budidaya ikan bawal

Inilah Panduan Lengkap Budidaya Ikan Bawal yang Bisa di Praktekkan

Nampaknya, pebisnis Indonesia semakin banyak tertarik ternak ikan bawal. Faktor utamanya yaitu tingginya permintaan konsumen dengan jenis ikan tawar satu ini. Budidaya ikan bawal bisa anda mulai dengan modal yang tidak banyak. Di samping itu, Ikan bawal pada umumnya semua usia menyukai jenis ikan ini karena memiliki citra rasa yang lezat serta banyak kandungan nutrisi.

Anda bisa melihat pada budidaya ikan bawal pdf untuk mendapat info panduan lengkap saat budidaya ikan satu ini. Dalam pembahasan jurnal tersebut menjelaskan mengenai pembenihan dan pembesaran ikan tawar Colossoma macropamum yang berada di Bogor Jawa Barat.

Cara Budidaya Ikan Bawal Untuk pemula

Berikut ini, akan kami jelaskan mengenai panduan lengkap budidaya ikan bawal yang bisa anda coba khususnya bagi pemula. Sementara itu, hanya membutuhkan modal kisaran 2juta saja. Modal tersebut sudah termasuk biaya pembuatan kolam, akuisisi, pembelian benih maupun alatnya.

  • Memilih Indukan ikan bawal yang tepat

Langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum memulai budidaya ikan bawal yaitu memilih indukan ikan mau yang jantan atau betina. Selain itu, Ciri dari ikan bawal jantan biasa memiliki tubuh langsing, kulit yang tampak kemerahan, kulitnya lebih kasar dan perut terisi. Biasanya sekitar umur 3tahun dengan berat minimal 2kg. Selanjutnya untuk ikan bawal betina, tubuhnya lebih pendek dan lebar lalu warna kulitnya lebih gelap.

  • Pembuatan Kolam

Apapun jenis ikannya, anda tentu membutuhkan kolam untuk tempat hidup ikan-ikan tersebut.  Budidaya ikan bawal di kolam tanah ini bisa menggunkaan kolam dengan tanah yang sudah kering, selanjutnya penambahan volume air bisa anda lakukan setelah 3 hari dengan kedalam kolam antara 60 cm sampai dengan 120 cm bisa menyesuikan banyaknya ikan yang diternak.

  • Memilih dan Penebaran Bibit yang Berkualitas

Untuk menunjang pertumbuhan ikan, anda perlu memilih bibit yang berkualitas. Ciri-ciri bibit yang baik berukuran sekitar 5 sampai 8 cm, tidak memiliki cacat fisik sedikitpun. Pindahkan ikan bawal ke dalam kolam masih terbungkus plastik selama 2-3hari bertujuan agar tidak mengalami stres. Jika, bungkusan plastik mulai mengembun maka anda baru bisa melepas benih ikan tersebut.

  • Pengolahan dan Pemberian Pakan

Saat budidaya dalam memberikan pakan pada ikan ini tidak sembarangan, berikan pakan yang kaya protein, bisa dengan memberikan pelet dengan bobot 3 sampai 5% setiap harinya. Pemberian pakan pelet bisa anda lakukan sehari 3 kali dengan menyebar ke seluruh kolam. Jangan memberi vitamin yang bersamaan dengan pakan pelet.

Budidaya Ikan Bawal di Kolom Terpal

Budidaya ikan ini  bisa menggunakan kolam dari terpal. Cara ini lebih mudah daripada budidaya dalam kolam tanah. Lahan yang anda butuhkan juga tidak terlalu luas sehingga biayanya relatif lebih murah. Saat menyiapkan kolam terpal sebelumnya harus di isi air kedalaman sekitar 50 cm lalu biarkan terlebih dahulu selama 2 hari. Setelah 2 hari selesai, air kolam diganti lagi dan biarkan selama seminggu.

Budidaya Ikan Bawal di Ember

Ada juga nih, cara budidaya dengan box ember plastik juga bisa anda gunakan tanpa harus memiliki kolam yang luas. Jenis budidaya di ember ini bisa anda tempatkan pada ruangan. Cukup dengan sirkulasi air dan udara maupun ruangan yang tetap stabil. Benih ikan bawal bisa tumbuh menjadi anakan.

Demikianlah ulasan mengenai budidaya ikan bawal yang bisa anda praktekkan sesuai dengan beberapa media baik itu dari media kolam tanah, kolam terpal maupun di ember sekalipun pembudidayaan bisa dilakukan. Citra rasa ikan bawal yang mirip dengan ikan gurami ini menjadi primadona masakan di restoran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.