Alat bantu yang dipersiapkan sebelum melaksanakan kegiatan praktek Las Oksi Asetilena Teknik Pengelasan dan Teknik Otomotif SMK Kelas XI

kontenjempolan.id-Alat bantu yang dipersiapkan sebelum melaksanakan kegiatan praktek Las Oksi Asetilena Teknik Pengelasan dan Teknik Otomotif SMK Kelas XI. Kali ini kakak akan membahas beberapa tentang Pengelasan Las Oksi Asitilena. Semoga dapat menjadi reverensi belajar adik-adik.

Tuliskan nama alat bantu yang perlu dipersiapkan sebelum melaksanakan kegiatan praktek las oksi asetilena!

Jawaban:

Peralatan Bantu

1. Penjepit

Penggunaan penjepit pada pengelasan sangat bermanfaat, gunanya adalah untuk menjepit benda pekerjaan yang panas akibat pengelasan. Dalam pengelasan bukan hanya terdapat benda-benda berbentuk datar saja, namun ada benda benda yang berbentuk bulat.

Bentuk mulut penjepit ada 3 macam yaitu :

a. mulut bulat, berfungsi untuk menjepit benda-benda yang bulat

b. mulut datar, berfungsi untuk menjepit benda-benda yang berbentuk datar

c. mulut serigala, berfungsi untuk benda datar maupun bentuk lainnya, karena daya cengkramnya lebih kuat dibandingkan dengan dua jenis penjepit di atas.

2. Sikat baja

Fungsi sikat baja adalah untuk membersihkan kotoran yang terdapat pada permukaan benda kerja. Kotoran yang berada di permukaan benda kerja adalah karat, lapisan oksida dan terak yang dihasilkan dari pengelasan.Sikat baja terbuat dari kayu dan kawat baja.

3. Alat Pembuatan Kampuh

Untuk membuat kampuh pada umumnya dilakukan dengan cara:
a. Mengikir
b. Menggerinda
c. Mengampuh dengan nyala gas secara otomatis dan manual

4. Jarum Pembersih

Selama proses pengelasan, adakalanya saluran gas pada mulut pembakar tersumbat. Untuk itu diperlukan alat pembersih. Dengan menggunakan jarum pembersih diharapkan lubang pada mulut pembakar tidak bertambah lebar. Mulut pembakar yang bersih akan menghasilkan pekerjaan yang baik.

Satu set jarum pembersih terdiri dari bermacam-macam ukuran, untuk ukuran diameter lubang mulut pembakar yang berbeda-beda. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

a. Carilah jarum pembersih yang diameternya sesuai dengan diameter lubang mulut pembakar.

b. Tusukan jarum pembersih pada lubang yang tersumbat hingga bersih.

c. Untuk membersihkan ujung mulut pembakar gunakanlah kikir yang ada pada jarum pembersih.

5. Korek Api Las

Fungsi korek api las adalah untuk menyalakan campuran oksigen dan asetilena yang keluar dari mulut pembakar. Hal ini dapat dilakukan dengan satu tangan saja.

Prinsip kerja korek api las adalah dengan menggoreskan batu korek api pada permukaan yang keras dan kasar, sehingga didapatkan bunga api yang dapat digunakan untuk membakar campuran gas yang keluar dari mulut pembakar. Bila batu korek api habis, bisa diganti dengan batu korek api yang baru.

Demikian pembahasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. Untuk mencari materi yang lain dapat di akses di kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.