budidaya ikan cakalang

5 Kiat Sukses Budidaya Ikan Cakalang Di Keramba Apung

Ada banyak beragam jenis ikan yang bisa menjadi ladang bisnis. Salah satunya yang paling berpeluang luas mendatangkan pundi-pundi keuntungan adalah dari hasil budidaya ikan cakalang

 

Pengertian ikan cakalang (Kabsuwonus pelamis) sendiri adalah ikan yang memiliki bentuk tubuh yang panjang dan agak membulat. Ikan yang ternyata tidak bersisik ini bisa memiliki panjang mulai 50 cm sampai 1 meter.

 

Selain lezat sebagai santapaan lauk makan, ikan cakalang yang termasuk keluarga ikan tuna ini memiliki banyak kandungan gizi yang sangat manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. 

 

Karena itu, tidak heran ikan cakalang banyak kita temui di berbagai industri pengelola makanan. Hal ini pula yang menjadikan bisnis budidaya ikan cakalang cepat berkembang pesat dan sukses membuahkan hasil.

 

Nah, lalu bagaimana cara membudidayakan ikan cakalang agar cepat berkembang dan sukses terkhusus bagi pemula yang ingin memulai usaha? Berikut adalah informasi lengkapnya untuk Anda.

Kiat Sukses Budidaya Ikan Cakalang Di Keramba Apung Untuk Pemula

Laut lepas yang merupakan habitat ikan cakalang  bisa kita gantikan dengan media kolam keramba apung. Adanya cara ini akan memudahkan para pengusaha ikan cakalang untuk membudidayakan ikan cakalang. 

Lalu apa sajakah lagi yang perlu kita persiapkan agar sukses dalam budidaya ikan cakalang? Berikut kita simak bersama kiat-kiat sukses budidaya ikan cakalang.

Pembuatan Keramba Apung Sebagai Media Budidaya Ikan Cakalang

Ikan cakalang yang berasal dari laut  bisa kita budidayakan dengan menggunakan keramba apung dengan masih menggunakan air laut sebagai media ikan cakalang bertahan hidup.  

Untuk pembuatan kolam apung sendiri memang lebih rumit karena butuh perhitungan yang tepat agar ikan cakalang bisa berkembang biak dengan baik. 

Karena faktor itulah hitungan modal yang akan kita keluarkan terbilang mahal. Meskipun begitu, hasil yang akan kita peroleh bisa berlipat-lipat.

Ketimbang dengaan kolam bahan terpal atau kolam tanah, pembuatan kolam keramba apung dengan jaring untuk budidaya ikan cakalang ini lebih efektif dan lebih menguntungkan .

Pembersihan Kolam Apung Sebagai Tahap Persiapan Pembenihan

Sebelum penebaran bibit, kolam keramba apung perlu kita lakukan pembersihan terlebih dahulu. Berbeda halnya dengan proses budidaya ikan tawar pada kolam yang melakukan pemupukan sebelum penebaran bibit ikan.

Tujuan pembersihan kolam ini yakni untuk memastikan tidak adanya kotoran pada jaring baik pada permukaan maupun dasar kolam apung. Jika sudah begitu, maka bibit ikan selanjutnya bisa ditebar.

Pemilihan Benih Berkualitas Untuk Hasil Ikan Terbaik

Kualitas ikan yang ingin kita peroleh peroleh dapat kita usahakan dengan cara memilih bibit yang terbaik. Kita bisa memperoleh benih ikan cakalang baik dengan membuat sendiri secara alami dari laut atau bisa dengan mendapatkannya dari penjual benih. 

Pemberian Pakan Berkuaalitas Untuk Jaga Tumbuh Kembang Ikan

Kualitas pakan ikan cakalang akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang si ikan. Oleh karena itu, perlu untuk kita memilih pakan ikan cakalang yang terbaik dan berkualitas. Perhatikan juga waktu pemberian pakan pada ikan secara teratur. 

Pakan terbaik untuk ikan cakalang adalah pakan yang mengandung lemak tinggi. Contohnya ikan sarden, ikan teri dan lainnya.

Pemanenan  Ikan Cakalang 

Proses pemanenan merupakan rangkaian dari budidaya ikan cakalang yang penting diperhatikaan terlebih waktu untuk melakukan panen.

Panen ikan cakalang dapat dilakukan secara selektif maupun total dengan melihat kondisi persebaran ukuran dan besar kolam apakah sudah merata atau tidak.

Nah, demikian tadi informasi terkait 5 kiat sukses budidaya ikan cakalang yang kami rekomendasikan bagi para pengusaha pemula.  Jurnal ikan cakalang bisa Anda dapatkan di sini sebagai tambahan referensi. Semogaa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.