Apa yang dimaksud dengan transformasi digital?

Kontenjempolan.id-Apa yang dimaksud dengan transformasi digital? Pendidikan Informatika SMA kelas X Kurikulum Merdeka. Kali ini kakak akan menjelaskan tentang apa itu transformasi digital dan unsur unsur didalamnya. Semoga dapat menjadi reverensi belajar adik-adik semua.

Apa yang dimaksud dengan transformasi digital?

Jawaban:

Transformasi Digital

Transformasi digital adalah semua hal tentang membuka nilai dalam proses bisnis Anda dan melepaskannya kembali ke pelanggan, serta cukup gesit untuk menggunakan data dan analitik untuk menciptakan pengalaman baru yang inovatif. Perjalanan transformasi digital akan mengarahkan organisasi untuk menjadi berbasis analitik, dan penerapan teknologi AI yang tertanam akan menjadi kebiasaan.

Transformasi digital mengacu pada proses dan strategi menggunakan teknologi digital untuk mengubah praktik pekerjaan dan bahkan kehidupan sehari-hari menjadi “digital” yaitu lebih banyak memakai sistem komputer. Hal ini semakin mungkin karena masyarakatnya juga semakin “melek digital” (digital literate), perangkat keras semakin canggih dan justru menjadi murah serta berkinerja tinggi (powerful), perangkat lunak semakin mudah dioperasikan, dan teknologi juga memungkinkan sistem beroperasi lebih efisien dan memberikan nilai manfaat bagi kehidupan.

Unsur dalam Transfotmasi Digital

Transformasi digital bukan hanya tentang teknologi. Itu terjadi di persimpangan orang, bisnis dan teknologi, dan dipandu oleh strategi bisnis yang lebih luas. Sukses hadir ketika organisasi dapat secara efektif menggunakan data yang dibuat oleh atau melalui teknologi dengan cara yang memungkinkan perubahan bisnis terjadi secara dinamis. Transformasi digital dimungkinkan oleh penyatuan:

 Orang

Mempekerjakan orang berbakat hanyalah awal. Struktur dan budaya organisasi sama pentingnya dalam keberhasilan proyek transformasi.

1. Keterampilan

Perusahaan digital pertama mempekerjakan karyawan terbaik yang mereka mampu dan mengintegrasikan mereka ke berbagai bidang sehingga hasil dari satu bidang dapat dibagikan kepada orang lain. Produktivitas digital dan alat kolaborasi membantu karyawan membawa produk digital ke pasar dengan kecepatan dan kelincahan yang lebih besar.

2. Struktur Organisasi

Setelah perusahaan mengumpulkan beberapa kemenangan dengan praktik transformasi digital, mereka sering mengatur ulang untuk memecah silo departemen dan membentuk tim lintas fungsi yang didedikasikan untuk melayani pelanggan. Langkah selanjutnya adalah secara sengaja menciptakan struktur organisasi yang menumbuhkan tujuan, otonomi dan penguasaan.

3.  Budaya

Menumbuhkan budaya inovasi dan penyempurnaan terus menerus melalui pengambilan keputusan berdasarkan wawasan dari atas ke bawah adalah penting. Data dan teknologi hanya akan membawa perusahaan sejauh ini. Budaya dan kepemimpinan harus menjadi jantung perubahan. Dengan budaya organisasi yang benar, hampir semua hal dapat dicapai.

Bisnis

Pemimpin yang kuat yang menempatkan pengalaman digital dan pelanggan sebagai inti dari model bisnis mendorong upaya transformasi yang sukses. Para pemimpin ini harus memastikan strategi transformasi digital mereka mengatasi kesenjangan budaya – dan bahwa setiap orang memahami ke mana arah organisasi, dan alasannya. Strategi bisnis yang tepat dapat mendorong digitalisasi proses internal dan pengembangan model bisnis baru.

1.  Strategi dan pengalaman pelanggan

Pelanggan berada di pusat banyak proyek transformasi digital. Masuk akal, bukan? Karena meningkatkan pengalaman pelanggan adalah prioritas utama di sebagian besar organisasi. Upaya transformasi digital bergantung pada teknologi digital untuk mengubah wawasan pelanggan menjadi produk dan layanan yang berpusat pada pelanggan. Ini membantu organisasi untuk lebih melibatkan pelanggan – dan mendapatkan nilai lebih untuk bisnis.

2. Proses internal

Transformasi digital sering digunakan untuk meningkatkan ketangkasan dan efisiensi operasional. Ketika teknologi seperti AI dan analitik canggih digunakan untuk meningkatkan proses bisnis internal, transformasi menjadi mungkin. Automasi mempercepat proses sambil membebaskan pekerja untuk fokus pada tugas yang lebih strategis. Dan dashboard layanan mandiri memberi karyawan akses yang lebih baik ke wawasan, mempercepat, dan meningkatkan pengambilan keputusan di seluruh organisasi.

3. Model bisnis

Perusahaan yang gagal mengembangkan kepunahan risiko. Sebaliknya, mereka yang menyelaraskan komponen transformasi digital untuk menyesuaikan model bisnis mereka dapat menciptakan penawaran digital baru dan aliran pendapatan untuk berkembang bersama pasar. Ingat bagaimana Netflix dulu mengirim DVD? Dengan mendigitalkan model bisnisnya, Netflix telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan hiburan terbesar di dunia.

Teknologi

Teknologi lapisan perusahaan yang tercerahkan secara digital untuk menyenangkan pelanggan dan memenuhi kebutuhan bisnis. Memiliki platform yang fleksibel dan berkemampuan cloud yang mencakup teknologi dasar seperti manajemen data dan analitik memungkinkan bisnis untuk berkembang dan berkembang. Mengadopsi teknologi yang muncul memungkinkan mereka untuk membedakan dan mengganggu dengan produk dan layanan baru. Teknologi baru seperti AI dan IoT, serta teknologi dasar seperti manajemen data dan analitik.

1. Cloud

Cloud memberi organisasi akses lebih cepat ke data, perangkat lunak, dan kemampuan. Ini, pada gilirannya, membuat mereka cukup gesit untuk berubah. Cloud menawarkan perubahan mendasar dalam pengiriman dan konsumsi layanan, teknologi mengganggu yang dinikmati oleh siapa saja yang menggunakan asisten virtual seperti Alexa atau bisnis yang berkomunikasi di Slack.

2. Kecerdasan buatan

AI digunakan untuk mengotomatisasi proses, terutama proses tingkat rendah yang dilakukan secara konsisten pada kecepatan tinggi – seperti memeriksa microchip untuk melihat adanya cacat. Ini juga memungkinkan personalisasi pada skala. Pada gilirannya, pemasar dapat menawarkan layanan pintar seperti chatbots, yang menggunakan pemrosesan bahasa alami untuk memahami konteks dan melakukan fungsi mirip manusia.

3. Analitik tingkat lanjut

Analisis mengubah data menjadi wawasan. Dan wawasan adalah apa yang digunakan organisasi untuk berinovasi di dunia digital. Dengan analitik canggih, algoritme canggih dapat dijalin dengan mulus ke dalam operasi harian, meningkatkan kecepatan dan akurasi hampir semua proses. Platform analitik menyatukan semua upaya analitik, dari data hingga penemuan hingga penerapan.

4. Manajemen data

Melakukan bisnis di dunia digital berarti mengatasi semburan data terstruktur dan tidak terstruktur yang mengalir dari sumber yang tampaknya tak terbatas. Data mendorong teknologi yang memungkinkan transformasi digital. Agar berhasil, organisasi harus mahir dalam mengakses, menyiapkan, membersihkan, mengelola, dan mengatur data.

5. Kecerdasan pelanggan

Sentrisitas pelanggan praktis identik dengan transformasi digital. Ketika organisasi berjuang untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah, mereka semakin bergantung pada perangkat lunak dan alat intelijen pelanggan untuk memahami dan mensegmentasi pelanggan,langkah-langkah kunci dalam memberikan pengalaman pelanggan yang hebat.

6. IoT (Internet of Things)

Mampu menganalisis beragam data secara real time, ketika peristiwa terjadi, memberi IoT tempat di banyak proyek transformasi. Ini karena mengumpulkan data dari sensor dan perangkat yang terhubung hanya setengah dari gambar. Nilai sebenarnya dari IoT berasal dari kemampuan untuk menganalisis data streaming dan mengambil tindakan cepat – memfilter data yang relevan dari kebisingan. Produsen telah berhasil dalam menggunakan teknologi IOT untuk mengoptimalkan rantai pasokan

7. Analitik data besar

Data besar mempercepat kebutuhan transformasi – dan data besar yang dihasilkan dari digitalisasi memerlukan analitik data besar untuk membuka nilainya. Dengan menerapkan analitik dan AI tingkat lanjut ke data besar, organisasi dapat membuat keputusan yang lebih cepat dan berpikiran maju. Ini, pada gilirannya, memungkinkan bisnis untuk berkembang ketika bisnis baru yang didorong oleh data muncul.

 

Semoga Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.