Kunci Jawaban Mari Kita Periksa halaman 162 Garis Sejajar dan Luas Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Mari Kita Periksa halaman 162 Garis Sejajar dan Luas Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Hallo Adik-adik, kontenjempolan.id kali ini akan membahas materi Matematika SMP Kelas 8 halaman 162. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 5 Segitiga dan Segi Empat.

Garis Sejajar dan Luas

Q. Jika ℓ // m pada gambar di kanan, dan dengan memindahkan titik A dari ∆ABC searah tanda panah pada garis ℓ, maka apa yang tidak berubah meskipun bentuk segitiganya berubah?

Jawaban:

Tinggi dan luas dengan ruas garis BC sebagai alasnya.

Untuk ∆ABC, ∆A’BC, dan ∆A”BC pada gambar di atas, alas BC merupakan alas persekutuan dan tingginya sama dengan jarak antara garis sejajar ℓ dan m. Dengan demikian, luas dari ketiga segitiga ini sama besar.


Soal 1

Jika kita misalkan O adalah titik potong antara kedua diagonal dari trapesium ABCD, dengan AD//BC, maka jawablah pertanyaan berikut.

(1) Tentukan segitiga-segitiga mana saja yang berturut-turut memiliki luas yang sama dengan ∆ABC dan ∆ABD.

Jawaban:

Untuk BC dan AD // BC, maka luas ΔABC = luas ΔDBC

Untuk AD dan AD // BC, maka luas ΔABD = luas ΔACD

(2) Buktikan bahwa luas ∆ABO = luas ∆DCO.

Jawaban:

Luas ΔABO = luas ΔABC – luas ΔOBC ①

Luas ΔDCO = luas ΔDBC – luas ΔOBC ②

Dari ⑴, luas ΔABC = luas ΔDBC ③

Dari ①, ②, ③, maka luas ΔABO = luas ΔDCO

Contoh 1

Buatlah sebuah segitiga yang memiliki luas yang sama dengan segi empat ABCD pada gambar di sebelah kanan.

Cara

Pandang AC sebagai alas ∆DAC, dan pindahkan titik D tanpa mengubah luas. Bila tiga titik B, C, dan D terletak pada satu garis, maka segi empat ABCD menjadi sebuah segitiga.

Proses

(1) Buat diagonal AC.

(2) Buat garis yang melalui D dan sejajar AC. Misalkan D’ titik potong dengan perpanjangan BC.

(3) Hubungkan titik A dan D’.

Soal 2

Pada Contoh 1 , buktikan bahwa luas segi empat ABCD = luas segi empat ∆ABD’.

Jawaban:

Luas persegi panjang ABCD = luas ΔABC + luas ΔDAC

Luas ΔABD’ = luas ΔABC + luas ΔD’ AC

Karena ΔDAC dan ΔD’AC memiliki sisi AC yang sama dan merupakan AC // DD’, maka luas ΔDAC = luas ΔD’AC

Oleh karena itu, luas segi empat ABCD = luas segi empat ABCD’.

Soal 3

Pada Contoh 1 , buat diagonal BD, dan buat suatu segitiga yang memiliki luas yang sama dengan segi empat ABCD.

Jawaban:

Soal  4

Seperti ditunjukkan pada gambar di sebelah kanan, suatu tanah dibagi ke dalam dua bagian a dan b dengan garis PQR sebagai batasnya. Tanpa mengubah luas tanah, buat garis yang melalui P untuk membuat batas lainnya.

Jawaban

(1) Hubungkan titik P dan titik R.

(2) Gambarkan garis yang melewati titik Q dan sejajar dengan PR, dan anggap Q’ adalah perpotongan dengan sisi bawah.

(3) Batas lainnya adalah garis yang diperoleh dengan ‘menghubungkan P dan Q’.

Mari Kita Periksa

1. Garis Sejajar dan Luas

Pada gambar di kanan, jika AD//BC dan BM = CM, tentukan segitiga-segitiga yang memiliki luas yang sama dengan ∆ABM.

Jawaban:

Luas ΔABM = luas ΔDBM

(BM-nya sama, maka AD // BM)

Luas ΔABM = luas ΔDMC = luas ΔAMC

(Alasnya sama, yaitu BM = CM, tingginya sama, dan AD // BC) maka jawabannya adalah luas ΔDBM, luas ΔDMC, luas ΔAMC

 

Disclaimer:

Kunci Jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

Demikian pembahasan Matematika Kelas 8 Mari Kita Periksa halaman 162 Garis Sejajar dan Luas. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat mengakses melalui kontenjempolan.id.

admin

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban Mari Kita Periksa halaman 162 Garis Sejajar dan Luas Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka yang dipublish pada 05/27/2023 di website Konten Jempolan

Artikel Terkait