Kunci Jawaban Penilaian Pengetahuan halaman 55 Memahami Hakikat dan Mewujudkan Ketauhidan dengan Syu’abul (Cabang) Iman Pendidikan Agama Islam SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka
kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Penilaian Pengetahuan halaman 55 Memahami Hakikat dan Mewujudkan Ketauhidan dengan Syu’abul (Cabang) Iman Hidup Lebih Nyaman dan Berkah Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.
Penilaian Pengetahuan
A. Berikanlah tanda silang (X) pada opsi jawaban A, B, C, D atau E yang merupakan jawaban yang paling tepat!
1. Iman, Islam dan ihsan adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan yang kemudian disebut dengan agama Islam. Berikut ini yang merupakan pengertian dari iman adalah….
A. mempercayai dengan hati, mengucapkan dengan lisan dan meragukan dengan perbuatan
B. mempercayai setengah hati, mengucapkan dengan lisan dan meragukan dengan perbuatan
C. mempercayai dengan hati, mengucapkan dengan lisan dan membuktikan dengan perbuatan
D. mempercayai dengan hati, menolak dengan ucapan dan membuktikan dengan perbuatan
E. mempercayai dengan hati, menyangkal dengan lisan dan membuktikan dengan perbuatan
Jawaban: C. mempercayai dengan hati, mengucapkan dengan lisan dan membuktikan dengan perbuatan
2. Seorang mukmin, adalah seorang yang beriman yang melaksanakan ibadah dengan sangat ikhlas, seakan-akan Allah Swt. melihatnya, meskipun ia tidak melihat Allah Swt. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari ….
A. Ihsan
B. Iman
C. Islam
D. Ikhlas
E. Istishab
Jawaban: A. Ihsan
3. Perhatikan pernyataan berikut!
a) Mahmud hanya mengerjakan salat jamaah saat berada di sekolah saaat dilihat oleh guru dan teman-temannya
b) Mamad selalu berbuat baik, berkata jujur, tetapi tidak pernah salat
c) Malik senantiasa mendirikan salat, berkata baik dan rajin bersedekah
d) Maman selalu istiqamah dalam beribadah dan gemar membantu orang tuanya
e) Marwan adalah ketua Rohis di sekolah tetapi saat di rumah sering berbohong kepada orang tuanya
Dari pernyataan tersebut, yang perilakunya selaras dengan iman, Islam dan ihsan adalah….
A. Malik dan Maman
B. Mamad dan Malik
C. Maman dan Marwan
D. Mahmud dan Mamad
E. Marwan dan Mahmud
Jawaban: A. Malik dan Maman
4. Dimensi dari keimanan itu menyangkut tiga ranah yaitu ma’rifatun bil qalbi, iqrarun bil lisan dan amalun bil arkan. Dari contoh-contoh amalan di bawah ini yang merupakan cabang iman dalam ranah ma’rifatun bil qalbi adalah….
A. belajar dan menuntut ilmu
B. membaca kalimat thayyibah
C. membaca kitab suci Al-Qur`an
D. mengajarkan ilmu kepada orang lain
E. mencintai dan membenci karena Allah Swt.
Jawaban: E. mencintai dan membenci karena Allah Swt.
5. Beriman pada hakikatnya adalah satu padunya niat, ucapan dan perbuatan. Berikut ini yang bukan merupakan cabang iman dari ranah perbuatan adalah….
A. mengurus perawatan jenazah
B. menghindari bacaan yang sia-sia
C. menunaikan dan membayar hutang
D. meluruskan muamalah dan menghindari riba
E. menjadi saksi yang adil dan tidak menutupi kebenaran
Jawaban: B. menghindari bacaan yang sia-sia
6. Perhatikan pernyataan berikut ini!
a) Belajar dan menuntut ilmu
b) Membaca kitab suci Al-Qur`an
c) Mengajarkan ilmu kepada orang lain
d) Berbakti dan menunaikan hak orang tua
e) Menikah untuk menghindarkan diri dari perbuatan keji dan haram
Dari pernyataan tersebut, yang merupakan cabang iman dari ranah niat, hati dan akidah adalah….
A. a) – b) – c)
B. a) – c) – d)
C. a) – d) – e)
D. b) – c) – d)
E. b) – d) – e)
Jawaban: A. a) – b) – c)
7. Berikut ini yang bukan merupakan tanda-tanda orang yang beriman adalah….
A. istiqamah dan tertib menjalankan salatnya
B. bila disebutkan nama Allah swt. hatinya bergetar
C. menafkahkan sebagian hartanya di jalan Allah swt.
D. berjihad di jalan Allah swt. dengan harta dan jiwanya
E. mempengaruhi orang lain untuk memerangi orang kafir
Jawaban: E. mempengaruhi orang lain untuk memerangi orang kafir
8. Orang yang beriman, tidak akan luput dari ujian dan godaan yang terhadap keimanannya. Semakin beriman seseorang, semakin bersar pula ujian dari Allah Swt. baginya. Berikut ini yang bukan merupakan ujian bagi seorang mukmin adalah….
A. mukmin yang saling membenci satu sama lain
B. mukmin yang saling mendukung satu sama lain
C. datangnya orang munafik yang membenci kaum mukmin
D. godaan hawa nafsu dari dalam diri setiap mukmin itu sendiri
E. orang kafir yang memerangi kaum mukmin dengan tipu dayanya
Jawaban: B. mukmin yang saling mendukung satu sama lain
9. Hamid adalah seorang muslim yang taat beribadah dan berperilaku baik di sekolah. Sejak SMP dia bercita-cita untuk melanjutkan ke sekolah favorit di kotanya. Bahkan dia pernah bernadzar apabila ia diterima di sekolah tersebut, ia akan berpuasa sunah selama tiga hari. Namun hingga saat ini, Hamid belum juga menunaikan nadzar tersebut, karena setiap kali hendak berpuasa, selalu saja ada halangannya untuk menunda.
Hal ini merupakan contoh ujian keimanan bagi hamid yang datangnya dari ….
A. bisikan setan
B. bisikan orang kafir
C. bisikan dari kaum munafik
D. bisikan orang mukmin lainnya
E. bisikan dari dalam hatinya sendiri
Jawaban: E. bisikan dari dalam hatinya sendiri
10. Orang yang beriman secara kaffah, akan senantiasa berhati-hati dalam kehidupannya. Ia akan menempatkan Allah Swt. sebagai tujuan utama dari setiap aktivitasnya. Dengan demikian, hikmah iman bagi seorang mukmin adalah….
A. membuat seseorang menjadi resah dan gelisah hidupnya
B. mudah terserang ujub, riya dan sum’ah dalam hidupnya
C. membuat seseorang hanya mengharap rida Allah swt.
D. membuat seseorang terhindar dari keberuntungan
E. membuat seseorang tergantung kepada makhluk
Jawaban: C. membuat seseorang hanya mengharap rida Allah swt.
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Perhatikan HR. Ibnu Majah berikut ini!
Jelaskan apakah maksud dari hadis tersebut?
Jawaban:
Dimensi dari keimanan itu menyangkut tiga ranah yaitu:
1) ‘Tashdiqun bil qalbi yaitu meyakini dengan hati
2) Iqrarun bil lisan yaitu diucapkan dengan lisan
3) ‘Amalun bil arkan yaitu mengamalkannya dengan perbuatan anggota badan
2. Sebutkan lima cabang iman dari ranah tashdiqun bil qalbi!
Jawaban:
lima cabang iman dari ranah tashdiqun bil qalbi
1) Iman kepada Allah Swt.
2) Iman kepada malaikat Allah Swt.
3)Iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
4) Iman kepada rasul-rasul Allah Swt.
5) Iman kepada takdir baik dan takdir buruk Allah Swt
3. Sebutkan lima cabang iman dari ranah iqrarun bil lisan!
Jawaban:
lima cabang iman dari ranah iqrarun bil lisan
1) Membaca kalimat thayyibah (kalimat-kalimat yang baik)
2) Membaca kitab suci Al-Qur`an
3) Belajar dan menuntut ilmu
4) Mengajarkan ilmu kepada orang lain
5) Dzikir kepada Allah Swt. termasuk istighfar
4. Sebutkan lima cabang iman dari ranah ‘amalun bil arkan!
Jawaban:
lima cabang iman dari ranah ‘amalun bil arkan
1) Bersuci atau thaharah termasuk di dalamnya kesucian badan, pakaian dan tempat tinggal
2) Menegakkan shalat baik salat fardlu, salat sunah maupun mengqada salat
3) Bersedekah kepada fakir miskin dan anak yatim, membayar zakat fitrah dan zakat mal, memuliakan tamu serta membebaskan budak.
4) Menjalankan puasa wajib dan sunah
5) Melaksanakan haji bagi yang mampu
5. Jelaskan masalah-masalah keimanan yang terjadi saat ini. Uraikan mengapa hal tersebut bisa terjadi dan bagaimana solusinya menurutmu!
Jawaban:
Masalah-masalah keimanan yang terjadi saat ini:
1) Mukmin yang saling mendengki
2) Kaum munafik yang membenci kaum mukmin
3) Orang kafir yang memerangi kaum mukmin
4) Tipu muslihat setan yang selalu menyesatkan
5) Godaan hawa nafsu dari dalam diri setiap mukmin
Hal tersebut bisa terjadi, karena iman yang dimiliki oleh seorang muslim, belum menyeluruh dalam setiap aspek mulai dari hati, lisan dan perbuatan sehingga belum bisa istiqamah untuk selalu berada pada jalan-jalan kebenaran.
Demikian pembahasan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 10 SMA/SMK halaman 55 Penilaian Pengetahuan, Memahami Hakikat dan Mewujudkan Ketauhidan dengan Syu’abul (Cabang) Iman Hidup Lebih Nyaman dan Berkah. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.