apakah trading saham halal

Ketahui Apakah Trading Saham Halal atau Haram

Banyak orang yang bertanya-tanya Apakah trading saham halal atau haram. Memang saat ini trading saham menjadi favorit banyak orang. Namun bagi seorang muslim, mengetahui halal haram dari sebuah kegiatan menjadi hal yang sangat penting.

Apakah trading saham halal?

Bagi Anda yang masih merasa ragu untuk melakukan trading karena belum mengetahui halal atau haramnya kegiatan ini, di sini akan diulas tentang tanggapan MUI mengenai hukum trading saham.

Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki bukti kepemilikan nilai dari perusahaan serta bukti penyertaan modal. Sedangkan trading merupakan jual beli jangka pendek yang dilakukan oleh trader di pasar finansial.

Jadi, secara umum trading saham merupakan proses jual beli surat kepemilikan atas sebuah perusahaan dalam jangka waktu yang pendek. Para trader atau investor akan melakukan transaksi setiap hari untuk mendapatkan keuntungan dari perubahan harga saham.

Berdasarkan fatwa MUI, transaksi trading saham hukumnya diperbolehkan. Namun tidak semua saham memiliki hukum halal. Beberapa saham yang dihalalkan adalah untuk saham perusahaan dagang atau manufaktur. Setiap transaksi juga harus memiliki ketentuan yang benar dan memiliki jaminan serta aturan yang jelas.

Ketika akan melakukan trading saham, Anda harus memperhatikan 3 elemen berdasarkan dari fatwa MUI  yaitu transaksi saham, pengelolaan perusahaan, serta cara penerbitan saham.

Apabila ternyata ketiga elemen tersebut memiliki prinsip sesuai dengan ajaran Islam, maka trading saham dihukumi halal dan boleh dilakukan oleh para trader. Setiap trader muslim juga penting untuk menganalisis perusahaan yang akan dibeli sahamnya. Hindari membeli saham dari perusahaan yang bergerak di bidang haram berdasarkan Islam. Beberapa contoh perusahaan yang bergerak di bidang haram antara lain seperti judi online, minuman keras, dan yang sejenisnya.

Anda juga perlu memahami bahwa trading saham bisa dihukumi haram apabila ternyata hanya mengandalkan spekulasi seperti judi.

Jadi, kesimpulannya Apakah trading saham halal adalah pada transaksi yang dilakukan serta perusahaan yang mengeluarkan saham tersebut. Anda harus jeli dalam memilih perusahaan serta melakukan transaksi yang jelas agar trading yang dilakukan sesuai dengan syariat Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.