budidaya ikan kuwe

Mau Melakukan Budidaya Ikan Kuwe? Simak Langkah-Langkahnya!

kontenjempolan.id – Budidaya ikan bukanlah aktifitas asing yang bisa dilakukan berbagai lapisan masyarakat. Salah satu yang bisa dicoba yakni budidaya ikan kuwe. Satu diantara jenis ikan pesisir yang begitu populer di kalangan pecinta ikan. Tidak heran banyak yang tertarik untuk melakukan budidaya ikan tersebut. Jika Anda tertarik,bisa mengikuti langkah berikut ini!

Sekilas Tentang Ikan Kuwe

Pernahkah Anda mendegarikan kuwe? Ikan ini juga dikenal dengan nama ikan bubara. Satu di antara jenis ikan yang memiliki tekstur daging lembut denga rasa yang lezat. Ikan kuwe umumnya dibudidayaka secara khas yakni dalam teluk yang terhindar dari ombak. Budidaya ikan kuwe dilakukan dengan teliti yakni harus memperhatikan pola masa air secara tepat.

Berbicara tentang ikan kuwe, tubuhnya tampak unik. Ikan kuwe memiliki bentuk oval da tampak pipih. Warnanya variatif bisa putih, perak dan sebagainya. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 40 hingga 75 centimeter. 

Adapun habitat ikan kuwe yakni berada di balik terumbu karang. Secara umum, ikan kuwe hidup di perairan yang sifatnya dangkal. Kuwe termasuk jenis ikan karnivora. Maka dari itu, ikan kuwe dikenal dengan ikan pemangsa. Pencarian mangsanya di saat cuaca tidak panas yakni pagi hari dan juga senja kala matahari terbenam.

Langkah-Langkah Budidaya Ikan Kuwe

Melakukan budidaya ikan kuwe tidak sama dengan ikan lainnya. Meskipun di habitatnya dikenal sebagai pemangsa, ikan kuwe tetap banyak dibudidayakan. Aktifitas ini banyak dilakukan oleh mereka yang berada di wilayah pesisiran. Adapun langkah budidaya yang bisa dicoba yakni sebagai berikut.

  • Penaburan Benih

Pertama, penaburan benih atau dikenal pula dengan istilah pendederan. Langkah ini dilakukan ketika bibit ikan sudah tersedia. Pastikan Anda memilih bibit yang bagus di tempat jual bibit ikan kuwe. Pendederan akan dilakukan setelah bibitnya berukuran 3 atau 5 cm. 

Pada tahapan ini, Anda harus memperhatikan pakan yang diberikan. Anda harus memberikan pakan sesuai lebar mulut ikan yakni tidak terlalu besar. Begitu pun dengan frekuensinya harus diperhatikan pula. Dalam sehari, Anda bisa memberikan pakan hingga 3 kali. Pendederan dilakukan selama satu bulan lebih.

  • Penggelondongan

Setelah satu bulan lamanya, Anda akan memasuki masa penggelondongan. Masa di mana ikan kuwe dipindahkan ke dalam tempat penggelondongan. Tempatnya bisa berupa keramba atau pun semacamnya. Kolam yang disiapkan haruslah sesuai dan tepat.

Ikan kuwe yang dimasukkan ke dalam penggelondongan sekitar 60 ekor-an. Berikutnya, Anda harus merawatnya dengan baik. Berikan pakan berupa ikan runcah. Pakan yang diberikan harus dengan frekuensi yang tepat yakni 3 kali dalam sehari. Anda bisa memberikannya, setiap pagi, siang dan juga malam.

  • Pembesaran 

Langkah budidaya ikan kuwe selanjutnya yakni pembesaran ikan. Pada tahapan ini, Anda harus memberikan atensi yang lebih intens terhadap ikan yang sedang dibudidayakan. Ikan kuwe yang telah melewati masa penggelondongan akan ditebar ke dalam kolam pembesaran.

Setiap kolam pembesaran yakni sekitar 40 hingga 50 ekor. Berikan pakan yang segar, berupa ikan runcah. Anda bisa memberikannya setiap pagi dan sore. Agar ikan kuwe cepat besar, Anda bisa memberikan vitamin sekali dalam seminggu.

  • Masa Panen 

Berikutnya, Anda akan memasuki masa panen. Masa di mana ikan kuwe sudah berbobot pas untuk dikonsumsi. Umumnya, berat ikan kuwe untuk dikonsumsi yakni sekitar 300 gram-an. Perlu Anda tahu, ikan kuwe merupakan jenis ikan yang memiliki masa pertumbuhan lebih cepat. Masa panen bisa dinikmati setelah 4 bulan di masa pembesaran.

Demikianlah ulasan terkait langkah budidaya ikan kuwe yang bisa Anda coba. Lakukan dengan teliti dan penuh ketepatan. Alhasil, Anda bisa mendapatkan hasilnya sesuai yang diharapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.