budidaya ikan glofish

Budidaya ikan glofish : Tips Merawat Ikan Glofish dengan Benar

kontenjempolan.id – Asal ikan glofish berasal dari keluarga Cyprinidae, ikan ini biasa dikenal dengan ikan zebra yang berasal dari wilayah Himalaya tenggara. Ikan jenis ini memiliki banyak sekali warna yang bervariasi dan bersinar. Kemudian, Spesies jenis ini biasanya berada di sungai, kanal, kolam dan air. Jika anda ingin budidaya ikan glofish, anda perlu perhatikan segala perawatan, pembibitan dan cara memberikan pakan.

Ikan glofish termasuk dalam ikan yang tahan banting. Ikan ini bisa dengan mudah beradaptasi di akuarium dan lebih suka bergerombol. Selanjutnya, ikan jenis ini memiliki varian beranekaragam yaitu ikan glofish tetra, danios, barbs maupun angelfish. Butuh perawatan yang optimal saat di akuarium karena kadar bahan organik, fosfat maupun nitrat.

Perbedaan Glofish Jantan dan Betina

Ikan glofish memiliki tubuh yang kecil dan mungil sehingga ikan ini bisa melakukan pergerakan dengan cepat saat melawan aliran air. Jadi, ketika ikan ini berada dalam akuarium wajar saja jika memiliki pergerakan yang agresif, lincah serta bisa damai hidup dalam akuarium. Hal dasar yang penting Anda ketahui sebelum budidaya ikan glofish yaitu membedakan antara jantan dan betina.

  • Warna Badan

Tahap pertama yang bisa anda bedakan yaitu pada warna badannya. Dimana, untuk ikan jantan cenderung memilki warna lebih kuning, sedangkan betina warna cenderung lebih kusam. Jadi, jenis ikan glofish ini lebih menarik yang jantan karena mencolok.

  • Bentuk Tubuh

Sebelum budidaya ikan glofish, selanjutnya anda bisa melihat pada bentuk tubuhnya. Jika kelamin jantan memiliki sirip lebih panjang. Sehingga pergerakannya lebih lincah dan gesit. Sedangakn untuk ikan betina memiliki bentuk tubuh lebih besar.

  • Perbedaan pada Ukuran Perut

Ikan glofish betina memiliki ukuran perut yang lebih besar dan fleksibel dibandung dengan betina. Karena, untuk ikan betina nantinya akan mengandung seluruh telur hasil dari perkawinan indukan ikan glofish dan akan menghasilkan jumlah cukup banyak setiap reproduksi.

Cara Merawat Ikan Glofish

Ikan glofish memiliki cahaya neon yang sangat cerah, sehingga bisa dijadikan sebagai ikan hias di rumah, ruang kelas maupun kantor. Jenis ikan ini bisa menjadi tontonan menarik saat berada di akuarium. Jika Anda amati, saat berada di bawah lampu hitam dengan ruangan yang gelap, warnanya akan cemerlang dan bersinar. Berikut ini beberapa cara merawat ikan glofish :

  1. Jaga Suhu pada Air

Suhu air sebaiknya mencapai 84 derajat Fahrenheit. Jangan lupa untuk selalu periksa suhunya karna alat pemanas bisa mengalami fluktuasi.

  1. Priksa pH Air

Saat Anda ingin memeriksa kandungan pH air dengan menggunakan pH meter. Usahakan agar mempertahankan pH sampai 8,0. Walaupun biasanya air ledeng memiliki pH sekitar 7,5. Namun, jangan lupa untuk selalu memantau.

  1. Gunakan Perangkat Filter Air

Pasang elemen filter dan alat pemanas pada tangki dan isi air bersih. Jangan lupa untuk selalu memeriksa penyaringan air dengan benar. Periksa pada kebocoran garis di sekitar filter.

  1. Beri Pakan Ikan

Pemberian pakan ikan glofish sebanyak dua kali sehari, yaitu pagi dan malam hari. Cara memberi ikan dengan memasukkan dalam tangki sehingga selama 10 menit semua ikan bisa makan. Jangan memberi makanan secara berlebihan karena bisa membuat akuarium kotor.

  1. Beri Pencahayaan pada Ikan

Anda perlu memberi lampu selama kurang lebih 14 jam setiap harinya. Sebaiknya, berikan lampu berwarna yang tidak terlalu terang. Jangan beri bohlam berwarna putih standar. Dengan begitu, akan memperlihatkan tampilan supaya glofish menjadi terang.

Demikianlah ulasan mengenai cara merawat ikan dengan benar. Jadi, sebelum Anda budidaya ikan glofish perhatikan hal-hal di atas. Selain itu, seperti yang kita ketahui bahwa harga ikan glofish bisa dikatakan cukup mahal. Kenapa ikan glofish mahal ? karena, memiliki bentuk yang unik dan bisa bercahaya seperti neon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.