budidaya ikan channa

Budidaya Ikan Channa : Cara Merawat Ikan Channa Bagi Pemula

kontenjempolan.id – Ikan Channa merupakan salah satu jenis ikan hias yang biasa dipelihara dalam akuarium. saat ini, memelihara ikan menjadi salah satu hobi yang mengasyikkan. Sebelum, Anda lakukan prospek budidaya ikan channa,  terlebih dahulu harus memahami bahwa jenis ikan Channa termasuk dalam kelompok ikan gabus. 

Ikan Channa termasuk ikan predator yang biasa hidup di air tawar maupun rawa-rawa. ikan ini sering banyak Anda temukan di wilayah Jawa, Sumatra, Kalimantan. Makanan ikan Channa biasanya cacing dan ikan-ikan kecil. Ciri-ciri fisik ikan ini memiliki mulut panjang dan besar, panjangnya antara 10 sampai dengan 90cm dengan berat bisa lebih dari 10kg.

Namun, hal lain yang membedakan ikan channa dengan ikan gabus yaitu coraknya warna-warni. Sisik dan siripnya memiliki keindahan tersendiri. Ikan ini memiliki organ labirin sehingga bisa hidup walaupun dengan air beroksigen rendah. Jika Anda ingin memelihara ikan Channa, jangan lupa untuk melengkapi penutup akuarium karena ikan ini bisa lompat. 

 

Cara Merawat Ikan Channa Bagi Pemula

Bagi Anda yang ingin merawat ikan Channa, Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum budidaya ikan Channa. Namun, jangan khawatir karena ikan hias ini termasuk dalam perawatan yang simpel selain itu Anda juga harus telaten. Berikut ini beberapa cara merawat ikan Channa : 

1. Beri pakan yang berkualitas 

Pakan ikan Channa sendiri terdiri dari pakan hewan hidup maupun pakan praktis seperti maggot kering yang bisa Anda temukan di online shop.  Sedangkan, untuk pakan hidupnya bisa cacing, jangkrik atau udang. Jika Anda memberikan pakan hidup pada ikan channa jangan lupa untuk dibersihkan. Seperti, mencuci cacing, melepas cangkang udang.

3. Kuras Air Secara Rutin

Proses perawatan selanjutnya dalam budidaya ikan channa yaitu menguras air dengan rutin. Agar kotoran ikan bisa terserap sebaiknya pakailah pasir malang dalam akuarium. Jika Anda tidak memakai pasir malang maka amoniak pasti banyak. Maka dari itu, fungsi dari pasir malang untuk menyerap amoniak.

Saat menguras air dalam akuarium, jangan dikuras hingga habis karena bisa membuat ikan tidak kaget pada suhu air  yang baru dan tidak membuat ikan stress. Ganti air sepertiga saja dari tinggi air. Jangan lupa untuk bersihkan akuarium secara rutin agar tetap bersih. Kalau perlu bisa buat akuarium seperti aquascape.

3. Perhatikan Tingkat Stress pada Ikan

Budidaya ikan channa juga perlu memperhatikan tingkat stres pada ikan. Salah satu hal yang bisa membuat ikan menjadi stres yaitu terdapat ikan lain dan lingkungan yang kurang mendukung. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar ikan channa tidak mengalami stress :

  • Jangan langsung masukkan ke wadah saat ikan masih di bungkus plastik. Tunggu selama 15menit agar bisa menyesuaikan air dan lingkungan
  • Gunakan aksesoris dalam akuarium secukupnya saja seperti pasir malang atau kayu kering
  • Jangan pakai pompa air, karena ikan channa tidak menyukai air mengalir. 
  • Gunakan tempat yang besarnya 2 atau 3 kali dari ukuran tubuhnya. Dan pastikan air sudah mengendap.

4. Bisa Gunakan Heater

Heater atau biasa disebut dengan pengatur suhu dalam akuarium itu bisa Anda pakai saat keadaan ikan menurun seperti ikan kurang aktif. Selain itu, heater juga Anda butuhkan saat tejadi perubahan cuaca dari dingin menjadi panas. Namun, heater tidak diperlukan bila ikan tidak mengalami stress.

Demikianlah, pemaparan mengenai cara melawat ikan channa bagi pemula. Sebelum, Anda budidaya ikan channa jangan lupa untuk memperhatikan hal di atas. Karena, seperti yang kita ketahui jika Anda bisa memelihara ikan channa dengan baik dan berhasil. Harga saat anda menjual ikan channa termahal bisa mencapai hingga 50juta rupiah tergantung jenis ikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.