Kunci Jawaban Latihan 3.2 Halaman 70 A. Terminologi Notasi dan Jenis Vektor  Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Latihan 3.2 Halaman 70 A. Terminologi Notasi dan Jenis Vektor  Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Latihan 3.2

1. Tentukan nama, besar, dan arah dari setiap vektor di bawah ini.

Jawaban:

Nilai dan arah vektor

2. Gambarkan vektor-vektor negatif dari vektor-vektor OP, OQ, dan OR. Gunakan skala untuk menggambar panjangnya.

Jawaban:

Vektor lawan atau vektor negatif dari OP, OQ, dan OR.

3. Perhatikan peta kota Bandung di bawah ini.

a. Tentukan satu titik di Universitas Padjadjaran dan satu titik di Lebak Siliwangi.

b. Buat vektor dari kedua titik tersebut, tentukan besar dan arah vektornya.

c. Buat vektor dengan nilai (besar) yang lebih besar daripada nomor a tetapi arah sama.

d. Buat vektor dengan nilai (besar) yang lebih kecil daripada nomor a tetapi arah sama.

e. Buat vektor yang ekuivalen dengan vektor pada nomor a.

Jawaban:

Peta Kota Bandung

a. Jarak langsung sekitar 1,05 km. Skala adalah 1 cm mewakili 0,35 km.

b. Vektor yang lebih besar nilainya daripada vektor AB adalah vektor berwarna hijau

c. Vektor yang lebih kecil nilainya daripada vektor AB adalah vektor berwarna coklat

d. Vektor yang ekuivalen dengan vektor AB adalah vektor berwarna biru tua

Catatan:

Siswa perlu memahami bagaimana menggeser garis agar sejajar dengan garis lainnya sehingga dapat membuat vektor yang sejajar dengan vektor lainnya.

Bisa gunakan aplikasi Microsoft Word untuk menggambar vektor-vektor tersebut jika siswa langsung mengambil dari google map.

Ayo Berpikir Kritis

4. Pesawat kecil sedang mengisi bahan bakar dari pesawat besar di udara. Mengapa vektor kecepatan pesawat kecil harus ekuivalen atau sama dengan pesawat besar?

Jawaban:

Vektor kecepatan pesawat kecil sama atau ekuivalen dengan pesawat besar karena jarak dan arah di antara keduanya harus tetap. Jika nilai vektor berbeda, maka posisi antara keduanya makin lama makin jauh. Jika arah berbeda maka proses pengisian tidak bisa terjadi.

 

Ayo Berpikir Kreatif

5. Buatlah segitiga sama sisi dan bagilah menjadi beberapa segitiga kecil berukuran sama. Tentukan berapa banyak segitiga tersebut agar diperoleh 3 vektor ekuivalen.

Jawban:

Vektor-vektor yang ekuivalen adalah AM dan MB, CN dan NB serta AL dan LC.

Ayo Berefleksi

1. Apakah kalian dapat memberikan contoh-contoh vektor dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban:

Contoh-contoh vektor adalah posisi, perpindahan, kecepatan, dan gaya.

2. Apakah kalian dapat menggambarkan vektor dan menyebutkan notasinya?

Jawaban:

Menggambar anak panah. Notasi dapat satu huruf atau dua huruf, dapat huruf tebal atau ada anak panah.

3. Dapatkah kalian menentukan vektor-vektor ekuivalen?

Jawaban:

Vektor-vektor ekuivalen adalah vektor-vektor dengan panjang dan arah yang sama.

4. Dapatkah kalian membuat vektor negatif atau vektor lawan dari suatu vektor?

Jawaban:

Vektor lawan adalah vektor dengan panjang dan arah yang berlawanan dari suatu vektor.

 

 

Disclaimer:

1. Jawaban bersifat tidak mutlak dan terbuka sehingga dapat mengembangkan kembali untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik.

2. Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya

3. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

4. Jawaban pada unggahan kontenjempolan mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

 

Demikian pembahasan Matematika Kelas 10 SMA/SMK halaman 70 Latihan 3.2, Terminologi Notasi dan Jenis Vektor. Selanjutnya, untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Artikel Terkait