budidaya ikan kakap

Apa Saja Keunggulan Budidaya Ikan Kakap Putih?

kontenjempolan.id – Ikan kakap salah satu di antara jenis ikan yang cukup populer baik dalam bisnis ataupun kuliner. Tidak heran banyak yang tertarik melakukan budidaya ikan kakap. Banyak keunggulan yang bisa Anda raih dengan memilih ikan kakap sebagai objek budidaya. Apa saja? Yuk cari tahu!

Keunggulan Budidaya Ikan Kakap

Banyak jenis ikan kakap yang bisa Anda pilih, mulai dari kakap putih hingga budidaya ikan kakap merah. Adapun yang akan dibahas pada ulasan berikut yakni keunggulan dalam  budidaya kakap putih. Masing-masing jenis memiliki keunggulan tersendiri, seperti halnya kakap putih yang memiliki keunggulan sebagai berikut!

  1. Bisa Menggunakan Pakan Alami

Pertama, dengan melakukan budidaya ikan ini, Anda bisa menggunakan pakan alami. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri dan tentunya menghemat pengeluaran Anda. Menurut pakarnya, ikan kakap putih bisa bertahan dalam perairan berkepadatan rendah. 

Ikan kakap bisa menjadi pemutus rantai penyakit. Pasalnya hewan renik yang berada di kolam bisa menjadi pakan kakap yang alami. Dengan demikian, kakap juga akan sangat bermanfaat dalam mengatasi hewan-hewan yang mendatangkan berbagai penyakit bagi makhluk hidup lainnya. 

  1. Tepat untuk Dipelihara di Tambak

Selanjutnya, dalam beberapa makalah budidaya ikan kakap, tercatat bahwa ikan kakap bisa dipelihara di tambak. Namun, tidak sedikit pula yang melakukan budidaya kakap di kolam terpal.

Tambak menjadi tempat yang tepat untuk kakap putih, karena bersifat euryhallin. Jenis kakap ini bisa bertahan dalam salinitas luas sekitar 0 hingga 45 per-mil. Maka dari itu, pertambakan bisa menjadi tempat untuk melakukan budidaya kakap putih.

  1. Dagingnya Berkualitas dan Tahan Terhadap Penyakit

Kakap putih merupakan satu di antara jenis ikan yang memiliki daging berkualitas. Tidak hanya itu, daya tahanya terhadap penyakit sangatlah kuat. Hal inilah yang menjadi salah satu keunggulan dari budidaya ikan kakap air tawar

Ketahanan ikan yang dibudidayakan akan meningkatkan peluang mendapatkan hasil panen yang lebih banyak. Maka dari itu, kakap putih patut untuk Anda pertimbangkan. Budidaya tidak lepas dari perhitungan potensi keuntungan yang lebih besar. 

  1. Dibanderol dengan Harga Tinggi

Hasil dari budidayanya, ikan kakap bisa dibanderol dengan harga tinggi. Harga ikan pada umumnya, mencapai 20.000 hingga 30.000 rupiah per-kilonya. Namun, berbeda dengan ikan kakap putih yang memungkinkan untuk dijual dengan harga 50.000 per-kilonya. Anda pun akan mendapat keuntungan lebih dari budidaya yang dilakukan. 

  1. Berpotensi Sebagai Kebutuhan Ekspor

Melakukan budidaya kakap putih memiliki keunggulan lainnya yakni berpotensi untuk diekspor. Ikan yang satu ini memiliki potensi untuk dijadikan sebagai satu kebutuhan dalam ekspor ikan di Indonesia. Hal ini menilik pada masyarakat dunia yang lebih memprioritaskan daging putih. 

  1. Bisa Dilakukan Polikultur

Menariknya, budidaya kakap putih bisa dilakukan secara polikutur. Artinya, Anda memungkinkan untuk melakukan budidaya ikan lainnya, seperti bandeng, udang dan semacamnya. Selain menguntungkan untuk Anda, budidaya polikutur ikan kakap putih bisa membuat jenis udang dan lainnya lebih sehat. 

Tertarik-kah Anda untuk melakukan budidaya kakap putih? Jika iya, maka Anda harus memahami setiap hal yang berkaitan dengan budidaya ikan tersebut. Selanjutnya, Anda pun bisa melakukannya dengan seksama dan meraih kesuksesan dan berbudidaya.

Demikianlah ulasan terkait keunggulan dari budidaya ikan kakap putih yang bisa Anda pertimbangkan. Berikutnya, Anda bisa melakukan budidaya yang berpotensi memberikan keuntungan lebih besar. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *