Kunci Jawaban Rajin Berlatih halaman 145 Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah Swt. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Rajin Berlatih halaman 145 Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah Swt. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Rajin Berlatih

I. Pilih jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D.

1. Langit dan bumi diciptakan pada 6 masa (periode). Enam masa penciptaan keduanya meliputi penciptaan langit dan bumi setelah langit terbentuk. Hal ini sesuai dengan ….

A. Q.S. al-A’rāf/7: 44

B. Q.S. al-A’rāf/7: 54

C. Q.S. al-Anbiyā’/21: 30

D. Q.S. al-Anbiyā’/21: 40

Jawaban: B. Q.S. al-A’rāf/7: 54

2. Kalimat رَتْقًا yang terdapat pada Q.S. al-Anbiyā’/21: 30 mempunyai arti….

A. Suatu yang padu

B. Sebagai suatu kesatuan

C. Sesuatu yang saling melengkapi

D. Suatu yang tidak dapat dipisahkan

Jawaban: A. Suatu yang padu

3. Makna Q.S. al-A’rāf/7: 54 menjelaskan penciptaan langit dan bumi terjadi pada….

A. 3 masa

B. 6 masa

C. 9 masa

D. 11 masa

Jawaban: B. 6 masa

4. إِنَّ هَٰذَا ٱلْقُرْءَانَ يَهْدِى لِلَّتِى هِىَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ ٱلْمُؤْمِنِينَ ٱلَّذِينَ يَعْمَلُونَ ٱلصَّٰلِحَٰتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا

Dalam ayat terbut di atas terdapat hukum bacaan gunnah berjumlah ….

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

Jawaban: B. 2

5. Perhatikan kalimat berikut!

1) فَفَتَقْنَٰهُمَا ۖ

2) كَانَتَا رَتْقًا

3) أَنَّ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ

4) أَوَلَمْ يَرَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوٓا۟

Susunan kalimat diatas yang benar ditunjukkan pada nomor….

A. 1), 2), 3), 4)

B. 2), 3), 4), 1)

C. 3), 4), 1), 2)

D. 4), 3), 2), 1)

Jawaban: D. 4), 3), 2), 1)

6. Alam beserta seluruh isinya merupakan bukti kekuasaan Allah Swt. Salah satu syarat penting bagi seseorang untuk memahami hal ini, yaitu….

A. Memiliki guru yang tepat untuk memberikan pelajaran

B. Memiliki kapasitas keilmuan yang cukup

C. Dapat mengakses fasilitas ilmu

D. Beriman kepada Allah Swt.

Jawaban: D. Beriman kepada Allah Swt.

7. Alam semesta yang dipelajari oleh manusia memiliki tujuan utama yaitu untuk memperbaiki kualitas hidupnya sebagai khalifah di bumi dan….

A. Mendorong kesadaran untuk beriman dan semakin dekat kepada Allah Swt.

B. Menyediakan jalan menuju pencapaian manusia sempurna sebagai khalifah Allah

C. Menyediakan informasi untuk memanfaatkan kepercayaan Allah Swt.

D. Menjadi tanda bahwa manusia adalah makhluk yang berakal

Jawaban: A. Mendorong kesadaran untuk beriman dan semakin dekat kepada Allah Swt.

8. Islam merupakan agama yang sangat menghargai ilmu pengetahuan dan memerintahkan penganutnya untuk memiliki ilmu pengetahuan. Hal ini dibuktikan….

A. Perintah menuntut ilmu bagi setiap muslim

B. Wahyu yang pertama kali turun berisi perintah untuk belajar

C. Pentingnya ilmu pengetahuan dalam upaya mengarungi kehidupan dunia

D. Adanya ayat yang menjelaskan tentang ilmu pengetahuan dan alam semesta

Jawaban: A. Perintah menuntut ilmu bagi setiap muslim

9. Perhatikan potongan hadits berikut !

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Pernyataan yang sesuai dengan makna hadis tersebut adalah…

A. Balasan orang yang mempermudah jalan orang yang mencari ilmu adalah surga

B. Mencari ilmu itu kewajiban semua orang Islam laki-laki dan perempuan

C. Balasan bagi orang yang berilmu adalah kesuksesan dunia dan akhirat

D. Barang siapa yang mencari ilmu, maka Allah akan ridha dengannya

Jawaban: A. Balasan orang yang mempermudah jalan orang yang mencari ilmu adalah surga

10. Fatimah seorang pelajar yang sangat cerdas dan banyak mempunyai keterampilan di antara teman-temannya. Dia pandai membaca AlQur’an, pidato, menyanyi, bahkan ia pandai bermain biola. Suatu hari Fatimah dimintai tolong teman sekelasnya untuk melatih bermain biola. Sikap yang seharusnya Fatimah lakukan adalah….

A. Beralasan tidak ada waktu untuk mengajarinya

B. Menerima untuk mengajarinya dengan syarat harus ada imbalan

C. Menolak, dengan alasan kalau temannya bisa nanti akan menyaingi dirinya

D. Mengajari temannya dengan ikhlas, karena akan mendapatkan pahala dari Allah Swt.

Jawaban: D. Mengajari temannya dengan ikhlas, karena akan mendapatkan pahala dari Allah Swt.

 

II. Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Peristiwa-peristiwa di alam semesta ini memberikan bukti keberadaan Allah Swt. sebagai Pencipta, Pengatur, dan Maha Kuasa. Langit dan bumi pada awalnya kemudian Allah Swt. memisahkan keduanya. Tuliskan dalil naqli yang menjelaskan peristiwa tersebut!

Jawaban:

Surat Al-Anbiya Ayat 30

أَوَلَمْ يَرَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوٓا۟ أَنَّ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَٰهُمَا ۖ وَجَعَلْنَا مِنَ ٱلْمَآءِ كُلَّ شَىْءٍ حَىٍّ ۖ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

Arab-Latin: A wa lam yarallażīna kafarū annas-samāwāti wal-arḍa kānatā ratqan fa fataqnāhumā, wa ja’alnā minal-mā`i kulla syai`in ḥayy, a fa lā yu`minụn

Artinya: Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?

2. Jelaskan kandungan Q.S. al-A’rāf/7: 54!

Jawaban:

Kandungan Q.S. al-A’rāf/7: 54

Ayat ini menegaskan bahwa Allah Swt yang menciptakan langit dan bumi dalam enam hari (masa). Allah Swt. adalah Pemilik, Penguasa, dan Pengatur. Dia yang paling berhak disembah. Hanya kepada-Nya, manusia meminta pertolongan.

3. Tuliskan 3 contoh hukum bacaan gunnah!

Jawaban:

3 contoh hukum bacaan gunnah:

a. إِنَّ رَبَّكُمُ

b. ثُمَّ ٱسْتَوَ

c. أَنَّ ٱلسَّمَٰوَٰ

d. إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ

4. Bagaimana cara mensyukuri dan mencintai tanah air yang diciptakan Allah Swt. dengan keindahan dan sumber daya alam yang berlimpah?

Jawaban:

Cara mensyukuri dan mencintai tanah air sebagai berikut:

a. Bangga sebagai bangsa Indonesia.

b. Bangga menggunakan dan mencintai produk Indonesia.

c. Selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah Swt.

d. Selalu menjaga nama baik Indonesia.

5. Jelaskan nilai-nilai yang dapat dipetik pada penciptaan dan pengaturan alam semesta!

Jawaban:

Nilai-nilai yang dapat dipetik pada penciptaan dan pengaturan alam semesta yaitu:

a. Kecerdasan intelektual yang diberikan olehNya mengantarkan manusia untuk berfikir dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Kemampuan ini yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya.

b. Aspek spiritual mengantarkan pada keyakinan kepada Allah Swt. yang menciptakan segala sesuatu dengan teratur.

c. Dorongan untuk menyakini dan mendalami bahwa Al-Qur’an memiliki kemukjizatan dalam dasar-dasar teori sains tentang alam semesta.

d. Keteraturan alam semesta menjadi pendorong agar kehidupan manusia harus teratur.

 

Demikian pembahasan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 7 SMP halaman 145 Rajin Berlatih, Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah Swt. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Artikel Terkait