Apa Itu Bunyi? Mengenal Bunyi dan Sumbernya Mata Pelajaran Seni Musik SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Kontenjempolan.id-Mengenal Bunyi dan Sumbernya Mata Pelajaran Seni Musik SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Kali ini kakak akan menjelaskan apa itu Bunyi, sumbernya dan beberapa jenis alat musik.  Semoga dapat menjadi reverensi belajar adik-adik semua.

Apa Itu Bunyi?

Bunyi adalah suatu bentuk getaran yang kemudian bisa menghasilkan suara- suara yang bisa didengar oleh alat pendengaran manusia. Bunyi merupakan bagian terpenting dari musik. Bunyi yang dipelajari dapat melatih kepekaan telinga untuk mendengarkan (listening) bukan hanya mendengar (hearing). Untuk mengembalikan sensifitasnya kembali, seseorang harus mau untuk belajar mendengarkan salah satunya dengan memahami berbagai bunyi yang ada di sekitar kita.

Menurut R. Murray Schafer (dalam A Sound Education : 1992) di era teknologi yang serba cepat banyak orang yang mengalami penurunan efektifitas pendengaran.Berdasarkan hal tersebut, kita dapat menjadikan bunyi-bunyian yang ada di lingkungan sekitar seperti suara langkah kaki, pintu terbuka, lalat terbang, tetesan air, ketukan pulpen dengan meja, gesekan penghapus papan tulis, dentingan suara penjual bakso keliling, dan sebagainya. Suara-suara tersebut sebagai materi bunyi yang akan mengantarkan antusiasme murid untuk penjelasan mengenai materi jenis-jenis alat musik yang dapat diidentifikasi dari bunyi yang dihasilkan dari cara memainkannya.

Sumber bunyi adalah semua bentuk benda atau hal yang dapat menghasilkan bunyi yang bisa didengar oleh manusia. Bunyi-bunyian yang dihasilkan oleh suara-suara di sekitar dapat dijadikan materi untuk merangsang imajinasi dalam menjelaskan sesuatu yang abstrak. Contohnya suara langkah kaki atau ketukan meja yang identik dengan alat musik pukul, suara pintu yang terbuka atau gesekan penghapus papan tulis yang identik dengan alat musik gesek, suara angin, burung atau siulan seseorang yang identik dengan alat musik tiup, gemericik air hujan yang identik dengan alat musik petik dan sebagainya. Materi bunyi yang ada di sekitar dapat dijadikan pembuka dalam menjelaskan berbagai jenis alat-alat musik moderen. Jenis alat musik yang akan dipresentasikan contohnya seperti biola yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara digesek, seruling atau terompet yang dihasilkan dengan cara ditiup, drum atau tamborin yang dihasilkan dengan cara dipukul, dan sebagainya.

Jenis alat musik sesui dengan cara membunyikannya, yaitu:

1. Alat musik pukul: Drum, marimba, piano, marakas, rebana, dan triangle.

2. Alat musik gesek: Biola, viola, cello, rebab, dan contra bass.

3. Alat musik tiup: Flute, trumpet, tuba, dan klarinet.

4. Alat musik petik: Gitar dan harpa.

Dari jenis alat musik tersebut, Orangtua siswa dapat membantu putra putrinya untuk melihatkan vidio alat-alat musik trersebut agar lebih memahami.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.