Kunci Jawaban Soal Laihan 3.3 halaman 124 Menemukan Konsep Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka
kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Soal Laihan 3.3 halaman 124 Menemukan Konsep Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.
Hallo Adik-adik, kontenjempolan.id kali ini akan membahas materi Matematika SMP Kelas 8 halaman 124. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 3 Persamaan Linier dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel.
Menemukan Konsep Pertidaksamaan Linier Satu Variabel
Soal Laihan 3.3
1. Tuliskan makna dari garis bilangan berikut, sehingga menunjukkan bentuk pertidaksamaan yang sesuai.
Jawaban:
Misalkan titik yang dimaksud disimbolkan dengan k, maka
Garis bilangan tersebut bermakna k > 12
Garis bilangan tersebut bermakna k ≤-4
2. Modelkan beberapa permasalahan berikut menjadi bentuk pertidaksamaan linier satu variabel.
a. Sekolah menyelenggarakan proyek penguatan proil pelajar Pancasila pada tema kearifan lokal untuk melakukan observasi menggunakan lima bus yang dapat mengangkut hanya 290 penumpang.
Jawaban:
5x ≤ 290
b. Kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh anggota OSIS setidaknya dua ratus lima puluh meter di sepanjang jalan di depan sekolah.
Jawaban:
x ≥ 250
c. Pak Doni adalah seorang kuli bangunan kontrak yang sedang mengerjakan proyek pemerintah dengan penghasilan tidak lebih dari Rp. 3.600.000 setiap bulannya.
Jawaban:
x ≤ 3 600 000
d. Andy memarkir sepeda motor di lapangan sekolah yang banyaknya paling sedikit tiga ratus lima puluh sepeda motor
Jawaban:
x ≥ 350
e. Pak Doni akan membuat kolam berbentuk balok yang ditunjukkan seperti gambar di bawah. Volume kolam tersebut tidak kurang dari 60 m².
Jawaban:
5 x 3 x (x + 2) ≥ 60
15(x + 2) ≥ 60
15x + 30 ≥ 60
15x ≥ 30
x ≥ 2
3. Ubahlah kalimat di bawah ini menjadi bentuk model pertidaksamaan linier satu variabel.
a. Dua kali dari bilangan y lebih dari -5/2
b. Bilangan 9 lebihnya dari z tidak lebih dari 21
Jawaban:
Model pertidaksamaan linier.
a. 2y > -5/2
b. z + 9 ≤ 21
4. Bilangan -5 merupakan salah satu penyelesaian dari pertidaksamaan linier satu variabel berikut. Tunjukkan bahwa -5 tersebut apakah berlaku pada setiap pertidaksamaan berikut.
a. x + 14 > 9
b. 1 – 2p ≤ -9
c. r + 2 ≥ -3
Jawaban:
Pembuktian
a. x + 14 > 9
x > -5 (tidak berlaku)
b. 1 -2p ≤ -9
-2p ≤ -9-1
-2p ≤ -10
p ≤ 5 (tidak berlaku)
c. t + 2 ≥ -3
r ≥ -5 (berlaku)
5. Nadia mendapat nilai 97, 82, 89 dan 99 pada 4 tes formatif mata pelajaran matematika. Untuk mendapatkan nilai A dalam matematika, rata-rata nilai tes harus sembilan puluh atau lebih. Berapa nilai matematika pada tes ke-5 Nadia untuk mendapatkan nilai A? Tuliskan pertidaksamaan yang mewakili ilustrasi Nadia di atas.
Jawaban:
Diketahui bahwa rumus rata-rata adalah , jumlah seluruh data : banyak data maka
(97 + 82 + 89 + 99 + x) : 5 ≥ 90
(367 + x) : 5 ≥ 90
367 + x ≥ 90 x 5
x ≥ 450 – 367
x ≥ 83
Disclaimer:
Kunci Jawaban pada unggahan kontempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
Demikian pembahasan Matematika Kelas 8 Soal Laihan 3.3 halaman 124 Menemukan Konsep Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat mengakses melalui kontenjempolan.id.