Budidaya Ikan Arwana yang Bisa Menghasilkan Cuan Hingga Miliaran

budidaya ikan arwana

Kita semua tahu bahwa ikan hias termahal di dunia adalah ikan arwana. Melihat potensi bisnis ini, kenapa kalian tidak mencoba budidaya ikan arwana di rumah? Jika berhasil, kalian akan mendapat keuntungan besar. Apalagi kalau kalian adalah pecinta ikan hias, pasti ini akan sangat menyenangkan.

Cara Budidaya Ikan Arwana dengan Benar

  • Persiapan Media

Pertama, kalian harus siapkan dulu medianya. Jika cara ternak ikan arwana di kolam beton terlalu rumit, kalian bisa memakai media yang lebih sederhana. Misalnya adalah akuarium.

Selain itu, kalian juga perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan budidaya. Beberapa peralatan yang kalian perlukan antara lain lampu penerang, alat pengukur suhu, filter air, aerator, dan heater. Intinya, peralatan yang kalian perlukan tergantung media yang akan kalian gunakan.

  • Memilih Ikan Arwana

Ada banyak jenis ikan arwana. Kita semua pasti tahu bahwa jenis yang paling terkenal dan banyak disukai adalah super red. Jadi, kalian bisa mencoba budidaya ikan arwana super red.

Dalam budidaya ikan ini, kalian harus tahu jenis ikan arwana yang kalian ingin pelihara. Selain super red, masih ada banyak jenis ikan arwana lain. Beberapa diantaranya adalah cros black golden, red tail golden, dll. Arwana super red harganya paling mahal, bahkan mencapai 6 jutaan per ekor.

  • Mempersiapkan Indukan

Selain menyiapkan tempat budidaya , kalian juga harus menyiapkan indukannya. Pastikan indukan ikan arwana berusia minimal 5 tahun dan tidak cacat. Penting juga untuk bisa membedakan indukan jantan dan betina agar tidak salah pilih.

  • Waktu Perkembangbiakan

Indukan yang cocok akan mulai berenang bersama di akuarium. Pasangan indukan tersebut juga keluar dari gerombolan lainnya. Agar budidaya ikan arwana berjalan lancar, pisahkan pasangan indukan ke akuarium khusus agar segera berkembangbiak.

  • Pembenihan

Dalam artikel cara membudidayakan ikan arwana brainly ini, kami juga menyajikan cara pembenihan yang benar. Setelah indukan menghasilkan benih, perlakukan anakan dengan baik. Selain memberinya makan cacing pita, jangan lupa untuk memisahkannya dari induk setelah berukuran 12 cm.

  • Pemeliharaan Benih

Kalian bisa menemukan makalah budidaya ikan ini di internet dengan mudah, termasuk yang membahas tahap pemeliharaan benih dari ikan arwana. Di sini, kalian harus memisahkan benih. Setelah itu, jemur di bawah sinar matahari di pagi hari. Pemeliharaan ini berlanjut hingga ikan arwana mencapai ukuran 24-25 cm.

  • Panen Ikan Arwana

Setelah melakukan tahapan demi tahapan budidaya di atas, sekarang saatnya menikmati hasil. Kalian bisa memanen ikan arwana di usia 5-6 bulanan. Dengan perawatan yang benar, hasil anakan ikan arwana pun akan berkualitas dan bernilai tinggi. Itulah informasi budidaya ikan arwana pdf.

Harga Ikan Arwana

Dalam pemasaran ikan arwana, kalian harus tahu pasaran harga untuk tiap-tiap jenisnya. Karena jenis ikan arwana sangat beragam, harganya juga berbeda-beda. Umumnya, Arwana Red Tail Golden memiliki harga hingga 4,5 jutaan. Untuk Arwana Black Golden, kalian bisa menjualnya dengan harga mencapai 18 jutaan. Bagaimana dengan Super Red?

Ikan arwana paling banyak peminatnya ini bisa mencapai harga 48 jutaan. Bahkan, ada yang harganya mencapai miliaran, yaitu Arwana Platinum. Kalian bisa memasarkan ikan arwana baik secara online atau offline. Tentu saja, pecinta ikan hias akan menghargainya sangat mahal. Ternyata, budidaya ikan arwana sangat menguntungkan, bukan?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.