budidaya ikan discus

Bisnis Budidaya Ikan Discus, Ikan Hias Amazon

Peluang usaha dalam budidaya ikan discus cukup menjanjikan asal ada indukan yang baik. Ikan discus merupakan salah satu jenis ikan hias yang berasal dari sungai Amazon. Saat ini sudah banyak Anda temukan di Indonesia.

Sementara itu, Bentuk dari ikan discus ini bundar pipih dengan memiliki variasi warna. Sedangkan, ikan jenis ini cenderung lebih suka berkelompok dengan ikan sejenisnya. Ikan discus termasuk dalam jenis omnivora dan lebih produktif berkembang biak pada musim penghujan. 

Selanjutnya, Melansir pada sumber budidaya ikan discus pdf bahwa artikel dari Chaerur Rozikin membahas tentang sistem monitoring tingkat suhu udara dan pH air pada budidaya ikan hias discus. 

Cara Memelihara Ikan Discuss

Salah satu ikan yang memiliki corak menarik ini penggemarnya banyak. Bagi sebagian orang, budidaya ikan discus merupakan salah satu bisnis cukup menjanjikan. Kesulitan budidaya ikan discus itu hidup pada akuarium rumah karena airnya tawar. Kebutuhan pangan dan perawatan membutuhkan perhatian khusus. Maka dari itu, berikut ini Akan kami ulas mengenai beberapa cara memelihara ikan discus bagi pemula:

  1. Perhatikan Kualitas Air dan Suhunya

Hal paling penting saat Anda memelihara ikan discus yaitu kualitas air. Kemudian, tingkat pH yang seimbang antara 6,5 dan tidak boleh lebih dari 7. Stres pada ikan bisa berkurang dengan pH air yang seimbang. Jangan sampai kualitas air akuarium memiliki pH di atas 7. Siapkan air pada akuarium yang cukup besar. Selanjutnya, suhu yang paling baik pada ikan discus yaitu mulai 28 derajat celcius.

  1. Penggantian dan Kesadahan Air

Pada umumnya, nilai kesadahan air itu sesuai dengan kondisinya yaitu maksimal 8dH. Sepotong kayu apung bisa membuat kesadahan air melunak. Sebaiknya, Anda bisa mengganti air setiap minggu walaupun hanya 50 persen. Ikan jenis ini sangat peka dengan kadar amonia sehingga sangat butuh dalam mengganti air.

  1.  Berikan Kayu Apung

Ikan ini akan merasa dalam rumah sendiri jika terdapat tanaman batang seperti kayu apung. Ikan yang berasal dari perairan amazon memiliki bentuk sangat indah, jika akuarium terdapat kayu apung akan lebih memperindah, melembutkan air serta mampu menurunkan kadar pH.

  1. Beri Makanan Teratur dan Perhatikan Jumlah Ikan

Dalam budidaya ikan discus sebaiknya Anda beri makanan sehari tiga kali. Makanan yang baik untuk ikan ini yaitu cacing beku serta berger. Makanan harus habis tidak tersisa karena sisa makanan bisa membuat akuarium kotor. Ikan discus merupakan jenis ikan yang mengelompok, sehingga harus ada beberapa ikan sejenisnya. 

Budidaya Ikan Discus di Kolam Terpal

Harga bibit ikan discus sesuai dengan besaran ikannya, kalau anakan sebesar 1inch harga sekitar 30 ribuan. Budidaya ikan discus di kolam terpal perlu mempertimbangkan luas maupun kedalaman tanah. 

  1. Menentukan Luas Kolam

Luas kolam yang tepat sekitar 100 cm x 50 cm x 30 cm. Jadi Anda membuat kolam dengan dasaran tanah dan pinggirannya terpal. Hal tersebut bisa meminimalisir terjadinya kebocoran. Sehingga kolam bisa awet saat budidaya.

  1. Saluran Air yang Baik

Selanjutnya, dalam budidaya ikan disc saluran airnya harus baik. Tujuannya agar air selalu jernih. Sebaiknya saluran air sebaiknya dengan pipa ukuran 10inch. Kemudian, proses pengisian air, menebar indukan ikan, pemeliharan indukan, pemijahan, hingga telur menetas. Selanjutnya proses pembesaran benih, ikan discus akan memilih pasangannya sendiri setelah umur.

Demikianlah ulasan bisnis budidaya ikan discus yang bisa Anda coba. Jangan lupa untuk persiapan breeding ikan discus dengan cara memasukkan indukan jantan dan betina dalam akuarium. Setelah indukan Anda gabungkan nanti akan memilih sendiri masing-masing indukan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.