Kunci Jawaban Ayo Mencoba halaman 67 Tripel Pythagoras Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka
kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Ayo Mencoba halaman 67 Tripel Pythagoras Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.
Hallo Adik-adik, kontenjempolan.id kali ini akan membahas materi Matematika SMP Kelas 8 halaman 67. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 2 Teorema Pythagoras.
Tripel Pythagoras
Kebalikan Teorema Pythagoras
Sebelum membahas lebih detail terkait tripel Pythagoras, kita perlu mengingat kembali terkait Teorema Pythagoras. Hal ini dikarenakan bahwa terdapat kebalikan dari Teorema Pythagoras yang juga sering digunakan dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.
Pada kegiatan Ayo Bereksplorasi terdapat kondisi bahwa tukang membuat ukuran yang digunakan untuk membentuk dasar pondasi tepat siku-siku. Kegiatan tukang tersebut berarti memanfaatkan kebalikan dari Teorema Pythagoras.
Pada kebalikan dari teorema Pythagoras dapat kita nyatakan bahwa dalam Segitiga ABC , jika c² = a² + b² , maka sudut C siku-siku.
Dengan demikian, dapat kita simpulkan hal berikut ini.
Pada Segitiga ABC , apabila a, b, dan c adalah sisi-sisi dihadapan sudut A, B, dan C maka berlaku kebalikan Teorema Pythagoras, yaitu:
Tabel 2.1 Kebalikan Teorema Pythagoras
Sehingga, tiga bilangan a, b, c dengan a < b < c dapat kita katakan tripel Pythagoras jika memenuhi hubungan persamaan c² = a² + b².
Ayo Mencoba
Berdasarkan hubungan antara c² dengan (a² + b²) dan kebalikan dari Teorema Pythagoras maka dapat kita gunakan untuk menentukan apakah suatu segitiga termasuk segitiga siku-siku atau tidak. Sebagai pembuktian lakukan kegiatan berikut.
Alat dan bahan
1. Kertas berpetak
2. Benang
3. Penggaris
4. Bolpoin
5. Lem
Langkah kerja
1. Siapkan kertas berpetak, kemudian buatlah garis dengan ukuran 6 kotak satuan, 8 kotak satuan, 10 kotak satuan, 12 kotak satuan, dan 13 kotak satuan.
2. Ambil benang kemudian sesuaikan dengan panjang garis yang sudah dibuat pada langkah sebelumnya, kemudian potong dengan ukuran yang sama.
3. Buatlah segitiga dari tiga benang yang sudah dipotong dengan ukuran 6 kotak satuan, 8 kotak satuan, dan 10 kotak satuan kemudian rekatkan dengan lem pada kertas berpetak.
4. Amati segitiga yang terbentuk dari ketiga benang tersebut. Jenissegitiga apakah yang dapat kalian temukan?
5. Lakukan langkah yang sama seperti pada nomor 3 dan nomor 4 dengan ukuran potongan benang 8 kotak satuan, 12 kotak satuan, dan 13 kotak satuan.
6. Lakukan langkah yang sama seperti pada nomor 3 dan nomor 4 dengan ukuran potongan benang 6 kotak satuan, 8 kotak satuan, dan 12 kotak satuan.
7. Lengkapi tabel berikut.
*coret pada segitiga yang tidak sesuai
Ayo Bekerja Sama
Diskusikan dengan teman sebangku kalian untuk menemukan kesimpulan dari kegiatan Ayo Mencoba. Bagaimana bentuk umum segitiga siku-siku, segitiga tumpul dan segitiga lancip?
Jawaban:
Disclaimer:
Kunci Jawaban pada unggahan kontempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
Demikian pembahasan Matematika Kelas 8 Ayo Mencoba halaman 67 Tripel Pythagoras. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat mengakses melalui kontenjempolan.id.