budidaya ikan cetol

Budidaya Ikan Cetol : Ikan Kecil yang kaya manfaat

kontenjempolan.id – Ikan cetol memiliki ukuran tubuh yang kecil dan berwarna coklat. Jenis ikan ini, biasa Anda temukan pada lingkungan yang kurang higienis seperti di selokan atau sungai. Walaupun tubuh ikan ini kecil, namun bisa bertahan hidup dimana saja entah itu di lingkungan kotor maupun bersih. Ada juga orang budidaya ikan cetol untuk pakan ikan lainnya seperti ikan lele.

Selain untuk pakan hewan, ikan cetol juga bisa dikonsumsi oleh manusia karena memiliki kandungan gizi yang baik. Biasanya, ikan ini menjadi olahan bahan makanan seperti peyek, memiliki rasa yang lezat dan gurih. Nama lain ikan cetol yaitu Poecilia reticulate. 

Cara Budidaya Ikan Cetol

Dalam budidaya ikan cetol, pada umumnya tidak membutuhkan modal besar. Anda juga tidak membutuhkan banyak tenaga. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda ingin mengembangbiakkan ikan jenis ini dengan cara mudah dan murah. 

  1. Sediakan Tempat yang Memadai

Untuk budidaya ikan satu ini, anda tidak perlu menyediakan tempat yang besar. Cukup dengan ruangan sekitar 5meter, Anda bisa membudidaya dengan baik. Biasanya, pembudidaya sering menggunakan akuarium dengan ukuran menyesuaikan sendiri. Semakin banyak akuarium maka akan banyak pula indukan yang bisa Anda pijahkan.

  1. Siapkan Indukan yang Baik

Ada beberapa kriteria yang bisa Anda lihat saat memilih indukan yang baik, Anda bisa cek dari kelincahannya, bentuk tubuh dan pilih perutnya yang besar. Anda bisa mendapat indukan, jika di wilayah perkotaan bisa dilihat pada selokan-selokan dan ambil pakai jaring, jika Anda merasa jijik bisa cari ikan cetol sawah di pedesaan saja yang airnya masih mengaliri sawah petani.

  1. Pemberian Pakan Ikan

Setelah Anda menemukan indukan yang baik, lalu masukan indukan tersebut ke akuarium dengan isi air secukupnya. Kelebihan saat menggunakan akuarium yaitu Anda lebih mudah mengontrol anakan serta indukan ikan secara langsung. Ikan ini termasuk hewan ovovivipar. Anakan akan keluar saat sudah menetas.

Lalu, ikan cetol makan apa ? bagi pemula, Anda bisa menggunakan pakan ikan yang bisa Anda temukan di toko-toko ikan hias. Seperti pellet yang ukuran kecil saja dan siapkan cacing sutra. Berilah pakan setiap 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari.  Berikan setengah sendok  teh cacing sutra dan pellet.

  1. Proses Pemanenan

Dalam budidaya ikan cetol, ikan ini siap dipanen saat berusia 4-5 minggu. Tentu saja yang kita panen ikan yang dewasa saja. Cara memanen ikan cetol cukup dengan menjaringnya. Anda bisa menjualnya, dengan harga ikan cetol per kilo sekitar 110ribu rupiah, selain itu, bisa juga Anda konsumsi menjadi ikan cetol goreng.   

Cara Ternak Ikan Cere di Ember

Nah, jika Anda asing dengan ikan cere, ikan ini sama halnya dengan ikan cetol.  Jenis ikan cere ini meliputi cere laut dan cere sawah. Setelah pembahasan mengenai budidaya ikan cere di akuarium selanjutnya kami bahas ternak di ember.

Karena, pada umumnya wadah tersebut memiliki masing-masing fungsi tersendiri, wadah yang perlu Anda siapkan akuarium, ember plastik, aerator, tanaman air. Berfungsi untuk memisahkan indukan, sebagai pemijahan, penetasan dan pendederan. Tiap wadah memiliki tinggi minimal 30cm.

Demikianlah ulasan mengenai budidaya ikan cetol dengan mudah dan tidak membutuhkan banyak modal. Perhatikan, agar tidak memasukkan jenis ikan lain bersamaan dengan ikan cetol, karena bisa membuat ikan cetol stres. Berilah pakan secara teratur agar cepat besar dan bisa dikonsumsi menjadi makanan bergizi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.