamkan indukan agar melakukan perkawinan. Selain makanan ikan molly, berikan juga suplemen bila perlu.

  • Memijahkan Ikan Molly

Cara budidaya molly balon atau jenis lainnya harus urut dan benar. Setelah indukan ikan molly kawin, proses selanjutnya adalah pemijahan. Umumnya, proses perkawinan terjadi selama 4-7 harian. Setelah seminggu, lihat apakah ada benih yang terkumpul di pinggiran bak. Jika iya, artinya proses pemijahan berhasil.

Langkah selanjutnya, cara ternak ikan molly golden black atau jenis lainnya adalah dengan mengangkat indukan jantan ke tempat lain. Kemudian, rawatlah indukan seperti biasa. Jangan lupa untuk mengontrol telur-telur di kolam. Agar telur menetas dengan lancar, pastikan suhunya tetap seimbang.

Tahapan ini termasuk kunci dalam budidaya ikan molly. Setelah menetas, angkat indukan betina dengan segera. Biasanya, sepasang indukan ikan molly bisa menghasilkan 80-125 anakan.

  • Merawat Anak Ikan Molly

Cara memelihara ikan molly memang mudah. Di dua hari awal, kalian tak perlu memberi makan. Pasalnya, anakan ikan molly di usia ini masih memperoleh nutrisi dari telurnya. Tetapi, setelah dua hari, beri anak ikan molly pakan pelet yang lembut atau serbuk. Pemberian pakan yang benar adalah 2x sehari pada pagi dan sore.

Agar tumbuh dengan baik, jangan lupa untuk memberinya suplemen tambahan. Setelah berumur 2-3 mingguan, ganti air kolam. Caranya adalah dengan menyedot air dengan selang sampai tersisa sepertiga. Lalu, tambahkan air bersih lagi. Itulah tahapan demi tahapan budidaya ikan molly. Sangat mudah, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.