Kunci Jawaban Ayo Berlatih halaman 10 Bilangan Berpangkat Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka
kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Ayo Berlatih halaman 10 Bilangan Berpangkat Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.
Hallo Adik-adik, kontenjempolan.id kali ini akan membahas materi Matematika SMP Kelas 8 halaman 10. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bilangan Berpangkat.
Bilangan Berpangkat
Ayo Berlatih
1. Tulislah dalam bentuk bilangan berpangkat.
a. 0,5 × 0,5 × 0,5 × 0,5 = ………..
b. (-6)×(-6)×(-6) ×(-6) ×(-6) = …………
c. 5 × 5 × 5 × 5 × a × a × a =………
d. (-3b)×(-3b)×(-3b)×(-3b) = …………
e. (2×2)×(2×2)×(2×2) = ………..
Jawaban:
a. 0,5×0,5×0,5×0,5 = 0,0625 = 0,5^4
b. (-6)×(-6)×(-6) ×(-6) ×(-6) = -7.776 = (-6)^5
c. 5×5×5×5×a×a×a = 625a^3 = 5^4 a^3
d. (-3b)×(-3b)×(-3b)×(-3b) = (-3)^4 b^4
e. (2×2)×(2×2)×(2×2) = 64 = 4^3
2. Nyatakan bilangan berpangkat berikut dalam perkalian berulang.
a. (3a)^3
b. (-6y)^4
c. (1,5a)^3
d. (xyz)^3
Jawaban:
a. (3a)^3 = (3a)×(3a)× (3a)
b. (-6y)^4 = (-6y)×(-6y) ×(-6y) ×(-6y)
c. 1,5^5 = 1,5×1,5 ×1,5×1,5×1,5
d. (xyz)^3 = (xyz) × (xyz) × (xyz)
3. Tentukan hasil dari bilangan berpangkat berikut.
a. (-3)^6
b. (-5)^5
c. 2^3 y^4
d. (2/5)^3
Jawaban:
a. (-3)^6 = (-3)× (-3)× (-3)× (-3)× (-3)× (-3) = 729
b. (-5)^5 = (-5)× (-5)× (-5)× (-5)× (-5) = – 3.125
c. 2^3 y^4 = 8y^4
d. (2/5)^3 = 8/125
4. Tentukan nilai x dari persamaan berikut.
a. 3^x = 81
b. 6^x = 1.296
c. x^5 = 3.125
d. 4^x = 4.096
Jawaban:
a. 3^x = 81 x = 3
b. 6^x = 1296 x = 4
c. x^5 = 3125 x = 5
d. 4^x = 4096 x = 6
Ayo Berkomunikasi
5. Coba diskusikan dengan temanmu.
Tentukan bilangan mana yang lebih besar : 2022^2023 atau 2023^2022
Jawaban:
Petunjuk : gunakan bilangan kecil perbandingan, misalnya 3^4 dengan 4^3 ternyata lebih besar 34, sehingga 2022^2023 lebih besar daripada 2023^2022
Ayo Berpikir Kritis
6. Dua temanmu punya pendapat, yaitu
a. Dwi Lestari berpendapat bahwa (3a)^4 nilainya sama dengan 3a^4. Bagaimana menurut pendapat kalian? Coba jelaskan alasan kalian.
Jawaban:
(3a)^4 = (3a) x (3a) x (3a) x (3a) = 81a^4
3a^4 = 3a^4
Jelas tidak sama karena (3a)^4 semua yang ada di dalam kurung dipangkatkan, sedangkan 3a^4 yang dipangkatkan hanya a saja.
b. Christina berpendapat bahwa
1) -(5×5×5×5) senilai dengan (-5)×(-5)×(-5)×(-5)
2) -(5×5×5) senilai dengan (-5)×(-5)×(-5)
Bagaimana menurut kalian? Coba jelaskan pendapat kalian.
Jawaban:
1) -(5×5×5×5) senilai dengan (-5)×(-5)×(-5)×(-5)
-(5×5×5×5) tidak senilai dengan (-5)×(-5)×(-5)×(-5),
karena -(5×5×5×5) = -625, sedangkan (-5)×(-5)×(-5)×(-5) = 625
2) -(5×5×5) senilai dengan (-5)×(-5)×(-5)
-(5×5×5) senilai dengan (-5)×(-5)×(-5),
karena -(5×5×5) = -125 dan (-5)×(-5)×(-5) = -125
Ayo Berpikir Kritis
7. Apa yang dapat kalian simpulkan dari a^n
a. Jika a bilangan negatif, dan n bilangan genap?
Jawaban:
Hasilnya adalah bilangan bulat positif
b. Jika a bilangan negatif, dan n bilangan ganjil?
Jawaban:
Hasilnya adalah bilangan bulat negatif
8. Apa yang dapat kalian simpulkan dari a^b
a. Jika a bilangan genap, dan b bilangan genap?
Jawaban:
a^b = bilangan genap
b. Jika a bilangan genap, dan b bilangan ganjil?
Jawaban:
a^b = bilangan genap
c. Jika a bilangan ganjil, dan b bilangan genap?
Jawaban:
a^b = bilangan ganjil
d. Jika a bilangan ganjil, dan b bilangan ganjil?
a^b = bilangan ganjil
9. Tim Peneliti dari salah satu Universitas terkemuka di Indonesia sedang melakukan penelitian wabah yang melanda di dua desa x dan desa y. Ternyata tim peneliti menemukan dua virus yang berbeda sebagai penyebab dari wabah tersebut. Setelah diteliti di Laboratorium, diperoleh fakta bahwa virus di desa x dapat membelah menjadi 2 virus setiap 1 menit, sementara virus di desa y dapat membelah menjadi 3 bagian setiap 2 menit.
a. Tentukan banyak virus yang ada di desa x dan di desa y yang ada setelah 10 menit dan nyatakan dalam bentuk bilangan berpangkat.
Jawaban:
Banyak virus di desa x adalah 1.024 = 2^10, sementara banyak virus di desa y adalah 243 = 3^3
b. Setelah sehari apakah banyak virus di desa y melebihi dari banyak virus di desa x? Jelaskan jawabanmu.
Jawaban:
Banyak virus di desa y tidak akan melebihi banyak virus di desa x, karena 2^n akan lebih banyak daripada 3^n.
Disclaimer:
Kunci Jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
Demikian pembahasan Matematika Kelas 8 Eksplorasi Matematika halaman 218 Apa yang Dimaksud Nilai Ekspektasi?. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat mengakses melalui kontenjempolan.id.