budidaya ikan kerapu

5 Tips Memulai Bisnis Budidaya Ikan Kerapu

Pernahkah Anda berpikiran untuk membangun bisnis budidaya ikan kerapu? Jika iya maka Anda sudah memilih bisnis yang tepat. 

Ikan kerapu yang hidup di perairan laut dangkal dan di muara sungai ini memiliki penggemar yang cukup banyak di masyarakat.

Ikan yang memiliki tekstur daging yang empuk ini menjadikannya cocok menjadi santapan saat makan. Terlebih ikan kerapu memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan manusia.

Saat ini sudah banyak orang yang melakukan budidaya ikan ini hingga berhasil. Sebab harganya yang cukup tinggi dan banyaknya peminat menjadikan pengusaha ikan kerapu tidak sampai kehabisan pembeli.

Umumnya, orang akan melakukan budidaya di keramba jaring apung. Jika tidak begitu, Anda bisa memulai bisnis budidaya kerapu di kolam dengan modal kecil.  

Tips Budidaya Ikan Kerapu

Tingginya permintaan akan ikan kerapu memberikan peluang emas bagi kita yang ingin mengembangkaan bisnis terutama di sektor perikanan. 

Tidak hanya sekedar budidaya, kita juga bisa mengembangkan bisnis makanan dari ikan kerapu. Misalnya, memproduksi kerupuk ikan kerapu, lauk ikan kerapu dalam bentuk instan dan lainnnya. 

Untuk budidaya ikan ini cukup mudah dan bisa dilakukan siapa saja terlepas dari berapa pun usianya.  Untuk itu sebagai upaya budidaya berjalan maksimal, Anda bisa terapkan tips-tips budidaya kerapu berikut ini.

  • Tentukan Target Pasar 

Untuk memastikan adanya peluang penghasilan dari budidaya kerapu air tawar ini, ada baiknya Anda menentukan target pasar terlebih dahulu.

Mencari konsumen hasil budidaya kerapu tidaklah sulit. Anda bisa menjualnya baik ke pasar terdekat, bisnis usaha kuliner, supermarket atau swalayan yang ada di wilayah Anda tinggal.

  • Tempat Budidaya Kerapu

Untuk tempat budidaya kerapu  sendiri bisa Anda buat di lahan kecil atau di pekarangan rumah dengan modal rendah. Anda bisa membuatnya semacam kolam berukuran sedang atau sebuah tambak besar.

  • Alat dan Bahan

Ikan kerapu memerlukan perlakuan khusus dalam proses pembudidayaanya. Karena itu, kita perlu memerhatikaan alat dan bahan yang akan digunakan. 

Tentu Anda akan mengeluarkan sejumlah uang dalam proses ini sebagai modal usaha budidaya ikan kerapu.

Bahan utama yang kita perlukan dalam budidaya ikan kerapu pdf yakni bibit ikan kerapu. Carilah bibit yang memilki kualitass terbaik agar hasil budidaya maksimal.

Adapun alat-alat yang kita perlukan untuk proses budidaya adalah wadah, jerigen, selang dan paralon, timba, jaring, terpal, pompa air, pembuatan kolam ikan kerapu, peralatan pembersih kolam, sewa lahan, drum, dan lainnya. 

  • Tentukan Harga Jual

Tips budidaya selanjutntya adalah menentukan harga budidaya ikan ini per kilonya. Anda bisa mematok harga mulai Rp150.000-Rp250.000 per kilogram ikan kerapu atau bisa lebih. 

Hal ini  tergantung dari harga pasaran ikan kerapu yang ada di suatu wilayah. Ikan kerapu hasil budidaya yang memiliki kualitas yang bagus bisa akan laku lebih tinggi di pasaran hingga keuntungan pun berlipat-lipat.  

  • Pakan Ikan Kerapu

Makanan yang umumnya baik untuk pakan ikan kerapu ini bisa berupa potongan-potongan kecil dari ikan rucah atau Anda bisa juga memberi makanan berupa ikan pellet. 

Pakan diberikan selama 3-4 kali dalam sehari. Selain itu, agar ikan-ikan kerapu bisa tumbuh sehat Anda bisa mencampurnya dengan vitamin C. Misalnya dengan takaran 2 gram vitamin C dengan jumlah porsi makanan 1 kg. 

Demikianlah tadi informasi terkait tips budidaya ikan kerapu yang bisa jadi panduan Anda dalam pembudiyaan ikan kerapu. Selamat memulai bisnis.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.