Kunci Jawaban Bangun-Bangun Geometri yang Kongruen halaman 116 Kekongruenan Bangun-Bangun Geometri Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka
kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Bangun-Bangun Geometri yang Kongruen halaman 116 Kekongruenan Bangun-Bangun Geometri Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.
Hallo Adik-adik, kontenjempolan.id kali ini akan membahas materi Matematika SMP Kelas 8 halaman 116. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 4 Menyelidiki Sifat-Sifat Bangun Geometri.
Kekongruenan Bangun-Bangun Geometri
Bangun-Bangun Geometri yang Kongruen
Q. Pada gambar berikut, carilah segitiga-segitiga yang kongruen dengan ∆ABC. Potonglah gambar ∆ABC pada bagian akhir buku 3 , dan selidikilah sifat-sifatnya.
Jawaban:
ΔDEF, ΔJKL
Ulasan
Bangun-bangun geometris yang dibalik dan tepat satu sama lain, maka keduanya merupakan bangunbangun yang kongruen.
Soal 1
Tentukan titik-titik yang bersesuaian, sisi-sisi bersesuaian, dan sudut-sudut bersesuaiannya dari ∆ABC dan ∆DEF di Q.
Jawaban:
Titik bersesuaian
Titik A dan D, titik B dan titik E, Titik C dan titik F
Sisi bersesuaian
Sisi AB dan sisi DE, sisi BC dan sisi EF, Sisi CA dan sisi FD
Sudut bersesuaian
∠A dan ∠D, ∠B dan ∠E, ∠C dan ∠F
Ulasan
Ketika bangun-bangun geometri tepat sama satu sama lain, maka titik, sisi, dan sudut yang saling tepat sama dinamakan titik-titik, sisi-sisi, dan sudut-sudut bersesuaian.
Simbol ≅, seperti pada ∆ABC ≅ ∆DEF, digunakan untuk menyatakan kekongruenan antara ∆ABC dan ∆DEF. Notasi tersebut dibaca ‘segitiga ABC kongruen dengan segitiga DEF’.
Catatan
Ketika kita menggunakan simbol ≅ untuk kekongruenan, maka kita susun urutan huruf dari titik-titik yang saling bersesuaian.
Soal 2
Pada gambar berikut, jika segi empat ABCD ≅ segi empat EFGH, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
(1) Tentukan sisi-sisi yang bersesuaian.
Jawaban:
a. Sisi AB dan sisi EF
b. Sisi BC dan sisi FG
c. Sisi CD dan sisi GH
d. Sisi DA dan sisi HE
(2) Tentukan sudut-sudut yang bersesuaian.
Jawaban:
∠A bersesuaian ∠E, ∠B bersesuaian ∠F,
∠C bersesuaian ∠G, ∠D bersesuaian ∠H
(3) Bandingkanlah panjang ruas garis BD dan ruas garis FH.
Jawaban:
BD = FH
(4) Bandingkan besar ∠ABD dan ∠EFH.
Jawaban:
∠ABD = ∠EFH
Pada gambar di Soal 2, karena segi empat ABCD ≅ segi empat EFGH, maka terkait sisi dan sudut bersesuaian, kita peroleh
AB = EF, BC = FG, CD = GH, DA = HE
∠A = ∠E, ∠B = ∠F, ∠C = ∠G, ∠D = ∠H.
Secara umum, berikut merupakan sifat-sifat bangun geometri yang kongruen.
Sifat-Sifat Bangun yang Kongruen
1. Sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang.
2. Sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.
Soal 3
Pada gambar berikut, segi lima ABCDE ≅ segi lima FGHIJ. Carilah panjang sisi-sisi dan sudut-sudut yang kamu lihat, dan kemudian nyatakanlah pada gambar.
Jawaban:
Salah satu gambar harus dibalik dan ditumpuk, maka sulit untuk memahami hubungan korespondensi hanya dengan di pikiran atau awangan. Jika fokus pada “Pentagon ABCDE ≅ Pentagon FGHIJ” maka dapat memahami hubungan korespondensi antara simpul A dan F, simpul B dan simpul G, dan seterusnya, sehingga peserta didik dapat menemukan sisi bersesuaian dan sudut bersesuaian.
Disclaimer:
Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
Demikian pembahasan Matematika Kelas 8 Bangun-Bangun Geometri yang Kongruen halaman 116 Kekongruenan Bangun-Bangun Geometri. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat mengakses melalui kontenjempolan.id.