Ayo Bereksplorasi Halaman 151 Penyajian Relasi Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka
kontenjempolan.id-Ayo Bereksplorasi Halaman 151 Penyajian Relasi Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.
Hallo Adik-adik, kontenjempolan.id kali ini akan membahas materi Matematika SMP Kelas 8 halaman 151. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 4 Relasi dan Fungsi.
Relasi dan Fungsi
Penyajian Relasi
Ayo Bereksplorasi
Hasil pengumpulan informasi mata pelajaran favorit oleh lima siswa kelas VIII dapat disajikan pada Tabel 4.1 berikut.
Tabel 4.1 Mata Pelajaran Favorit Siswa Kelas VIII
Silakan diskusikan untuk mempresentasikan temuan data topik yang diinginkan dalam tiga cara yang berbeda, yaitu: (1) diagram panah, (2) himpunan pasangan berurutan, dan (3) pemaparan koordinat.
Pembahasan
Informasi data pada Tabel 4.1 di halaman sebelumnya, dapat disajikan dengan tiga cara, yaitu cara diagram panah, cara diagram Cartesius, atau cara himpunan pasangan berurutan. Berikan perhatian khusus pada deskripsi berikut untuk memahami informasi data tersebut.
Misalkan himpunan A = {Aisyah, Burhan, Cintia, Durahman, Eiman}, himpunan B = {Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Kesenian, Keterampilan, Olahraga}, dan “mata pelajaran favorit” adalah relasi antara himpunan A dan B.
Cara Pertama: Diagram Panah
Pada Gambar 4.5 menunjukkan adanya relasi “mata pelajaran favorit” dari himpunan A ke himpunan B. Anak panah mewakili anggota himpunan A yang terkait dengan anggota himpunan B.
Gambar 4.5 mata pelajaran favorit
Cara Kedua: Pemaparan Koordinat
Pemaparan Koordinat adalah pendekatan kedua untuk menggambarkan hubungan antara himpunan A dan B. Anggota himpunan A berada pada sumbu horizontal, sedangkan anggota himpunan B berada pada sumbu vertikal. Noktah atau titik melambangkan setiap pasangan anggota himpunan A yang terhubung dengan anggota himpunan B. Pada Gambar 4.5 menunjukkan pemaparan koordinat dari relasi “mata pelajaran favorit” berdasarkan data pada Tabel 4.1.
Gambar 4.6 Pemaparan Koordinat Favorit
Cara Ketiga: Himpunan Pasangan Berurutan
Jika data pada Tabel 4.1 di atas disajikan dengan cara pasangan berurutan, maka data tersebut dapat ditulis seperti uraian berikut.
Berikut ini penulisan dengan cara Himpunan Pasangan Berurutan dari himpunan A ke himpunan B.
{(Aisyah, Matematika), (Aisyah, IPA), (Burhan, IPA), (Burhan, IPS),
(Burhan, Kesenian), (Cintia, Keterampilan), (Cintia, Olahraga),
(Durahman, Bahasa Inggris), (Durahman, Kesenian), (Eiman,
Matematika), (Eiman, IPA), (Eiman, Keterampilan)}
Penyajian pada uraian tersebut di atas mengilustrasikan bahwa ada tiga macam cara yang dapat digunakan untuk merepresentasikan hubungan antara himpunan A dan B.
Contoh 4.4
Apabila diketahui suatu himpunan A = {2, 3, 5}; himpunan B ={1, 4, 5, 6}; dan relasi dari A ke B adalah “kurang dari”, maka coba diskusikan bentuk relasi dari kedua himpunan tersebut:
1. sajikan dengan cara diagram panah, lalu tentukan: domain, kodomain dan range;
2. sajikan dengan cara koordinat Cartesius;
3. sajikan dengan cara himpunan pasangan berurutan.
Alternatif penyelesaian
1. diagram panah
Domain = {2, 3, 5}
Kodomain = {1, 4, 5, 6}
Range = {4, 5, 6}
2. koordinat Cartesius
3. himpunan pasangan berurutan
Himpunan pasangan berurutan = {(2,4) ; (2,5) ; (2,6) ; (3,4) ; (3,5) ; (3,6) ; (5,6)}
Disclaimer:
Kunci Jawaban pada unggahan kontempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
Demikian pembahasan Matematika Kelas 8 Ayo Bereksplorasi halaman 149 Penyajian Relasi. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat mengakses melalui kontenjempolan.id.