bisnis model canvas

Elemen Penting dalam Menjalankan Bisnis Model Canvas

kontenjempolan.id – Setiap pebisnis pasti menginginkan kesuksesan untuk usahanya. karena, dalam bisnis memerlukan manajemen, strategi atau sistem yang berguna untuk mempermudah orang-orang agar bisa bekerja secara efektif dan mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Untuk itu salah satu yang bisa Anda terapkan yaitu bisnis model canvas.

Elemen Penting yang Ada dalam Bisnis Model Canvas

Konsep dari bisnis tersebut mengandalkan gambar maupun ide sehingga setiap orang bisa memahami secara riil pada tipe konsumen, jumlah pengeluaran biaya maupun cara kerja pada perusahaan tersebut. Bisnis ini membentuk tools dalam sebuah strategi untuk mengetahui konsep, keuangan, infrastruktru perusahaan maupun konsumen. Lalu, apa saja elemen penting dalam bisnis agar bisa berjalan dengan lancar

  • Value Proposition

Dalam value proposition ini merupakan nilai jual dari produk sehingga konsumen lebih tertarik dengan produk Anda daripada kompetitor. Value proposition sangat krusial karena untuk mengetahui bisnis Anda menjual apa dan bisa menjadi solusi konsumen.

  • Customer Segments

Elemen selanjutnya yang harus Anda miliki yaitu segmentasi konsumen. Caranya, dengan menentukan pelanggan mana yang nantinya akan menjadi target pasar. Pada block ini, Anda harus menjawab mengenai pelanggan Anda.

  • Channels

Yang dimaksud dari channels di sini yaitu sarana atau media apa saja yang bisa digunakan untuk  menyampaikan produk maupun jasa kepada konsumen. Coba fikirkan channels yang paling baik untuk Anda gunakan. 

  • Revenue Streams

Revenue streams merupakan bagian untuk menghasilkan pendapatan dari konsumen. Untuk itu, harus bisa mengelola revenue streams semaksimal mungkin agar pendapatan bisnis bisa meningkat.

  • Key Resource

Elemen berikutnya yaitu key resource, maksud dari elemen ini yaitu daftar sumber daya yang seharusnya dimiliki dan direncanakan oleh perusahaan agar value proposition bisa terwujud. Sumber daya di sini mulai dari bahan baku, sumber daya manusia maupun kontrol stok barang.

  • Customer Relationship

Pada customer relationship bertujuan agar perusahaan bisa menjalin ikatan dengan pelanggan secara baik. Karena, pada dasarnya karakteristik masing-masing pelanggan berbeda. Sehingga, bagaimana Anda bisa mengambil hati pelanggan dan mampu mempertahankan pelanggan yang loyal.

Demikianlah ulasan mengenai bisnis model canvas yang penerapannya bisa untuk semua jenis startup tanpa terbatas sektor usaha. Hal ini bertujuan agar bisa menjelaskan maupun menilai sehingga kinerja yang dihasilkan akan lebih maksimal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.