harga ikan bandeng

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Budidaya Ikan Bandeng

kontenjempolan.id – Siapa yang tidak kenal dengan ikan bandeng. Jenis ikan yang banyak dijadikan sebagai objek budidaya yang termasuk satu di antara komoditas handal dalam sektor perikanan. Budidaya ikan bandeng menjadi salah satu usaha yang sangat potensial. Anda pun patut untuk mencobanya. 

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Melakukan Budidaya Ikan Bandeng

Sebelum melakukan budidaya, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Perdalam pengetahuan tentang ikan bandeng, bisa melalui makalah budidaya ikan bandeng atau pun semacamnya. Di antara hal yang harus diperhatikan yakni sebagai berikut!

  1. Media Budidaya

Pertama-tama, perhatikan peralatan budidaya ikan bandeng , mencakup media yang akan digunakan. Seperti yang diketahui bersama, ikan bandeng berhabitat air laut serta air payau. Jadi, media yang bisa digunakan salah satunya yaitu kolam tambak.

Dalam budidaya ikan banndeng jurnal, banyak dijelaskan bahwa kolam tambak akan lebih mudah dirawat dibandingkan dengan kolam lainnya. Untuk melakukan budidaya ikan ini, Anda hendaknya mempersiapkan pembangunan kolam tambak. Selain membangun, Anda juga bisa menyewanya. 

  1. Mengetahui Bibit Ikan Bandeng Berkualitas

Selanjutnya, hal penting lainnya yakni harus tahu jenis bibit ikan bandeng yang berkualitas. Poin yang satu ini merupakan satu di antara langkah penting yang harus dilakukan seorang budidayawan. 

Bibit ikan bandeng dikenal dengan istilah nener. Kualitas nener yang bagus akan dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Untuk pembelian pertama, Anda bisa membeli sesuai kebutuhan. Umumnya, per-ekor nener dibanderol dengan harga 100 rupiah saja. 

  1. Memperhatikan Biaya Perawatan

Jangan lupa untuk memperhatikan biaya perawatan. Dalam hal ini, perawatan bukan hanya mencakup merawat ikan saja, melainkan alat dan bahan budidaya ikan bandeng yang dibutuhkan. Misalnya, air, listrik, vitamin/ suplemen khusus ikan dan sebagainya.

Perhitungan yang tepat akan membuat Anda lebih teliti dalam mempersiapkannya. Selanjutnya, budidaya yang dilakukan pun akan lebih maksimal. Berikutnya, keuntungan budidaya ikan bandeng pun bisa Anda raih. 

  1. Pemberian Pakan yang Tepat

Berikutnya, perhatikan pula pakan yang tepat untuk ikan bandeng. Pakan berkualitas akan menjadi salah satu cara budidaya ikan ini agar cepat besar. Maka dari itu, pakan hendaknya diperhatikan dengan sebaik mungkin.

Pemberian pakan yang tepat akan menjadi salah satu penentu berhasil tidaknya budidaya ikan bandeng. Anda bisa membeli palet khsuus ikan bandeng. Palet ini bisa Anda dapatkan di toko khusus. Selain itu, berikan pakan tambahan yang bisa membantu perkembangan ikan bandeng. 

  1. Mengetahui Periode Masa Panen

Jangan lupa untuk mengetahui periode masa panen. Periode umumnya yakni sekitar 6 bulan dari penyebaran bibit. Besar-kecilnya ikan bandeng bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Umumnya, permintaan pasar yakni 3 hingga 4 ekor dalam sekilo. Sebaliknya jika pasar mengingingkan yang lebih besar, maka prosesnya pun akan lebih lama. 

  1. Menghitunga Biaya Keseluruhan

Hal penting lainnya dalam melakukan budidaya ikan ini yakni menghitung estimasi biaya secara menyeluruh. Hal demikian termasuk biaya pembuatan kolam, gaji karyawan, pakan, hingga hal-hal kecil lainnya yang dibutuhkan dalam budidaya.

Nah, itulah beberapa hal penting yang hendaknya Anda perhatikan sebelum melakukan budidaya ikan bandeng. Berikutnya, Anda pun bisa mempersiapkannya dengan baik dan diharapkan budidaya memberikan keuntungan sesuai ekspektasi. Konsultasikan dengan ahli dan lakukan sesuai dengan petunjuk yang Anda pahami. Selamat mencoba! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.