Kunci Jawaban Lakukan Bersama halaman 97 Percobaan 1 2 3 dan 4 Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka
kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lakukan Bersama halaman 97 Percobaan 1 2 3 dan 4 Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka.
Lakukan Bersama
Mari kita lakukan berbagai macam eksperimen untuk lebih memahami transformasi energi. Guru kalian akan menyiapkan pos-pos belajar mengenai transformasi energi. Baca dan ikuti instruksi yang ada pada masing-masing percobaan. Catatlah hasil pengamatan pada lembar kerja.
Percobaan 1: Kertas Spiral yang Bergerak
Alat dan bahan:
1. karton berukuran 15 x 15 cm; 5. sumpit/tusuk sate;
2. gunting; 6. lilin;
3. benang 15-20 cm; 7. pensil; dan
4. jarum; 8. korek api;
Keamanan:
Pada percobaan ini, kalian akan menggunakan api dan kertas. Harap berhati-hati saat melakukan percobaan. Selalu fokus dan ikuti instruksi. Minta bantuan guru kalian jika merasa kesulitan.
Langkah Percobaan:
1. Buat pola spiral (melingkar) dengan pensil pada kertas karton.
2. Gunting menjadi spiral mengikuti pola pensil.
3. Lubangi bagian ujungnya dengan jarum dan masukkan benang.
4. Ikat benang dan kaitkan ujung satunya pada sumpit/tusuk sate.
5. Nyalakan lilin dan posisikan kertas sekitar 5 cm di atas api seperti pada gambar. Ingat, kertas tidak sampai menyentuh api.
6. Pastikan tangan kalian berada dalam posisi diam. Amati apa yang terjadi pada kertas spiral yang kalian pegang.
7. Setelah semua mencoba diskusikan dengan kelompok pertanyaan berikut.
a. Energi apa saja yang ada pada percobaan ini?
Jawaban:
Energi kimia di lilin dan korek, energi panas dan cahaya dari api, energi gerak saat menyalakan korek, energi gerak pada kertas spiral saat dekat api).
b. Transformasi energi apa yang kalian lihat?
Jawaban:
● Energi kimia → energi panas dan cahaya (lilin dan korek api).
● Energi gerak→ energi panas (menyalakan api).
● Energi panas → energi gerak (kertas spiral).
8. Tuliskan hasil diskusi pada buku tugas!
Percobaan 2: Kotak yang Bersuara
Alat dan bahan
1. Kotak kardus bekas ukuran kecil, bisa bekas korek api, pasta gigi, atau sabun.
2. Beras secukupnya.
3. Selotip.
4. Gunting.
Langkah Percobaan
1. Masukkan sejumput beras ke dalam kotak.
2. Tutup kotak dengan selotip untuk mencegah beras keluar.
3. Cobalah buat kotak itu berbunyi.
4. Setelah percobaan, diskusikanlah dengan kelompok pertanyaan berikut.
a. Energi apa saja yang ada di percobaan ini?
Jawaban:
energi bunyi dan energi gerak).
b. Apa transformasi energi yang kalian lihat?
Jawaban:
Energi gerak → energi bunyi (suara gesekan beras pada kotak).
5. Tuliskan hasil diskusi pada lembar kerja.
Percobaan 3: Lari Estafet
Alat dan bahan
1. Benda untuk tongkat estafet.
2. Tanda untuk tempat berdiri sesuai jumlah pelari.
3. Stopwatch (jika ada).
Langkah Percobaan
1. Keluarlah ke halaman sekolah.
2. Tentukan satu orang yang akan berperan sebagai penghitung waktu. Sisa anggota lainnya akan menjadi pelari.
3. Berdirilah pada masing-masing tanda yang sudah dibuat oleh guru kalian.
4. Pelari di tanda pertama akan berlari dan mengestafetkan benda pada pelari kedua. Jika memakai stopwatch, waktu dimulai saat pelari pertama berlari.
5. Pelari kedua akan berlari dan mengestafetkan benda pada pelari ketiga.
6. Begitu seterusnya sampai pelari terakhir mengestafetkan benda pada pelari pertama. Matikan stopwatch saat pelari pertama memegang benda.
7. Setelah semua mencoba diskusikan dengan kelompok pertanyaan berikut.
a. Energi apa saja yang ada di percobaan ini?
Jawaban:
energi kimia di tubuh, energi gerak saat berlari, energi panas akibat lari)
b. Apa transformasi energi yang kalian lihat?
Jawaban:
Energi kimia → energi gerak (suara gesekan beras pada kotak).
Energi kimia → energi panas (rasa badan setelah berolahraga).
8. Catat waktu dan hasil diskusi pada lembar kerja.
Percobaan 4: Kartu Transformasi Energi
Alat dan bahan
Kartu transformasi energi (akan disediakan oleh guru kalian).
Langkah Percobaan
1. Tumpuk kartu transformasi energi di tengah dalam posisi tertutup.
2. Atur kartu bentuk energi dalam posisi terbuka semua.
3. Ambil satu kartu dan simpan pada posisi terbuka.
4. Susun transformasi energinya menggunakan kartu bentuk energi.
5. Buatlah tabel seperti kegiatan Mari Mencoba pada buku tugas. Tulis jawaban pada tabel tersebut.
Jawaban:
Kartu transformasi energi
Catatan: ada kemungkinan peserta didik akan menjawab telepon pintar bertransformasi jadi energi panas karena mereka merasakan teleponnya menjadi panas ketika dipakai lama. Ini benar, penjelasannya bisa mengikuti pada kegiatan Belajar Lebih Lanjut Topik A.
Disclaimer: Jawaban bersifat tidak mutlak dan terbuka sehingga dapat dikembangkan kembali untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik.
Demikian pembahasan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial kelas 4 SD halaman 97 Lakukan Bersama, Percobaan 1 2 3 dan 4. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.