Jawaban Dari

Alat Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang digunakan untuk pengerjaan Las Oksi Asetilena Teknik Pengelasan OAW SMK Kelas XI

kontenjempolan.id-Alat Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang digunakan untuk pengerjaan Las Oksi Asetilena Teknik Pengelasan OAW SMK Kelas XI. Kali ini kakak akan menyajikan pembahasan untuk SMK Jurusan Pengelasan atau SMK Jurusan Otomotif. Semoga dapat menjadi reverensi belajar.

Tuliskan nama alat keselamatan dan kesehatan kerja yang perlu digunakan pada pekerjaan pengelasan dengan las oksi asetilena!

Jawab :

Peralatan keselamatan dan Kesehatan Kerja Operator

1. Pakaian praktek

Dalam ruang bengkel harus selalu menggunakan pakaian kerja. Bahan pakaian kerja harus terbuat dari bahan katun atau bahan campuran sejenisnya. Katun, sedangkakan kalau polyester atau sejenis akan cepat bereaksi dan mudah menempel pada kulit badan.

2. Apron

Fungsi apron adalah untuk menghindari terbakarnya pakaian kerja karena percikan cairan logam, goresan benda-benda panas dan cahaya yang timbul dari pengelasan. Bahan apron harus terbuat dari kulit campur asbes. Bahan ini paling baik untuk alat pelindung akibat panas, karena mempunyai daya serap panas yang lambat.

3. Kacamata Las

Di dalam proses pengelasan terdapat sinar yang membahanyakan anggota badan terutama pada bagian mata dan kulit.

Fungsi kacamata las adalah :

a. Untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet, inframerah, cahaya tampak yang dipancarkan oleh nyala

b. Untuk melidungi mata terhadap percikan api

4. Topi las

Topi las perlu digunakan, hal ini untuk menghindari :

a. Tumbukan langsung benda keras dengan kepala

b. Percikan api akibat ledakan kecil dari cairan las

c. Kejatuhan langsung benda keras terhadap kepala

Syarat-syarat pelindung kepala :

a. Nyaman dipakai

b. Terbuat dari “Fibre Glass”

c. Kuat dan tahan dari benturan, panas, dan goresan benda tajam.

d. Daya hantar panasnya kecil.

5. Sepatu Las

Bengkel las bukan hanya tempat mengerjakan las, didalamnya terdapat juga seperti pemotong dan alat mekanik lainya. Dengan demikian bukan hanya benda-benda panas saja yang kecil atau serpihan-serpihan terak yang berbahaya bila terinjak kaki.Oleh karena itu perlu alat khusus untuk melindungi kaki yaitu sepatu las. Sepatu las harus terbuat dari bahan yang baik kualitasnya dan alasnya harus terbuat dari karet pejal yang kuat.

6. Sarung Tangan

Sarung tangan sangat penting digunakan dalam pengelasan. Bahan sarung tangan harus berkualitas baik sebab harus mampu merendam panas pada proses pengelasan akibat cipratan cairan las dan terkelupasnya terak yang ada pada bagian luar logam. Sarung tangan harus terbebas dari oli atau bahan pelumas, karena dapat terjadi persenyawaan dengan oksigen pada tekanan rendah sehingga menimbulkan ledakan keras. Bahan sarung tangan tersebut dari kulit dicampur asbes atau bahan anti panas.

7. Pengisap Asap

Butir-butir debu asap bila terisap akan tertahan bulu hidung dan pipa pernapasan, sedangkan debu asap yang halus akan terbawa masuk ke dalam paru-paru. Sebagian akan terbuang kembali dan sebagian lagi akan melekat pada kantong paru-paru sehingga dapat mengakibatkan gangguan-gangguan pernapasan dan lain sebagainya.

Tujuan pengisap asap adalah untuk membuang debu, asap dan gas sehingga ruangan kerja tetap bersih.

 

Demikian pembahasan yang kami sajikan semoga bermanfaat. Untuk mencari materi yang lain dapat diakses kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.