Apa Itu Sains dan Jawaban Soal IPA SMP Kelas VII Bab I “Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah” Kurikulum Merdeka

Kontenjempolan.id-Apa itu sains dan Jawaban Soal IPA SMP Kelas VII Bab I “Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah” Kurikulum Merdeka. Semoga Bermanfaat.

Materi dan Jawaban Soal Tentang Ilmu Sains

Ilmu Sains

A. Cabang-Cabang Ilmu Sains

1. Sains adalah Biologi

BIOLOGI adalah ilmu tentang makhluk hidup. Ada banyak cabang cabang dalam Biologi. Misalnya, Zoologi adalah ilmu tentang binatang; Botani ilmu tentang tumbuhan; Entomologi ilmu tentang serangga; dan Mikrobiologi ilmu tentang makhluk hidup yang sangat kecil dan hanya bisa terlihat dengan bantuan mikroskop.

2. Sains adalah Fisika

FISIKA adalah ilmu tentang gejala dan fenomena alam dan sifat benda-benda di sekitar kita termasuk tentang perpindahan dan energi. Beberapa cabang ilmu Fisika, misalnya Mekanika adalah ilmu tentang gerak benda; Elektronika ilmu tentang arus listrik dan magnet; dan Optika Geometris tentang alat-alat optik.

3. Sains adalah Kimia

KIMIA adalah ilmu tentang berbagai hal mengenai materi, yaitu terbuat dari apa, sifat dan perubahan dalam suatu reaksi kimia. Cabang ilmu Kimia antara lain, Farmasi yaitu ilmu tentang obatobatan; Radiokimia tentang zat-zat radioaktif; Kimia Organik tentang bahan-bahan kimia yang ada pada makhluk hidup; serta Kimia Anorganik tentang bahan kimia dalam benda-benda.

4. Sains adalah Geologi

GEOLOGI adalah ilmu mengenai Bumi dan perubahannya. Beberapa cabang ilmu Geologi antara lain, Vulkanologi yaitu ilmu tentang gunung berapi; Seismologi yaitu ilmu tentang gempa bumi; serta Palentologi yaitu ilmu tentang fosil yang dapat membantu kita mengetahui umur suatu tempat dan kebudayaan zaman itu.

5. Sains adalah Astronomi

ASTRONOMI adalah ilmu tentang planet, bintang dan alam semesta. Semua benda langit dipelajari dalam astronomi termasuk Matahari dan terjadinya gerhana, komet, dan asteroid.

6. Sains adalah Ekologi

EKOLOGI adalah ilmu tentang interaksi atau hubungan timbal balik balik antara makhluk hidup dengan lingkungan di sekitarnya. Bidang ilmu ini membahas tentang berbagai masalah lingkungan, misalnya polusi udara, tanah, dan air, serta efek perubahan iklim dan kepunahan hewan tertentu.

B. Sains Ada Dimana-mana

Sains ada di dalam diri kita dan di sekitar kita. Sains digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan, seperti dokter dan perawat, arsitek, ahli komputer, pilot, insinyur, polisi, ahli pangan dan nutrisi, serta berbagai profesi lainnya. Orang yang khusus melakukan penelitian bagi pengembangan ilmu Sains disebut ilmuwan Sains.

Jadi apakah sebenarnya Sains itu? “Sains adalah ilmu pengetahuan sistematis tentang alam dan dunia fisik” (https://kbbi.web.id/sains, 23 September 2020). Untuk mengetahui berbagai hal inilah, maka para ilmuwan Sains melakukan percobaan atau eksperimen. Percobaan biasanya dilakukan di laboratorium IPA. Akan tetapi, ada juga ilmuwan yang melakukan percobaan di luar laboratorium, misalnya di hutan, di pantai, di sawah, di laut, di pabrik, di dalam kapal, di dalam pesawat, atau bahkan di luar angkasa.

Ilmuwan Sains ada di sekitar kita. Mereka sering melakukan penelitian untuk mengembangkan pengetahuan atau menciptakan sesuatu sebagai produk. Siapa yang tidak kenal Albert Einstein? Ilmuwan jenius dunia terkenal yang mendalami cabang Fisika mengenai teori relativitas. Melalui penelitiannya, ia telah menyumbangkan teori yang menjadi dasar perkembangan berbagai penemuan. Juga ada banyak ilmuwan lain yang telah mengembangkan ilmu Sains atau menemukan berbagai alat yang mempermudah hidup manusia dan lingkungan, seperti Thomas Edison, Wright bersaudara, Galileo Galilei, Charles Darwin dan masih banyak lagi.

Namun tahukah kalian bahwa Indonesia juga memiliki banyak ilmuwan, bahkan beberapa sangat terkenal di dunia Sains internasional? Pasti kalian tidak asing dengan Bapak B. J. Habibie, ilmuwan kita di bidang kedirgantaraan. Beliau juga adalah Presiden RI yang ketiga.

Uji Kemampuan Kalian

1. Ilmuwan berikut bekerja dalam bidang yang berbeda. Cobalah kalian identifikasi cabang ilmu yang dipelajari di bawah ini.

a. Yosua mempelajari kebiasaan makan sapi.

b. Dewi mencoba menciptakan plastik yang dapat terurai.

c. Bambang menyelidiki aliran listrik dalam televisi.

d. Bagas mempelajari pergerakan planet.

e. Debbi menyelidiki pengaruh sampah terhadap hewan-hewan di laut.

Jawab:

Cabang ilmu yang ditekuni:

a. Kebiasaan makan sapi: Biologi (Zoologi)

b. Menciptakan plastik yang dapat terurai: Kimia

c. Menyelidiki aliran listrik dalam televisi: Fisika (elektronika)

d. Mempelajari pergerakan planet: Astronomi

e. Menyelidiki pengaruh sampah terhadap hewan laut: Ekologi

2. Beberapa ilmuwan mempelajari lebih dari satu bidang Sains. Menurut kalian, apakah bidang-bidang ilmu yang dipelajari ahli berikut.

a. Biokimia

b. Geofisika

Jawab:

Bidang-bidang ilmu yang dipelajari pada:

a. Biokimia: Biologi dan Kimia

b. Geoisika: Geologi dan Fisika

3. Bagaimanakah ilmu Sains digunakan dalam pekerjaan berikut ini.

a. Dokter

b. Polisi

c. Arsitek

d. Ahli nutrisi

Jawab:

Penggunaan ilmu Sains dalam pekerjaan: (jawaban bisa bermacam-macam)

a. Dokter: menyelidiki bagian tubuh manusia

b. Polisi: menyelidiki TKP

c. Arsitek: memilih bahan untuk bangunan yang sesuai

d. Ahli nutrisi: menentukan komposisi dalam makanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *