Kunci Jawaban Mari Kita Periksa halaman 77 Fungsi Linear Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka
kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Mari Kita Periksa halaman 77 Fungsi Linear Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.
Hallo Adik-adik, kontenjempolan.id kali ini akan membahas materi Matematika SMP Kelas 8 halaman 77. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 3 Fungsi Linear.
Mari Kita Periksa
1. Fungsi Linear
Sebuah pegas memiliki panjang 30 mm. Misalkan panjang pegas adalah y mm ketika anak timbangan seberat x gram dipasang di ujung pegas. Tabel berikut merangkum hubungan antara x dan y.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
(1) Bagaimana perubahan panjang pegas bila berat berubah naik tiap 1 gram?
Jawaban:
Memanjang 0,4 mm per gram
(2) Nyatakan y dalam x menggunakan suatu persamaan.
Jawaban:
y = 0,4x + 30
Penjelasan:
Peserta didik dapat memahami bahwa tingkat perubahan pada (1) adalah konstan. Jadi, y adalah fungsi linear dari x. (2) dapat memperolehnya dari persamaan kata-kata berikut, (panjang pegas) = (panjang awal) + (panjang peregangan pegas). Peserta didik juga dapat memperoleh persamaan linear dengan menggunakan nilai di tabel
2. Tingkat Perubahan
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut terkait fungsi linear y = 1/2x – 2.
(1) Nyatakan tingkat perubahannya.
Jawaban:
1/2
(2) Carilah banyaknya peningkatan y ketika banyaknya peningkatan dalam x adalah 6.
Jawaban:
3
(3) Gambarlah grafik tersebut pada gambar di bawah ini.
Jawaban:
Penjelasan:
Pada soal (2), jika nilai x bertambah 1, maka nilai y bertambah 1/2, sehingga jika nilai x bertambah 6, maka nilai y dapat kita cari, yaitu
1/2× 6 = 3
Dari persamaan yang diberikan, peserta didik dapat menentukan tingkat perubahan, yaitu 1/2. Kemudian, peserta didik dapat menggunakan rumus:
(banyak perubahan y)/(banyak pertambahan x) = 1/2 = 3/6
Pada Soal (3), peserta didik dapat menggambar grafik dari kemiringan dan intersep y yang diketahui dari persamaan. Peserta didik perlu memperhatikan khususnya pada sumbu x, apakah (4, 0) telah dilewati oleh garis atau tidak.
3. Bagaimana Cara Menemukan Persamaan Garis?
Carilah persamaan-persamaan garis-garis berikut.
(1) Garis a seperti pada gambar sebelah kanan.
Jawaban:
y = –3/2x + 3
(2) Garis yang melalui titik (–1, 0) dan memiliki kemiringan 3.
Jawaban:
y = 3x + 3
(3) Garis yang melalui titik (–2, 4) dan titik (5, –3).
Jawaban:
y = –x + 2
Penjelasan:
Persamaan untuk Soal (2) dan (3) dapat kita cari dengan perhitungan. Setelah itu, berharap peserta didik memastikannya dengan menggambar grafiknya.
Disclaimer:
Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
Demikian pembahasan Matematika Kelas 8 Mari Kita Periksa halaman 77 Fungsi Linear. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat mengakses melalui kontenjempolan.id.