Alat-alat yang perlu dipersiapkan dan Cara untuk memasang bagian-bagian las oksi asetilena Teknik Pengelasan dan Teknik Otomotif SMK Kelas XI

kontenjempolan.id-Alat-alat yang perlu dipersiapkan dan Cara untuk memasang bagian-bagian las oksi asetilena Teknik Pengelasan dan Teknik Otomotif SMK Kelas XI. Kali ini kakak akan membahas beberapa tentang Pengelasan Las Oksi Asitilena. Semoga dapat menjadi reverensi belajar adik-adik.

Tuliskan alat-alat yang perlu dipersiapkan dan Cara untuk memasang bagian-bagian las oksi asetilena!

Jawaban:

Peralatan yang digunakan untuk memasang bagian utama las oksi asetilena tersebut adalah :

a. Kunci inggris atau kunci pas dengan ukuran yang sesuai

b. Kunci sok pembuka katup silinder

c. Obeng untuk melonggarkan dan mengencangkan klem slang.

d. Cara pemasangan bagian-bagian tersebut dapat dipelajari pada uraian berikut.

Pemasangan regulator oksigen

Pemasangan regulator oksigen pada silinder oksigen sebagai berikut: Pada kepala silinder oksigen terdapat mur berulir untuk menempatkan regulator oksigen , sedangkan pada regulator oksigen terdapat baut berulir yang digunakan untuk menyambungkan regulator dengan silinder oksigen. Sebelum memasang regulator oksigen pada silinder oksigen disarankan membuka sebentar (“1/2 detik) katup Silinder oksigen.
Pembukaan silinder diperlukan untuk membuang debu atau kotoran lain yang terdapat di dalam mur berulir. Ulir yang terdapat pada mur kepala silinder dan baut regulator adalah ulir kanan sehingga untuk mengencangkannya diputar searah jarum jam. Untuk pemasangannya baut regulator dimasukan ke dalam mur kepala silinder secara lurus kemudian diputar searah jarum jam dengan menggunakan tangan sampai kencang hingga (tangan tidak mampu mengencangkan lagi). Untuk lebih mengencangkannya dapat digunakan kunci inggris atau pas dengan ukuran yang sesuai.

Pemasangan regulator asetilena

Pemasangan regulator asetilena pada silinder asetilena hampir sama dengan pemasangan regulator oksigen pada silinder oksigen, Perbedaannya, regulator asetilena dan silinder asetilena mempunyai ulir kiri sehingga pada waktu mengencangkan diputar berlawanan arah jarum jam.

Pemasangan slang las pada regulator

Longgarkan klem slang pada ujung slang las dengan obeng, kemudian masukkan pada saluran gas lalu tekan sambil diputar ke kanan dan ke kiri secara bergantian sampai pada pangkal saluran. Apabila pada saat memasukkan slang las terlalu berat, saluran asetilena dapat diolesi sabun untuk melicinkan masuknya slang. Setelah slang las berada pada tempatnya, kencangkan baut klem dengan memutarnya searah jarum jam menggunakan obeng.

Demikian pembahasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. Untuk mencari materi yang lain dapat di akses di kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.